20 Fungsi Komunikasi Beserta Tujuan

Dunia-Pendidik.Com-Komunikasi adalah proses pengiriman pesan antara dua orang atau lebih. Kita sering melakukan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari, baik secara langsung maupun tidak langsung. Lantas apa sebenarnya fungsi dan tujuan komunikasi yang kita lakukan sehari-hari?

Secara umum, pengertian komunikasi adalah pertukaran informasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan maksud dan tujuan tertentu. Adanya komunikasi menjadi syarat terjadinya sebuah interaksi sosial, bisa terjadi individu dengan individu, individu dengan kelompok ataupun kelompok dengan kelompok.

Fungsi Komunikasi
Fungsi Komunikasi

Terdapat 5 unsur-unsur komunikasi secara umum yakni komunikator atau pengirim pesan, pesan yang disampaikan, media komunikasi, komunikan atau penerima pesan serta reaksi atau umpan balik. Unsur-unsur tersebut selalu ada pada sebuah proses komunikasi.

Tentunya terdapat fungsi dari dilakukannya proses komunikasi. Yang paling umum adalah untuk memberi pesan atau informasi kepada orang lain. Namun ternyata bukan hanya itu saja fungsi komunikasi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Fungsi Komunikasi

Berikut ini adalah 20 fungsi dan tujuan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari dari berbagai sektor dan bidang yang sering kita jumpai.

  • Memberikan informasi
Fungsi komunikasi yang utama adalah memberikan informasi. Informasi akan diberikan pada subjek komunikasi kepada orang yang menjadi objek komunikasi tersebut.

  • Menyampaikan pikiran atau pendapat
Komunikasi juga berfungsi untuk menyampaikan pikiran, perasaan atau pendapat seseorang. Pendapat tersebut kemudian disampaikan dalam bentuk komunikasi yang diterima orang lain.

  • Melakukan interaksi dengan orang lain
Tujuan komunikasi adalah untuk berinteraksi dengan orang lain dan sesama. Adanya komunikasi membuat terjadinya sebuah interaksi sosial antara dua orang ataa lebih.

  • Menambah wawasan dan pengetahuan
Komunikasi juga bisa menambah wawasan dan pengetahuan. Komunikasi memiliki fungsi edukasi yang bisa membuat terjadinya transfer ilmu, wawasan atau pengetahuan tertentu.

  • Mengisi waktu luang
Fungsi komunikasi juga dapat digunakan untuk mengisi waktu luang. Jika ada waktu luang, seseorang bisa menggunakannya untuk berkomunikasi dengan orang lain.

  • Membujuk orang lain
Komunikasi juga bisa digunakan untuk membujuk orang lain dengan cara-cara persuasif. Nantinya diharapkan orang tersebut akan melakukan sesuai yang kita komunikasikan.



  • Mengenal diri sendiri
Peran komunikasi juga penting untuk aktualisasi diri sendiri. Dengan komunikasi, seseorang dapat menyatakan keberadaan dan potensi diri pada orang lain serta membantu agar lebih mengenal dirinya sendiri.

  • Mengurangi sikap tegang
Komunikasi dapat digunakan pula untuk mencairkan suasana. Tujuannya adalah mengurangi sikap tegang dalam sebuah kegiatan atau aktivitas tertentu.

  • Mendapatkan hiburan
Fungsi komunikasi juga bisa digunakan untuk mendapatkan hiburan atau menghibur orang lain. Komunikasi dapat digunakan untuk mendapatkan kesenangan berupa hiburan.

  • Menjaga tali silaturrahmi
Komunikasi penting untuk menjaga hubungan atau kontak sosial dengan orang lain. Dengan berkomunikasi dapat terus menjaga tali silaturrahmi antar keluarga, teman atau kenalan.

  • Menjaga diri agar tidak terisolasi di masyarakat
Komunikasi juga berfungsi agar seseorang tidak terasing dalam sebuah lingkungan masyarakat. Komunikasi menjaga diri agar tetap menjadi bagian dari sebuah kelompok masyarakat.

  • Mempelajari peristiwa yang terjadi
Fungsi komunikasi lain adalah untuk mengetahui atau mempelajari dari peristiwa di lingkungan. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan komunikasi dan kontak sosial dengan sesama.

  • Merubah sikap serta perilaku kebiasaan
Fungsi dan tujuan komunikasi berikutnya adalah merubah sikap serta perilaku kebiasaan. Hal ini dapat diwujudkan dengan komunikasi yang intens dan seksama.

  • Mengendalikan dan mengawasi kegiatan
Komunikasi juga digunakan untuk fungsi pengendalian dan pengawasan. Fungsi ini dapat diwujudkan berupa aturan-aturan yang dikomunikasikan pada masyarakat.

  • Memotivasi orang lain
Fungsi komunikasi lain adalah untuk memotivasi orang lain mencapai tujuan yang dikehendaki. Komunikasi dengan kata dan lisan penting untuk memberi dorongan dan motivasi agar menjadi lebih baik.

  • Mengambil keputusan yang tepat
Komunikasi dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan. Dilakukannya komunikasi tentu membantu pengambilan keputusan agar menjadi tepat.

  • Melakukan kegiatan ritual atau religius
Fungsi komunikasi juga penting dalam hal-hal sakral, seperti ritual atau religius. Misalnya saat kita beribadah perlu melakukan komunikasi, contohnya saat bersedekah atau membayar zakat.

  • Mengekspresikan emosi
Emosi dalam jiwa terkadang terus mengendap. Ada baiknya kita meluapkan emosi dan perasaan kita, salah satu caranya adalah dalam wujud komunikasi.

  • Menghindari kesalahpahaman
Adakalanya terjadi hal-hal yang dapat membuat salah paham yang berujung konflik dan permusuhan. Semuanya bisa dilakukan dengan melakukan komunikasi dua arah.

  • Menjaga hubungan baik
Komunikasi penting dalam menjaga hubungan baik. Hal ini berlaku pada semua sektor, dari mulai individu ke individu hingga kelompok ke kelompok, termasuk dalam ruang lingkup internasional.

Nah demikian pembahasan 20 fungsi komunikasi dalam kehidupan sehari-hari yang penting bagi manusia. Sebagai makhluk sosial, manusia sering berkomunikasi dengan individu lain, dengan fungsi dan tujuan yang sudah disebutkan di atas.

Belum ada Komentar untuk "20 Fungsi Komunikasi Beserta Tujuan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel