Pengertian Algoritma Menurut Para Ahli

Dunia-Pendidik.Com-Kata Algoritma/Algoritme muncul dari ‘Algoritmi’, bentuk Latin dari Al-Khwarizmi (Abu Abdullah Muhammad ibnu Musa Al-Khwarizmi), seorang matematikawan, ahli astronomi, dan ahli geografi dari Persia. Secara singkat, algoritma adalah susunan logis dan sistematis yang digunakan untuk memecahkan atau menyelesaikan suatu permasalahan tertentu.

Dalam matematika dan ilmu komputer, algoritme adalah prosedur langkah-demi-langkah untuk penghitungan. Algoritme digunakan untuk penghitungan, pemrosesan data, dan penalaran otomatis. Algoritme adalah metode efektif diekspresikan sebagai rangkaian terbatas dari instruksi-instruksi yang telah didefinisikan dengan baik untuk menghitung sebuah fungsi.

Pengertian Algoritma
Pengertian Algoritma

Dimulai dari sebuah kondisi awal dan input awal (mungkin kosong), instruksi-instruksi tersebut menjelaskan sebuah komputasi yang, bila dieksekusi, diproses lewat sejumlah urutan kondisi terbatas yang terdefinisi dengan baik, yang pada akhirnya menghasilkan “keluaran” dan berhenti di kondisi akhir. Transisi dari satu kondisi ke kondisi selanjutnya tidak harus deterministik; beberapa algoritme, dikenal dengan algoritme pengacakan, menggunakan masukan acak.

Umumnya algoritma digunakan pada pemograman komputer, namun algoritma juga diimplementasikan dengan tujuan lain, seperti jaringan saraf biologis, sirkuit elektris hingga sebuah perangkat mekanis.

Pengertian Algoritma Menurut Para Ahli

Selain itu, ada beberapa penjelasan yang berbeda beda dari para ahli dan pakar mengenai arti algoritma sebenarnya. Berikut ini pengertian algoritma menurut para ahli secara lengkap,

Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al Khawarizmi
Definisi algoritma adalah suatu metode khusus untuk menyelesaikan suatu persoalan.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Arti algoritma adalah sebagai berikut :
  • Prosedur sistematis untuk memecahkan masalah matematis dalam langkah-langkah terbatas
  • Urutan logis pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah

  • Goodman Hedet Niemi
Algoritma adalah urutan terbatas dari operasi-operasi terdefinisi dengan baik, yang masing-masing membutuhkan memori dan waktu yang terbatas untuk menyelesaikan suatu masalah.

  • Donald E. Knuth
Algoritma adalah sekumpulan aturan-aturan berhingga yang memberikan sederetan operasi-operasi untuk menyelesaikan suatu jenis masalah yang khusus.

  • Rinaldi Munir
Pengertian algoritma adalah sebuah bentuk urutan langkah logis yang akan membantu seseorang dalam menyelesaikan masalah yang sedang dijalaninya.

  • Seymour Lipschutz, Ph.D dan Marc Lipson, Ph.D.
Algoritma adalah suatu daftar langkah-demi-langkah yang terhingga dari instruksi-instruksi yang terdefinisikan dengan jelas yang dipakai untuk permasalahan tertentu.

  • David Bolton
Algoritma adalah deskripsi dari suatu prosedur yang berakhir dengan sebuah hasil.

  • Andrey Andreyevich Markov
Algoritma adalah hal umum untuk dipahami sebagai suatu keputusan yang tepat untuk mendefinisikan proses komputasi yang mengarahkan dari data awal hingga hasil yang diinginkan.


  • Stone dan Knuth
Algoritma adalah suatu seperangkat aturan yang tepat mendefinisikan urutan operasi hingga sedemikian rupa sehingga setiap aturan yang efektif, jelas hingga sedemikian rupa sehingga urutan berakhir dalam waktu yang terbatas.

  • Amikom Yogyakarta
Pengertian algoritma adalah sebuah bentuk instruksi dalam bentuk cara atau metode yang akan membantu kamu dalam menyelesaikan program dengan cara yang lebih sistematis.

  • Minsky
Algoritma adalah seperangkat arutan yang membertahukan kepada kita dari waktu ke waktu, tepatnya bagaimana untuk bertindak.

Bentuk Dasar Algoritma
  1. Algoritma Sekuensial (Sequence Algorithm)
  2. Algoritma Perulangan (Looping Algorithm)
  3. Algoritma Percabangan atau Bersyarat (Conditional Algorithm)
Demikianlah ulasan tentang pengertian algoritma secara umum, etimologi dan menurut para ahli. Semoga penjelasan diatas bermanfaat dan bisa menjadi referensi pengetahuan dalam memahami apa itu algoritma.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Algoritma Menurut Para Ahli"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel