Pengertian Momentum Dalam Fisika Beserta Rumus dan Contohnya

Pengertian Momentum Dalam Fisika Beserta Rumus dan Contohnya – Kali ini akan dibahas mengenai definisi momentum yang benar dilengkapi dengan rumus dan contoh kejadiannya. Kita mungkin sering mendengar kata momentum dan impuls dalam bidang fisika. Dalam ilmu fisika, momentum atau pusa adalah besaran yang berhubungan dengan kecepatan dan massa suatu benda.

Pengertian Momentum Dalam Fisika
Pengertian Momentum Dalam Fisika

Momentum merupakan istilah fisika mengacu pada kuantitas gerak dan massa yang dimiliki suatu objek. Definisi momentum diartikan sebagai besaran yang dihasilkan dari perkalian antara besaran skalar massa benda dengan besaran vektor kecepatan geraknya.

Pengertian Momentum Dalam Fisika

Jadi momentum termasuk besaran vektor (besaran yang dipengaruhi oleh arah). Arah momentum searah dengan arah kecepatan. Momentum sebuah partikel dapat dipandang sebagai ukuran kesulitan untuk mendiamkan benda.

Semakin besar momentum, maka semakin dahsyat kekuatan yang dimiliki oleh suatu benda. Jika materi dalam keadaan diam, maka momentumnya sama dengan nol. Sebaliknya semakin cepat pergerakannya, semakin besar juga momentumnya.
Baca Juga : Pengertian Impuls Dalam Fisika Beserta Rumus dan Contohnya
Momentum dimiliki oleh benda yang bergerak. Mudahnya, momentum adalah kecenderungan benda yang bergerak untuk melanjutkan gerakannya pada kelajuan yang konstan. Momentum dapat dirumuskan sebagai hasil perkalian massa dengan kecepatan. Berikut penjelasan mengenai rumus momentum :

Rumus Momentum

Dalam mekanika klasik, momentum (dilambangkan dengan P) ditakrifkan sebagai hasil perkalian dari massa dan kecepatan, sehingga menghasilkan vektor.

Momentum suatu benda (P) yang bermassa m dan bergerak dengan kecepatan v diartikan sebagai berikut :

    p = m . v

    p = momentum (Kg m/s)
    m = massa benda (Kg)
    v = kecepatan benda (m/s)


Contoh Momentum

Sebuah truk berat mempunyai momentum yang lebih besar dibandingkan mobil yang ringan yang bergerak dengan kelajuan yang sama. Gaya yang lebih besar dibutuhkan untuk menghentikan truk tersebut dibandingkan dengan mobil yang ringan dalam waktu tertentu. (Besaran mv kadang-kadang dinyatakan sebagai momentum linier partikel untuk membedakannya dari momentum angular).

Demikianlah penjelasan dan pengertian momentum dalam fisika lengkap beserta rumus dan contohnya lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi ilmu pengetahuan dalam memahamai apa arti momentum yang benar.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Momentum Dalam Fisika Beserta Rumus dan Contohnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel