Pengertian Statistika Menurut Para Ahli

Dunia-Pendidik.Com-Istilah statistika ternyata masih awam bagi banyak orang. Masih banyak yang belum paham dan tidak mengerti arti statistika. Padahal ilmu statistika menjadi salah satu ilmu paling dibutuhkan di era digital seperti sekarang, terutama dengan banyaknya big data yang bisa diolah.

Jurusan statistika di berbagai perguruan tinggi ternama pun banyak diburu oleh para calon mahasiswa. Dan sudah menjadi rahasia umum bagi mahasiswa statistika ketika ditanyai jurusan oleh teman atau kerabat, akan menjadi bingung untuk menjelaskan apa definisi statistika bagi orang awam.
Pengertian Statistika
Pengertian Statistika

Secara teori, istilah statistik dan statistika sebenarnya berbeda. Statistika adalah ilmu yang mempelajari tentang data. Sementara statistik adalah hasil data yang disajikan dalam bentuk tabel, grafik dan sebagainya. Artinya terdapat perbedaan statistik dan statistika yang cukup mendasar dan signifikan.

Ilmu statistika memang sangat dibutuhkan saat ini. Statistika bisa diterapkan dalam berbagai bidang dari mulai bisnis, ekonomi, industri, pemerintahan, kesehatan, pertanian, ilmu sosial, ilmu alam dan lain-lain. Nah dalam artikel ini akan dibahas mengenai pengertian ilmu statistika.

Pengertian Statistika

Apa yang dimaksud statistika? Di bawah ini akan dijelaskan mengenai arti, definisi dan pengertian statistika secara umum, menurut KBBI serta menurut teori dan pendapat para ahli statistik.

Definisi Statistika Secara Umum

Pengertian statistika secara umum adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Secara singkat, arti statistika adalah ilmu yang berkaitan dengan data untuk diolah dan diintepretasikan.

Arti Statistika Menurut KBBI

Pengertian statistika menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah ilmu tentang cara mengumpulkan, menabulasi, menggolong-golongkan, menganalisis, dan mencari keterangan yang berarti dari data yang berupa angka.

Secara singkat, statistika juga berarti pengetahuan yang berhubungan dengan pengumpulan data, penyelidikan dan kesimpulannya berdasarkan bukti, berupa catatan bilangan (angka-angka).

Pengertian Statistika Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa penjelasan terkait definisi dan pengertian statistika menurut para ahli, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

  • Menurut Sigit Nugroho (2007)
Pengertian statistika menurut Sigit Nugroho (2007) adalah hasil-hasil pengolahan dan analisis data. Statistik dapat berupa mean, modus, median, dan sebagainya. Statistik dapat digunakan untuk menyatakan kesimpulan data berbentuk bilangan yang disusun dalam bentuk tabel atau diagram yang menggambarkan karakteristik data.

  • Menurut Marguerrite F. Hall (1892)
Pengertian statistika menurut Marguerrite F. Hall (1892) merupakan suatu teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data, menganalisa data dan menyimpulkan dan mengadakan penafsiran data yang berbentuk angka.



  • Menurut Anderson & Bancrofi
Statistika merupakan ilmu dan seni mengembangkan dan menerapkan metoda yang paling efektif untuk mengumpulkan, mentabulasi, menginterpretasi kan data kuantitatif sedemikian rupa sehingga kemungkinan salah dalam kesimpulan dan estimasi dapat diperkirakan dengan menggunakan penalaran induktif berdeasarkan matematika probabilitas.

  • Menurut Sudjana (2001)
Arti statistika merupakan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpuam fakta, pengolahan serta penganalisanya, penarikan kesimpulan, penyajian dan publikasi dari datadata yang berbentuk angka.

  • Menurut Siregar (2004)
Pengertian statistika menurut Siregar (2004) adalah ilmu yang mempelajari cara-cara mendeteksi suatu objek, mendeskripsikan objek, dan menganalisis setiap aspek-aspek yang mempengaruhi objek, untuk dismpulkan secara ilmiah tentang keberadaan objek, sebagai pedoman sains atau pengambilan keputusan.

  • Menurut Subana & Sudrajat (2000)
Definisi statistika menurut Sudrajat merupakan ilmu pengetahuan mengenai cara dan aturan dalam hal pengumpulan data, pengolahan, analisa, penarikan keseimpulan, penyajian dan publikasi dari kata-kata yang berbentu angka.

  • Menurut William Mendenhall
Arti statistika menurut Modenhall adalah salah satu bidang sains yang berhubungan dengan ekstrasi informasi dari sebuah data numerik dan digunakan untuk membuat keputusan dari suatu populasi darimana data itu didapatkan.

  • Menurut Kendal & Stuart
Arti statistik menurut Kendal & Stuart merupakan cabang dari metode ilmiah yang berkaitan dengan pengumpulan data yang dikumpulkan dengan mengukur sifat-sifat dari populasi yang ditemukan.

  • Menurut Asher
Pengertian statistik menurut Asher adalah hal-hal yang berkaitan dengan suatu langkah atau metode dalam menarik sebuah kesimpulan dari hasil uji coba.

  • Menurut Mood, Graybill & Boes
Definisi statistika adalah suatu teknologi dari salah satu metode ilmiah dan berkaitan dengan percobaan, penyelidikan dan penarikan kesimpulan.

  • Menurut Stoel Torrie
Stoel Torrie mengungkapkan bahwa pengertian statistik sebagai cara atau metode yang memberikan langkah-langkah guna untuk menilai ketidakpastian dari sebuah kesimpulan yang sifatnya induktif.

  • Menurut Freund & Walpole
Definisi statistik menurut Freund & Walpole adalah salah satu sains dan ilmu pengetahuan dalam pengambilan suatu keputusan yang belum pasti.

  • Menurut Sugiyono
Pengertian statistika dalam arti sempit ialah sebagai data dan alat. Sedangkan dalam arti luas, arti statistik merupakan suatu alat dalam menganalisis dan mengambil sebuah keputusan.

  • Menurut Sutrisno Hadi
Statistika merupakan salah satu cara untuk mengolah data dan menarik sebuah kesimpulan serta keputusan yang logis dari sebuah proses pengolahan data.

  • Menurut Agus Irianto
Pengertian statistik secara singkat adalah sekumpulan cara yang berhubungan dengan pengumpulan data, analisis data, penarikan kesimpulan dari data-data yang berbentuk angka dengan menggunakan asumsi tertentu.

  • Menurut Suntoyo Yitnosumarto
Statistika diartikan sebagai sebuah informasi yang menggunakan metodologi dan cara-cara perhitungan dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan praktis yang muncul.

  • Menurut Iqbal Hasan
Definisi statistika adalah sebagai suatu ilmu yang mempelajari tentang seluk beluk data yakni tentang tatacara pengumpulan data, pengolahan data, penganalisaan, penafsiran dan penarikan kesimpulan dari suatu data dalam bentuk angka-angka.

  • Menurut Singgih
Statistika merupakan sebuah kegiatan untuk mengumpulkan data, meringkas data, menyajikan data, menganalisa data dengan metode tertentu, dan menginterpretasikan hasil analisis tersebut.

Nah itulah referensi pengertian statistika menurut para ahli, artinya menurut KBBI serta definisi statistik menurut para ahli. Statistika menjadi ilmu yang begitu diminati dan dibutuhkan di era digital seperti sekarang ini. Semoga bisa menambah referensi dan wawasan.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Statistika Menurut Para Ahli "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel