10+ Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia Berat dan Ringan

Dunia-Pendidik.Com - Jika berkata mengenai permasalahan pelanggaran HAM di Indonesia tentu yang terbersit kesatu kali ialah hilangnya sejumlah aktivis di era orde baru atau kerusuhan Mei 98. Peristiwa itu sangat meninggalkan bekas di benak orang yang ditinggalkan bahkan sejumlah ada yang belum jelas kasusnya. Contoh permasalahan pelanggaran HAM sebenarnya paling dekat dengan kehidupan Anda. Hanya saja klasifikasinya dapat digolongkan dalam tingkat enteng dan berat. Menghina teman pun termasuk pelanggaran tetapi termasuk ringan. Sedangkan andai melakukan penganiayaan sampai mengancam nyawa, maka termasuk dalam permasalahan berat. Saat ini apa saja dapat dipidanakan, jadi Anda mesti waspada.

10+ Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia Berat dan Ringan

Kasus pelanggaran HAM yang sangat sering terjadi ialah kekerasan TKI di luar negeri. Kasus-kasus pelanggaran HAM tersebut tergolong skala berat karena dapat mengancam keselamatan TKI. Penanganan yang terlambat dapat saja menciptakan pelanggaran itu terus berlanjut. Jika TKPnya sedang di luar negeri, pemerintah kadang susah mengerjakan pemberian pertolongan hukum sebab kurang cepatnya informasi yang masuk. Sebagian besar tenaga kerja Indonesia yang merasakan kekerasan ialah mereka yang masuk secara ilegal.


Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia :
  1. Insiden Demo Mahasiswa Trisakti pada tanggal 12 Mei 1998
  2. Peristiwa Pembantaian Petani di Mesuji Sumatera pada Tahun 1997
  3. Insiden Semanggi 1 dan 2 pada tanggal 13 November 1998 dan 24 Septembber 1999
  4. Insiden tewasnya Aktifis HAM Munir pada tanggal 7 September 2004
  5. Insiden tewasnya Marsinah aktifis perempuan Nganjuk pada tanggal 4 Mei 1993
  6. Konflik Suku Dayak dan Madura pada tahun 2001
  7. Tragedi perang suku di Poso pada tahun 1998 – 2000
  8. Insiden di Talang Sari Lampung Tamerlane seven Februari 1989
  9. Peristiwa Pembantaian GAM di ACeh di tahun 90an
  10. Peristiwa penculikan aktifis pro Demokrasi pada tahun 1997 dan 1998
  11. Tragedi BOM Bali pada tahun 2002 yang dilaksanakan oleh kumpulan teroris asal Indonesia

Contoh permasalahan pelanggaran HAM di Indonesia yang masih menjadi misteri sampai ketika ini sebab belum diketahui dalangnya ialah kerusuhan Mei 98. Situasi yang sangat mengerikan tidak melulu terjadi di Ibu Kota saja, ditempat beda pun terjadi penjarahan dan kekerasan. Peristiwa tersebut tergolong dalam permasalahan pelanggaran HAM yang lumayan berat. Secara umum pelanggaran hak asasi insan berat dikelompokkan menjadi dua, diantaranya.

Jenis-jenis Pelanggaran HAM Berat :

1. Pelanggaran terhadap manusia
Sudah tidak sedikit kasus pelanggaran HAM di Indonesia yang terjadi ketika ini. Kasus pelanggaran HAM berat yang dirasakan oleh insan seperti pembunuhan, penyiksaan, pemerkosaan, perbudakan, dan beda sebagainya. Segala format kekerasan yang berdampak pada terancamnya nyawa seseorang atau bahkan menghilangkannya tergolong dalam ruang belajar berat.

Anda barangkali sering tak sengaja mengerjakan pelanggaran HAM. Misalnya menghina atau bahkan memanggil orang beda dengan nama yang tidak baik. Jika korban merasa dilecehkan, maka Ia dapat melaporkan kita ke polisi dengan sangkaan masuk dalam permasalahan pelanggaran HAM. Manusia ketika ini telah mempunyai pengetahuan yang lumayan luas, jadi andai ada perilaku yang tidak cukup berkenan dapat langsung dipenjarakan.

2. Pelanggaran HAM Genosida
kasus pelanggaran HAM Genosida dapat dilakukan oleh seseorang atau kumpulan tertentu dengan destinasi untuk menghancurkan atau memusnahkan kumpulan lain dengan jalan kekerasan. Penyebab dari munculnya permasalahan ini ialah perbedaan pandangan baik mengenai agama, sosial, atau bahkan sebab perebutan distrik kekuasaan. Bentuk kekerasan yang dilakukan dapat dengan pembunuhan, kekerasan fiisk, sampai pencegahan lahirnya generasi baru. Pemusnahan massal ini tidak jarang terjadi ketika zaman perang.

Meski permasalahan pelanggaran HAM di Indonesia tidak terdapat yang mempunyai sifat Genosida, tetapi coba kita tengok negara beda yang mengalami misal pelanggaran HAM berat di dunia laksana Palestina dan Israel yang tak kunjung berhenti perang. Perebutan distrik Gaza telah menelan tidak sedikit korban dari kedua negara. Kasus pelanggaran HAM terbaru ialah kekerasan terhadap etnis rohingnya di Myanmar yang melibatkan sejumlah negara guna menyelesaikannya sebab termasuk dalam pelanggaran HAM skala Internasional.

Contoh permasalahan pelanggaran HAM di Indonesia enteng yang tidak jarang dilakukan ialah pembulian. Pihak yang membuly sebenarnya dapat dituntut hukuman penjara andai bukti yang dikemukakan mencukupi. Namun sayangnya melulu sedikit korban yang melapor sebab memandang persoalan tersebut dapat berlalu seiring dengan berjalannya waktu. Segala format kekerasan baik yang mengakibatkan kematian atau tidak mempunyai sanksi hukum, jadi Anda mesti waspada dalam bertindak.

Belum ada Komentar untuk "10+ Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia Berat dan Ringan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel