10+ Contoh Teks Anekdot Singkat, Lucu dan Strukturnya

Dunia-Pendidik.Com--Pernahkah kita mendengar istilah teks anekdot? Anekdot merupakan kisah singkat yang di dalamnya berisi bagian menyindir yang mempunyai sifat lucu atau humor. Jika membicarakan tentang anekdot, pasti akan tidak cukup rasanya andai Anda tidak mengetahui ciri-ciri, struktur dan kaidah dari anekdot tersebut sendiri. Karena laksana yang diketahui bahwa dalam bahasa Indonesia, kaidah penulisan dan struktur ialah hal yang sangat urgen dalam merangkai teks.

10+ Contoh Teks Anekdot Singkat, Lucu dan Strukturnya

Anekdot dapat menceritakan mengenai pendidikan, sosial, layanan publik, politik dan beda sebagainya. Tujuan dari adanya anekdot ialah untuk menciptakan suasana menjadi lebih riang dan membangunkan tawa. Bagi lebih jelasnya, inilah ini akan dijabarkan mengenai teks anekdot lucu teranyar 2019 beserta dengan contohnya.


Struktur Teks Anekdot :

Sebelum menjabarkan tentang misal teks anekdot, Anda mesti mengetahui struktur penulisan anekdot terlebih dahulu. Pada dasarnya, teks anekdot mempunyai 5 struktur yaitu orientasi, abstraksi, krisis, koda dan reaksi. Berikut ini ialah penjelasan mengenai struktur anekdot beserta dengan misalnya dalam satu kisah lucu yang menggelitik.

    1. Abstraksi

Perlu diketahui bahwa abstraksi adalahawalan anekdot yang mengandung tentang cerminan kisah. Dalam abstraksi, akan diperlihatkan tentang urusan yang menarik dan unik dalam teks tersebut. Contoh teks anekdot pada struktur abstraksi ialah “pada sebuah hari, terdapat tukang kupat tahu yang tidak jarang kali berjualan dari pagi sampai siang hari. Setiap jam 12 siang, penjaja kupat tahu tersebut seringkali melewati rel kereta supaya bisa hingga ke tempat dagang tujuannya lebih cepat”

    2. Orientasi

Struktur kedua ialah orientasi yaitu bagian petunjuk tentang latar belakang peristiwa yang terjadi. Khusus guna bagian ini, pengarang umumnya akan mengisahkan latar belakangnya secara mendetail. Contoh teks anekdot lucu guna struktur orientasi sebagai lanjutan dari cerita di unsur abstrak sebelumnya ialah “pembeli terakhir kupat tahu membelinya di unsur sisi rel kereta”.

    3. Krisis

Dari namanya saja dapat diketahui bahwa krisis ialah struktur teks anekdot yang mengindikasikan masalah unik dan menarik yang tidak barangkali terjadi di kehidupan nyata. Contoh struktur krisis dari lanjutan kisah sebelumnya ialah “masinis kereta memasuki rem dengan keras saat melihat tanda merah dikibarkan oleh tukang kupat tahu”

    4. Reaksi

Dalam misal anekdot, adapula struktur reaksi. Dimana dalam urusan ini reaksi ialah cara teknik penulis untuk menuntaskan masalah atau krisis yang dimunculkan sebelumnya. Dalam misal ini, masinis yang dibebastugaskan memberikan reaksi dengan mengemukakan pertanyaan untuk penjual kupat “masinis bertanya : mengapa pak?”

    5. Koda

Untuk Anda yang belum paham, koda adalahteks unsur terakhir dari kisah yang dibawakan. Bagian koda lazimnya merupakan benang merah dari peristiwa atau kejadian yang dirasakan para tokoh. Contoh teks anekdot (struktur koda) dari kelanjutan kisah tentang penjaja kupat tahu ialah “masinis marah dan turun dari kereta guna memukuli si penjaja kupat tahu”

Unsur lucu dari kisah anekdot mengenai masinis dan penjaja kupat tahu ialah karena tingkah tukang kupat tahu yang memasarkan dagangannya untuk penumpang kereta yang adalahpembeli terakhirnya. Sehingga menciptakan masinis kesal dan memukulnya.

Contoh Teks Anekdot Beserta Strukturnya

Abstraksi :

Suatu saat aku dan temanku SMP sedang reuni di sebuah tempat pameran.

Orientasi :

Temanku yang mempunyai nama dida ia terlambat ke pameran itu, sebab ia terjebak hujan. Saat tersebut hujan deras. Dida menyapa teman-teman dan tergolong aku.

Krisis :

Aku : “hei did, apa kabar?” (sambil meraih tangn dida yang sengaja menyuruh salaman

Dida : “iya baik, anda nul gimana?”

Aku : “baik did, masak lu sehat sih did?”

Reaksi:

Dida :”iya baik nul, emangg gua kelihatan sakit apa?”

Aku :”iya, cobak liat kaki lu, kecil amat, bandingin sama kaki gua”

Dida :”kakimu sakit nul? Kok kayak bengkak”

Aku :”ini bukan bengkak, emang aku gendut”

Koda:

Aku dan dida tertawas

Contoh Teks Anekdot Persahabatan

Suatu saat aku dan temanku SMP sedang reuni di sebuah tempat pameran. Temanku yang mempunyai nama dida ia terlambat ke pameran itu, sebab ia terjebak hujan. Saat tersebut hujan deras. Dida menyapa teman-teman dan tergolong aku.

Aku : “hei did, apa kabar?” (sambil meraih tangn dida yang sengaja menyuruh salaman

Dida : “iya baik, anda nul gimana?”

Aku : “baik did, masak lu sehat sih did?”

Dida :”iya baik nul, emg gua kelihatan sakit apa?”

Aku :”iya, cobak liat kaki lu, kecil amat, bandingin sama kaki gua”

Dida :”kakimu sakit nul? Kok kayak bengkak”

Aku :”ini bukan bengkak, emang aku gendut”

Aku dan dida tertawas

Contoh Anekdot Lucu

Aku mengobrol degan ayahku diruang tamu, kami sedang merundingkan soal hp baru. Ayahku tiba-tiba mengekuarkan hp barunya ketika diruang tamu.

Ayah :”cahyo, ayah baru beli hp”

Aku :”ayah kok nggak bilang-bilang, beli sama siapa yah?”

Ayah :”ya sama ibumu toh”

Aku :”coba liat hp apa itu” (aku terkeejut)

Ayah :”gimana? Keren kan?”

Aku :”halah, mending tukerin aja yah, sia-sia hp android namun ayah nggak dapat makenya, liat tangan ayah besar gitu, dapat bisa kepencet seluruh tuh dilayar hp”

Ayah :”hemmm gitu yaaa”

Ibuku  yang memperhatikan tertawa

Teks Anekdot Lucu

Suatu saat dikampus, laksana biasa masuk ruang belajar pagi-pagi. Aku duduk disebelah temanku mempunyai nama ainun. Kebetulan anda sama-sama anak yang menemukan beasiswa di kampus.

Ainun :” he jo, telah cair beasiswa kita”

Aku:”loh iyo tah?” (wajah bahagiaku keluar)

Ainin :”iya, aada pengumuman di grup whatsapp, katanya easiswa cair 6 bulan”

Aku :”subhanallah nun, mari nanti anda hedon”

Ainun :”iya mari hedon ke warung lalapan yuk nanti”

Aku :”hedon kok ke warung lalapan hmmm”

Ainun :”dah lama aku tak santap ayam, tiap hari santap tempetahu sambel”

Aku :”okelaaah”

Aku dan ainun tertawa….

Contoh Teks Anekdot Singkat

Suatu saat aku kembali sekolah, berlangsung kaki. Ada seorang perempuan cantik yang melihatku, ia pun sedangberjalan kaki Aku melihatnya dan dia melihatku.

Wanita cantik :”adek…”

Aku :”mbaknya (sambil terpesona menyaksikan cantik wajahnya”

Gubraaaaakkk suara tong yang tidak sengaja ditabrak aku sendiri.

Wanita cantik :”tadi aku inginkan bilang ke adek awas terdapat tong, lihat jalan yang konsentrasi ya dek”

Aku :”aduh, iya mbak. Maaf ya mbak”

Wanita cantik geleng-geleng kepala.

Contoh Cerita Anekdot Lucu

Suatu hari aku beserta keluargaku pegi ke pantai, hari tersebut tepat hari libur. Jadi ramai pengunjung.

Aku ketika itu hendak pergi melakukan pembelian camilan bareng adik sepupuku mempunyai nama alfan.

Aku :”fan, mari beli itu” (telunjukku menujuk pada tukang cilok yang berada agak jauh dari kami)

Alfan :”ayo mbak”

Saat tersebut ramai sekali sampai aku memegang tangan adikku

Kita berjalan memungut uang d tas dan bergegas untuk melakukan pembelian cilok

Aku :”bang, beli ciloknya 3 bugkus lima riuan yaa”

Abang tukang cilok langsung memungut pesanan cilok

Aku :”berapa bang?”

Abang: “15.000 toh neng”

Aku :”ohiya, loh uangu kok 2000, dek pinjem uangmu dong”

Alfan :”yaelah mbak, bilang aja kalo mau mohon bayarin”

Aku :”heh,tau aja kamuu”

Alfan :”dasaar”

Aku tertawa, sementara dia cemberut

Contoh Teks Anekdot Panjang

Hari ini malam minggu dan aku berencana hendak keluar rumah, jalan-jalan. Aku baru saja mempunyai kekasih, ia gagah dan tinggi. Namun dia lebih muda dariku, lebih muda 3 tahun.

Aku hendak mengajaknya keluar. Aku mulai menelfonnya.

Aku :”sayang, mari keluar, inikan malam minggu”

Dia :”mau kemana?”

Aku :”kemana aja, asal  keluar”

Dia :”yauda ayoo”

Aku :”aku bergegas terbit rumah, dan berlangsung kedepan”

Dia :”kemana kita?”

Aku :”duduk sini aja depan rumah”

Dia :”iya lagian pun hujan deras disini”

Karena lokasi tinggal kita berdampingan hanya berjarak 5 meter saja..

Dia :”makan yuk”

Aku :”iya ayuk santap bakso didepan diseberang jalan ini yaa”

Dia :”iya ayooo, bayar sendiri-sendiri yaa,”

Aku :”iyaaa”

Wajahku cemberut.

Contoh Teks Anekdot Singkat Berjudul Terkena Setrika:


Di satu pagi yang masih tetap cerah, terbit sesosok pria yang tengah ke lokasi tinggal sakit karna ke-2 buah telinganya sekali lagi terpapar luka bakar.

Doker : “looh, terdapat apa yang dilangsungkan dengan telinga kamu pak? ”

Pasien : “begini dokter ceritanya, terlebih dulu saya sekali lagi menyetrika pakaian, nah, ketika saya sekali lagi menyetrika pakaian, dengan seketika telpon saya bunyi serta mendering. Sebab reflek, pada akhirnya ketika waktu tersebut saya sekali lagi memegang setrika, segera saja saya lekatkan ke telinga kiri saya dok. ”

Dokter : “oh, demikian toh ceritanya, saya tahu yang dialami ayah, lalu guna telinga ayah yang samping kanan apa tersebut yang berlangsung? ”

Pasien : “Nah berikut problemnya dokter, si bego tersebut kembali menelpon. ”

Beberapa Sisi Susunan dari Teks Anekdot Terkena Setrika :
    Abstraksi : Di satu pagi yang cerah
    Tujuan : terbit sesosok pria yang tengah ke lokasi tinggal sakit karna ke-2 telinganya terpapar luka bakar.
    Krisis : “begini dokter ceritanya, terlebih dulu saya sekali lagi menyetrika pakaian, nah, ketika saya sekali lagi menyetrika pakaian, dengan seketika telpon saya bunyi serta mendering. Sebab reflek, pada akhirnya ketika waktu tersebut saya sekali lagi memegang setrika, segera saja saya lekatkan ke telinga kiri saya dok”
    Reaksi : “oh, demikian toh ceritanya, saya tahu yang dialami ayah, lalu guna telinga ayah yang samping kanan apa tersebut yang berlangsung? ”
    Koda : “Nah berikut problemnya dokter, si bego tersebut kembali menelpon. ”

Contoh Karangan Anekdot Singkat

Pagi tersebut aku terbit rumah dan menonton pohon hijau rindang yang sedang terpapar kabut pagi. Aku terbit rumah berniat guna olahraga lari.

Jalan berkabut tebal, tetapi aku masih saja lai ditengah-tengah kabut.

Aku ialah anak baru pindah, sebetulnya aku tidak tau jalan, tetapi aku tetap mencari jalan itu, sampai akhirnya aku tersesat saat aku tau bahwa aku sudah paling jauh dari tempat rumah, aku ketakutan. Kabut telah mulai pergi. Dan aku bertanya pada di antara orang yang melalui jalan disekitarku.

Aku :”mbak minta maaf, saya tersesat, jalan salak dimana ya mbk?”

Mbak berkerudung :”oh jalan salah, ini dibelakang lokasi tinggal saya jalan salak, dapat lewat jalan kecil ini”

Aku :”terimakasih tidak sedikit mbak”

Aku tertawa tidak banyak karna aku merasa sudah paling jauh aku berlari, padahalnmasih melulu berberapa meter dari rumah, yaampuun

Contoh Teks Anekdot Pendidikan

Aku ialah seorang guru yang tidak dapat bersuara dengan keras. Saat tersebut bel berbunyi dan waktunya melatih dikelas 8F.

Aku berjalan mengarah ke kelas, dan anak-anak masih diluar kelas.

Aku :”nak, mari masuk”

Tika :”apa bu, tidak dengar”

Aku bergegas kedalam kelas, dan terdapat tiba-tiba terdapat suara “selamat ulang tahun ya bu”

Tika sedang membawa kue tart yang telah disiapkan tadi saat diluar

Dipapan tulis tertulis “bu mita ampuni kami andai selama ini kami tidak pernah memperhatikan ibu saat mengajar, dan ramai sendiri, kami melulu ingin diacuhkan dengan ibu, namun kami tau perhatian ibu bertolak belakang kepada kami. Perhatian ibu berupa ucapan-ucapan yang tidak kami saellau dengar, selamat ulang tahun bu mita’

Aku terharu, sebab ternyata bukan suaraku yang tidak dapat keras, namun melulu anak-anak saja yang tidak hendak mendengarkanku dengan baik.

Mereka seluruh memelukku dan menangis.

Contoh Teks Anekdot Sindiran

Aku ialah kakek tua yang tidak jarang kali sendirian dirumah, anakku seluruh sudah berkeluarga. Hingga suatu saat hari ini hari sabtu. Semua anak-anakku berkumpul dirumaahku.

Aku :”nak, bisakah kau belikan aku permen?”

Anak 1 :”mengapa mesti permen yah”

Aku :”karena aku rindu saat kalian bermanja hendak membeli permen lolipopo didepan rumah

Anak 2 :” iya yah, aku dulu yang tidak jarang memohon guna meminta beli permen hehe”

Aku :”jadi bisakah kau belikan ayah permen?”

Anak 2 :”bisa ayah, inginkan beli berapa? 10?

Aku :”haha, iya 20 yaaa”

Anak 1 dan 2 :”banyak nian yah”

Aku :”iya biar ayah tidak jarang kali ingat masa kecil kalian saat ayah berada dirumahsendirian.

Anak 1 dan 2 merasa sedih.

Ciri-ciri dari Teks Anekdot pada dasarnya ialah berisi pelajaran, uncur lucu, struktur yang jelas, dan dapat menciptakan orang beda tertawa. Demikianlah pembahasan mengenai misal teks anekdot singkat dan lucu teranyar 2019 yang dapat kami ulas. Semoga misal teks anekdot singkat di atas mempermudah Anda guna mempelajari mengenai anekdot.               

Belum ada Komentar untuk "10+ Contoh Teks Anekdot Singkat, Lucu dan Strukturnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel