10 Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya

Dunia-Pendidik.Com--Teks eksplanasi menjadi di antara kaidah kebahasaan yang bertujuan untuk menyerahkan informasi secara jelas untuk pembaca. Teks ini mempunyai runtutan yang mesti dipenuhi supaya info yang diserahkan mudah dimengerti. Bersifat ilmiah dan sesuai kenyataan adalahsalah satu cirinya. Biasanya diulas secara singkat sampai-sampai Anda dapat langsung memahami penyebab sebuah peristiwa dan bagaimana proses terjadinya. Bidang ilmu yang tidak jarang dikaji laksana peristiwa alam, budaya, ilmu pengetahuan, sosial, dan lain-lain.

Ada yang memisahkan jenis teks ini menjadi 2 bagian yakni singkat dan kompleks. Keduanya mempunyai struktur yang sama laksana yang telah disebutkan. Hanya saja isi informasi yang diberikan bertolak belakang kuantitasnya. Jika pada misal teks eksplanasi kompleks, pada unsur sebab dampak berisi keterangan yang lebih rinci serta dilengkapi hal dengan tidak banyak penjelasannya. Informasi yang diserahkan kepada pembaca lebih lengkap.

10 Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya

Meskipun begitu misal teks eksplanasi singkat tidak berarti menyerahkan informasi yang tidak cukup lengkap. Penyajiannya lebih singkat, padat, dan tepercaya. Banyak pembaca yang lebih menyukai bentuk seperti ini karena dapat secara cepat mengidentifikasinya. Kedua jenis teks eksplanasi ini setiap bergantung pada peristiwa yang bakal dijabarkan. Jika peristiwanya memang kompleks, maka isinya bakal lebih tidak sedikit karena tidak sedikit data yang mesti dimasukkan. Bila diciptakan singkat, dikhawatirkan info yang diserahkan menjadi tidak lengkap.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya


Pernyataan Umum :
Cyberbullying adalah ancaman atau serangan yang dilakuakan lewat pesan elektronik meida. Bullying seringkali terjadi melulu di dunia nyata tetapi kini sudah terdapat di dunia maya. Cyberbullying ialah kejadian baru kerana perekembangan teknologi komunikasi. Sekarang urusan ini ditafsirkan sebagai tindakan menyakiti yang dilaksanakan terus menerus di sengaja lewat mendia komputer, seluler dan perangkat elektronik lainnya dan yang dibully tidak dapat membela dirinya.

Sebab Akibat :
Cyberbullying dilaksanakan dengan mengirim komentar yang berisi kebencian di blog, media sosial, email, dan artikel yang diciptakan untuk menghina orang lain. Hal ini dapat menyebabkan keyakinan diri yang berkurang berujung kecemasan, dan kekhawatiran.

Interpretasi :

Kasus ini ialah tindak durjana yang dihindari. Hal ini ialah ancaman psikologis unutk individu, jadi persiapan mental dan menata emosi dibutuhkan.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial

Pernyataan Umum :
Media sosial ialah saluran guna bergaul ang dilaksanakan dengan terhubung dengan internet. Pemakainay dapat gampang mengirim pesan, menyalurkan berita dan pekerjaan kepada pemakai lain.

Sebab Akibat :

Perkembangan teknologi yang pesat ialah penyeban dari urusan ini8. Saat ini media sosila telah menjadi keperluan pokok unutk anak kecil sampai dewasa. Indonesia ialah salah satunya pemakai internet terbanyak di dunia.

Pemakaian media sosial mesti budiman supaya tidak menjerumuskan diri sendiri. Pada dasarnya media sosila adalahalat untuk melimpahkan keluh kesah. Tetapi tidak sedikit orang yang menggunakan untuk bully untuk orang lain.

Interpretasi :

Media sosial ialah sarana komunikasi yang memudahkan interaksi antar insan dan dapat bermanfaaat guna sarana edukasi perekonomian dan lainnya. Tetapi andai disalah gunakan dapat mengalami tidak sedikit kerugian sampai-sampai harus berhati hati dalam pemakaiannya.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya

Pernyataan Umum :

Indonesia familiar dengan ragam budaya, bahasa, tradisi, dan pakaian adat. Tidak dapat jadi indonesia hancur justeru bersatu dengan adanya perbedaan yan ada. Sama laksana semboyannya. Salah satu budayanya yang menjadi aset ialah batik.

Baca Juga : Struktur Teks Eksplanasi Beserta Pengertian dan Kaidahnya

Batika ialah karya seni dari kain yang lewat proses pencantingan hingga penglorodan. Baik diabsahkan UNESCO tanggal 2 oktober yang menjadi hari batik internasional. Batik kini sudah terdapat di pelbagai daerah, dan setiap wilayah mempunyai ciri sendiri. Proses penciptaan batik dipecah menjadi empat yakni batik tulis, ikat celup, printing, dan cap.

Sebab Akibat :

Batik tulis perlu latian guna mencanting, sebab bayak industry batik pekerjanay bekerja sekitar 10 tahun karena perlu tenaga yang terampil dan terlatih guna mencanting tidak gampang dan memerlukan waktu lama.

Interpretasi :

Sehingga dapat disimpulkan bahwa tetap melestarikan batik Indonesia, hargai batik dan lindungi batik, sebab batik adalahaset Indonesia dan batk ialah saksi sejarah Indonesia secara turun menurut.

Contoh Teks Eksplanasi Panjang

Pernyataan Umum :

Bau nyale merupakan kebiasaan suku sasak core event. Bau nyale mempunyai arit menciduk nyale, nyale ialah hewan laut yakni cacing laut yan dapat dimakan. Cacing laut hadir setahun sekali pada bulan, hari dan pantai tertentu. Itu yang menciptakan event bau nyale paling istimewa guna suku sasak.

Dulu cacing ini ialah jelamaan putri mandalika yang bunuh diri di laut sebab percintaannya. Tradisi ini adalahtradisi turun menurun yang dilaksanakan sekitar akhir bulan februari atau pertengahan maret.

Sebab Akibat :

Yang mengherankan tradisi ini merupakan teknik pemuda unutk melestarikan budaya.nyale seringkali ada pada masa-masa 3-5 pagi maka dari tersebut pemburu begadang untuk menantikan munculnya nyale ke permukaan. Untuk mengenyahkan rasa bosan bisanya pemuda mengerjakan hal diluar etika

Menangkap nyale diluar rungan orang dapat melakukan apa saja sekitar tidak merusuhkan. Kondisi ini dimanfaatkan perbuatan asusila dengan pasangan. Apalagi ketika nyale mulai terbit mereka berterika kata kotor yan dapat dipercaya dapat menarik perhatian nyale.

Interpretasi :

Pasti kemeriahan acara tersebut mempunyai nilai negative bilamana dilihat dari segi norma dan etika yang dilaksanakan remaja dan jelas tidak patut unutk disaksikan anak bawah umur. Tetapi berpulang kepada pernyattan budaya ialah hal yang dilestarikan.
Contoh Teks Eksplanasi Banjir

Pernyataan Umum :

Banjir ialah bencana yang dampakanya kehancuran fisik, moril dan materil. Ada dua jenis banjir yakni banjir bandang, dan banjir kecil. Banjir besar yang dapat mengakibatkan kersakan jalan, jembatan,dan struktur bangunan.

Sebab Akibat :

Walupun banca banjir diakibatkan tidak melulu karena hal alam tetapi pun manusia. Jika hal alam laksana curah hujan tinggi, air laut naik dan letak daerah. Sedangkan hal manusia seperti melemparkan sampah tidak pada lokasinya yang dapat menyumbat jalannya air.

Interpretasi :

Dampak yang timbul laksana barang berharga hilang, kemudahan umum rusak, air bersih langka, dan timbul penyakit. Banjir ialah bencana yang tidak bisa dihindari, tetapi dapat dicegah, dengan melemparkan sampah yang baik, dan menempatkan hutan yang gundul sampai-sampai dapat menampung air hujuan.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat dan Kompleks

Pernyataan Umum

Longsor dimaksud sebagai pergerakan tanah yang ambrol atau lengser dari dataran tinggi ke dataran yang terdapat di bawahnya. Tanah longsor ini termasuk pun jadi satu diantara bencana alam yang beresiko bilamana daerah yang tertimpa longsoran ialah lokasi padat masyarakat.

Tanah longsor yang dilangsungkan di tempat padat masyarakat, lahan pertanian serta perikanan, jalur transportasi pasti pun akan menyebabkan tidak sedikit kerugian serta bisa jadi yg tidak bisa diremehkan karna tidak sedikit masalah tanah longsor yang dilangsungkan mengakibatkan sejumlah orang-orang wafat sebab tertimbun material tanah.

Sebab Akibat

Tanah longsor yakni satu momen geologi yang dilangsungkan karna masa material laksana bebatuan dengan beragam ukuran, tanah, atau gumpalan tanah alami gerakan yang disebabkan oleh tiga type aspek, yakni style gravitasi, aspek pendorong serta aspek penyebab.

Aspek pendorong ialah ciri-khas bermaterial tanah itu sesaat aspek penyebab yakni yang menyebabkan material tanah tersebut bergerak serta lengser dari lokasi awalannya. Aspek penyebab tanah longsor ada sekian banyak  macam macamnya, yakni aspek alam serta aspek manusia.

Aspek alam ialah aspek pendorong yang disebabkan oleh gejala alam yang beda sesaat aspek insan yaitu aspek yang disebabkan oleh kelengahan manusia. Tersebut pelbagai type aspek pendorong yang mengakibatkan terjadinya tanah longsor :

1. Hujan

Hujan deras ialah satu diantara penyebabnya terjadinya tanah longsor karna air hujan yang tertampung di tanah pun akan menyebabkan terjadinya gerakan tanah, khususnya bila tanah itu ialah tanah yang keropos serta tidak memiliki daya ikat yang baik.

2. Gempa Bumi

Gempa bumi tidak cuma bisa merobohkan bangunan saja, namun dapat pun punya potensi menyebabkan tanah longsor karna getarannya yang menyebabkan terjadinya gerakan material tanah contohnya gugurnya material bawah penahan tanah.

3. Erupsi Gunung Berapi

Erupsi gunung berapi sering menyebabkan tanah di dekat gunung tersebut lengser baik karna magma yang mengalir maupun getaran yang dilangsungkan saat magma menekan terbit dari dalam perut bumi.

Pastinya erupsi gunung berapi pun akan membawa material peningkatan yang di keluarkan dari dalam perut bumi serta material ini tidak bisa ditahan oleh rangkaian tanah sisi bawah sampai tanah di unsur atas ambrol.

Tanah longsor yang disebabkan oleh kegiatan gunung berapi ini umumnya dilangsungkan dengan bertahap, khususnya saat dilangsungkan hujan, jadi dengan rutin tanah serta pasir vulkanik pun akan lengser. Momen ini dimaksud sebagai banjir lahar dingin.

4. Penggundulan Hutan

Penggundulan rimba pasti pun akan begitu punya pengaruh pada rangkaian tanah karna mula mula akar-akar pohon-pohon jadi penahan tanah alami yang begitu efektif.

Apabila satu lahan di dataran tinggi di habiskan pepohonannya, umpamanya untuk digunakan jadi lahan pertanian atau pemukiman, bisa di pastikan lahan tersebut juga bakal longsor terlebih bila dilangsungkan gempa bumi atau hujan deras karna tanah tidak sekali lagi memiliki penopang yang kuat.

5. Menambahkan Beban

Menambahkan beban material spesifik pada dataran tinggi bisa punya potensi menyebabkan terjadinya tanah longsor bilamana mana penahan tanah di bagian sangat bawah tidak ditambahkan.

6. Ledakan

Penambangan batu di pegunungan dengan menggunakan bahan peledak memiliki efek yang jelek, yakni tanah longsor karna ledakan ini tidak hanya hasilkan getaran yang powerful serta bisa menggeser tanah, tetapi pun mengakibatkan rusaknya rangkaian bebatuan besar penahan tanah.

7. Pembangunan

Pembangunan pemukiman serta lain sebagainya pada tempat dataran tinggi telah pasti pun akan menyebabkan berubahnya rangkaian tanah serta pasti pun akan menyerahkan jumlah beban pada tanah itu sampai punya potensi mengakibatkan longsor.

Interpretasi

Tanah longsor ialah bencana yang tidak tidak banyak menelan korban sampai mesti diatasi jauh-jauh hari. Tetapi sayangnya, insan relatif pun akan bereaksi bilamana tanah longsor sudah dilangsungkan serta sudah tentu hal semacam ini begitu terlambat.

Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi

Gempa bumi adalahkejadian alan berupa pergerakan gelombang di kulit bumi yang dapt terjadi sebab pergerakan lempeng bumi atau gunung meletus. Gempa disebabkan pergerakan lempeng dinamakan gempa tektonik dsan gempa sebab gunung meletus dinamakan gempa vulkanik.

Banyak kerugian yang muncul sebab hancurnya bangunan dan memakan korban jiwa. Gempa dapat menyebabkan trauma untuk semua korban.

Dari penyebabnya, gempa tidak dapat diprediksi dan tidak terdapat musimnya, maka dari tersebut harus tidak jarang kali waspada dan mengantisipasi. Seperit larike lapagan bilamana ada gempa dan mengayomi kepala dari reruntuhan.

Walau sekian, insan relatif pun akan mengulangi sekali lagi kekeliruannya dengan berniat atau tidak berniat dengan kerjakan suatu urusan sebagai aspek pendorong terjadinya tanah longsor yang efeknya telah pasti pun akan merugikan insan tersebut.

Setelah Anda memahami struktur, fungsi, serta misal teks eksplanasi singkat dan misal teks eksplanasi perumahan yang dilafalkan diatas, diharapkan dapat memudahkan kita dalam merangkai teks eksplanasi yang mempunyai sifat memberikan keterangan baik tentang peristiwa alam, sosial, budaya, ilmu pengetahuan, dan lain-lain. Info yang kita berikan mesti menurut data yang valid supaya bisa bermanfaat untuk banyak orang dan tidak menyesatkan.                       

Belum ada Komentar untuk "10 Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel