10+ Contoh Teks Eksposisi/ Paragraf Eksposisi Singkat

Dunia-Pendidik.Com--Secara terminologi, teks eksposisi ialah adalah sebuah teks yang mempunyai sifat mengajak dan berisi sebanyak informasi yang ditulis secara ringkas dan jelas. Biasanya teks ini membicarakan sebuah topik yang unik untuk dibaca. Sehingga apa bila menyimak teks tersebut, maka seseorang dapat memperoleh suatu informasi berharga. Misalnya misal paragraf eksposisi tentang suasana pendidikan di Indonesia ketika ini.

Teks itu memuat segala informasi berhubungan pendidikan tersebut sendiri yang ditulis dengan ringkas dan jelas. Di samping ditulis secara ringkas dan jelas, teks ini pun mempunyai jenis, kaidah, dan pun struktur tersendiri dalam penulisnya. Agar bisa lebih mengetahui teks jenis eksposisi ini, perhatikan misal teks eksposisi singkat berikut. Misalnya misal karangan eksposisi mengenai kesehatan lingkungan dan Pendidikan di Indonesia ketika ini.

Contoh Paragraf Eksposisi Singkat

Handphone sudaqh brkelana kemana-mana, dari anak umur7  tahun hngga dewasa, handphone telah menjadi pegangannya disetiap harinya. Handphone paling  mempermudah kita saat dalam kendala entah dalam format translate paragraf, atau teknik memasak saya dan anda bisa akses di gadget dengan mudahnya.

10+ Contoh Teks Eksposisi/ Paragraf Eksposisi Singkat

Namun di samping memiliki akibat positif, terdapat akibat buruknya juga. Orang-orang berkomentar dengan hp orang dapat lupa waktu, tidak peduli dengan ekitar, sulit memperhatikan dengan baik, lama-lama mempunyai sifat individual, lebih asyik bermain dengan gadget dari pada teman. Hal itu emmang telah terjadi di dunia nyata.

Jadi keimpulannya, bagiamana anda menyikapi perkebangan zaman ini, seharusnya di umur dini, anak lebih baik  disuruh bermain, berbicara, membual dengan family | kerabat | sanak saudara dari pada anak disuguhi dengan gadget yang pun akan memprovokasi mata serta perkembangannya menjadi tidak optimal.

Contoh Karangan Eksposisi

Berbicara tentang batik, khususnya batik tulis, andai kita mengetahui teknik membuat batik serta proses-proses yang dilewati maka nilai dari batik itu akan hadir serta tak segan-segan pembeli melakukan pembelian batik tulis dengan harga relatif mahal.

Namun realitanya masyarakat paling mengeluhkan harga batik tulis yang mahal, serta merasa tidak memperdulikan batik tulis.

Jika Anda memahami filosofi batik tulis, maka nilai batik tulis dimata masyarakat bakal tinggi, serta urusan ini bntuk daripada menghargai dari warisan kebiasaan Indonesiia yang sudah dirsmikan oleh UNESCO yang diputuskan pada tanggal 2 oktober.

Contoh Teks Eksposisi Singkat

Orang yang gampang lupa seba  ia tidak mengajar otaknya guna mengingat. Namun saat orang yang berlatih guna memgingat aka di bakal ingat. Biasanya orang andai melihat wajah mereka gampang mengenali, namun andai menghafal nama merka tentu lupa. Mengaapa denmikian?

Karena pada hakikatnya insan muda mengingta sebab pengalamannya melihat, seluruh pasti menikmati hal yang sama.

Baca Juga : Pengertian Teks Eksposisi, Kaidah & Struktur Teks Eksposisi

Bukan melulu argumen dsaja, daya ingat tentang mata atau perangkat indra pengiatan lebih terekam daripada sebuah hal yang dihafalkan, karena andai di hafal akan gampang lupa, tetapi jika dicerna akan tidak jarang kali teringat.

Contoh Teks Eksposisi Sosial

Dalam hakikatnya suatu organisasi tidaklah lepas dari suatu pertikaian. Semua tentu Anda yang pernah berorganisasi atau barangkali sekarang sdang menjalani di suatu organisasi pernah merasakan pertikaian. Sehingga terdapat saat kubu A dan Kubu B.

Yang berpernah beroraganisasi pernah berasumsi bahwa, karna terdapat yang tidak suka dengan di antara anggota maka seluruh terpengaruh, urusan itu sebenarnya tergantung dari kedwasaan masing-masing. Sehingga bisa memilah mana yang baik dan mana yang benar.

Mengapa terjadi pertiikaian? Biasnaya terjadi kesalah pahaman, sebab adu mulut. Dan seringkali lidah yang tak bertulang metakan yang tidak semestinya, urusan ini merangsang pertikaian, semua andai dirumuskan atau didiskusikan dengan seksaa, maka seluruh akan baik-baik saja. Karena semua tersebut butuh komunikasi. Jadi intinya sekecil apapun selesaikan dengan seksama. Atau bersama, sebab dari urusan kecil akaan mejadi urusan yang besar.

Contoh Teks Eksposisi dan Strukturnya


Tesis:

Sudah tidak asing lagi, ketika di dekat kita melemparkan sampah sembarangan. Bahkan dari kalangan muda hingga tua. Jika berada pada lingkungan terbuka, seringkali sampah masih terbelakang di lokasi yang sudah dikerumuni atau di lokasi yang sudah ditempati suatu acara atau pekerjaan sebelumnya. Padahal telah terlihat jelas pada akhir-akhir ini, musim hujan dan tidak jarang terjadi banjir.

Argumen:

Beberapa orang menyimpulkan andai belum menikmati efeknya maka orang-orang tidak akan mengerjakan hal yakni melemparkan sampah pada tempatnya. Maka dari tersebut perlu adanya penyuluhan akibat bahaya melemparkan sampah sembarangan.

Penegasan ulang:

Sebaiknya andai orang-orang sudah menikmati efek sampingnya yakni menyebabkan banjir, maka adanya kesadaran guna tidak melemparkan sampajh sembarangan khususnya di sungai, drainase air yang bisa menyumbat jalannya air.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Contoh 1 :

1. Pada dasarnya edukasi adalah hak untuk setiap Warga Negara Indonesia. Sebab edukasi berperan urgen dalam memajukan sebuah kemajuan bangsa (Tesis). Saat ini Indonesia sedang merealisasikan sistem edukasi dengan kurikulum 2013 (K13). Perkembangan edukasi di Indonesia pun terbilang lumayan pesat.

Melalui penerapan kurikulum tersebut, pemerintah bercita-cita adanya suatu transformasi yang lebih dari masyarakat Indonesia. Sebab kurikulum menekankan pada aspek Afektif, Kognitif, dan pun Psikomotorik. Meskipun kurikulum 2013 ini pun belum dapat dicerna secara luas oleh masing-masing instansi edukasi yang ada. Sehingga ada sejumlah sekolah yang belum merealisasikan K13 ini secara optimal (Argumentasi).

Dengan demikian dapat dicerna bahwa ketika ini Indonesia sedang menjalani sistem edukasi dengan Kurikulum 2013. Perlu adanya sosialisasi lebih bak lagi, agar K13 dapat diaplikasikan secara merata (Penegasan Kembali). Demikianlah misal teks eksposisi yang bisa Anda pelajari.

Contoh 2 :

2. Pendidikan dalam kehidupan ini sangatlah penting sebab untuk memajukan sebuah kemajuan bangsa. Pendiidkan pun adalah hak untuk setiap penduduk Indonesia. Saat ini sisitem pendiikan dalam Indonesia sednag menjadlani kurikuum 2013. Diman kurikulum 2013 ini memuat edukasi karakter serta melibatkan aspek afektif, kognitif dan psikomotorik.

Namun dari terdapat sekolah yang telah menjalankan kurikulum 2013, terdapat juga yang belum menjalankannya secara optimal. Karena banyaknya masyarakat ynag belum benar-benar mengetahui pelaksanaan kurikulum 2013.

Maka dari penyampaian diatas, bahwa tidak seluruh sekolah menikmati kurikulum 2013, entah tersebut karena faislitas yang belum memadai, dan belum siap guna menjalani kurikulum 2013. Maka dari itu, perluanya sosialisasi tentang kurikulum 2103 bakal terlaksana denganbaik cocok dengan destinasi pemerintah dan bisa diaplikasikan secara merata.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Contoh 1 :

Siri Merah adalah salah satu jenis tumbuhan yang tidak jarang dijadikan obat tradisional oleh masyarakat. Tanaman ini pun dapat dibudidayakan oleh masyarakat, untuk sebagai persediaan tumbuhan obat-obatan (Tesis).

Beberapa riset mengungkapkan bahwa tanaman tidak jarang dijadikan obat Diabetes, Maag, Kanker, dan pun obat guna mengatas ketombe. Selain tersebut ada pula yang memanfaatkan tumbuhan ini sebagai obat menyembuhkan keputihan pada lokasi kewanitaan. Masyarakat memakai Sirih Merah dengan teknik mengambil daunnya, kemudian diubah melalui perebusan. Kemampuan Sirih Merah ini sebagai tumbuhan obat, disebabkansenyawa aktif yang terdapat di dalamnya. Seperti Polivenol, Minyak Atsiri, Euganol, dan sebagainya (Argumentasi).

Dengan demikian dapat dicerna bahwa Sirih Merah mampu dipakai untuk menyembuhkan sejumlah penyakit secara tradisional (Penegasan Kembali).

Contoh 2 :

Mata adlah di antara indra penglihatan yang sant penting untuk kita, guna berinteraksi dengan siaaun dan dimanapun eksistensi kita. Maka mata kita yang kini dalam situasi normal, jagalah. Karena banyak sekali ada orang yang buta dan minus, buta dapat karena kemalangan atau memang dari lahir, namun andai minus pasti melewati proses dimana mata dari normal tiba-tiba menjadi rabun.

Hal tersebut tidak sedikit faktor-faktor yang menjdikannya laksana itu, yaitu memebaca terlampau dekat, membaca kitab dengan posisi tidur, menyaksikan televisi berjarak tidak cukup dari 3 meter dari televisi. Hal ini yang merangsang mata menjadi rabun.

Hal ini terbukti dari pendapa-pendapat orang bahwa minus sebab memebaca yang terlampau dekat serta hal keturunan. Namun menurut keterangan dari penulis bila hal keturunan tidak terdapat hubungannya, maka dari tersebut penulis meyaikini bahwa minus timbul sebab kebiasaan.

Mata sangatlah menjadi urusan penting, dengan mata anda daat berinteraksi. Maka dari tersebut jaga mata baik-baik dengan menghidari hal-hal yang akan menyebabkan mata menjadi minus.

Contoh Teks Eksposisi Lingkungan Beserta Strukturnya

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Lingkungan yang bersih ialah satu diantara prasyarat untuk menyokong kehidupan yang sehat, baik sehat dengan rohani ataupun jasmani. Kebersihan lingkungan mestinya ialah hal yang serius serta harus diaplikasikan dengan benar-benar, namun sayangnya tidak sedikit yang belum pun punya kelaziman untuk hidup bersih serta sehat dengan melindungi kesucian lingkungan sampai pencemaran lingkungan masih tetap dilangsungkan di mana-mana.

Argumentasi

Paling tidak terdapat empat type perusakan lingkungan yang begitu mengganggu kenyamanan, yaitu perusakan tanah, perusakan air, perusakan udara, serta perusakan nada.

1. Pencemaran Tanah
Pencemaran tanah biasanya dilangsungkan karna tidak sedikit yang buang sampah serta limbah asal-asalan.

Akan tetapi, terdapat hal-hal beda yang menyebabkan terjadinya perusakan tanah, yaitu pemakaian pupuk kimia dengan terus-terusan yang mempunyai resiko pada ketidakstabilan rangkaian tanah. Imbasnya, tanah tidak cuma pun akan jadi tandus serta gersang, tetapi pun riskan erosi dan longsor.

Disamping itu, pada masalah pengasingan sampah yg tidak mestinya pun akan bikin lingkungan jadi kotor serta tidak enak guna diliat. Bukan sebatas itu, sampah yang menumpuk atau berantakan dimana-mana bakal mengundang pelbagai type hewan pembawa penyakit contohnya tikus, kecoa serta lalat.

Satu diantara type sampah yang begitu mempunyai resiko untuk tanah yakni sampah plastik karna plastik begitu sulit terurai serta bisa tersimpan sepanjang bertahun-tahun di tanah berbentuk utuh, walau sebetulnya dalam sehari di seluruh dunia lebih dari 1 ton plastik berlalu jadi sampah.

Harusnya sampah plastik ini tidak dilemparkan demikian saja, tetapi diciptakan kembali agar jadi product daur ulang atau jadi sumber daya alternatif. Walau sampah plastik ini dilemparkan ditempat sampah pada tiap-tiap lokasi tinggal, namun sampah-sampah plastik ini selanjutnya pun akan menumpuk ditempat pengasingan sampah.

Telah bisa di pastikan tanah yang jadikan tempat pengasingan sampah sesaat atau akhir pun akan jadi tanah dengan kwalitas yang jelek. Dalam kurun ketika yang lama, jumlah sampah ini bakal tidak menciut tetapi malah pun akan makin meningkat hingga dibutuhkan lahan pengasingan sampah yang lebih luas sekali lagi. Hal semacam ini telah pasti mencekam karna sampah plastik ini nanti pun akan jadi ancaman guna kehidupan di masa depan.

2. Pencemaran Air
Seperti perusakan tanah, perusakan air diakibatkan dari kebiasaa jelek insan buang sampah asal-asalan ; sungai ialah satu diantara ruang guna buang sampah. Sampah-sampah yang dilemparkan di sungai sejumlah besar pun akan terbawa arus serta pun akan menumpuk di hulu sungai atau ruang penyaringan serta bendungan, sesaat sejumlah yang lain pun akan mengendap di basic sungai atau kandas di pingir sungai.

Type sampah yang begitu mempunyai resiko untuk sungai yakni sampah plastik serta limbah dari pabrik-pabrik yang menyalurkan limbahnya ke sungai. Diluar tersebut ada pun yang namanya limbah kimia yang diciptakan oleh pabrik spesifik.

Apabila limbah kimia ini tidak diciptakan terlebih dulu hingga netral, jadi bila limbah ini dilemparkan di sungai atau di sumur limbah, bahan kimia tersebut juga akan mengotori air di sekitar sungai atau wilayah dekat sumur-sumur limbah itu.

Di kota besar yang padat masyarakat laksana Jakarta umpamanya, tumpukan sampah di sungai ialah ancaman serius yang senantiasa mengakibatkan problem setiap ketika musim hujan datang.

Sampah yang menumpuk di sungai pun akan menyumbat aliran sungai serta menyebabkan air meluap hingga ke pemukiman serta menggenang dalam kurun ketika spesifik. Di daerah lain di Jawa Barat umpamanya, sejumlah waktu terakhir di gemparkan dengan terjadinya sekian kali banjir bandang di tidak sedikit wilayah yang mengakibatkan sejumlah rusaknya serius. Pastinya banjir ini disebabkan oleh sampah yang menyumbat aliran sungai.

3. Pencemaran Udara
Pencemaran udara paling tidak sedikit dikarenakan oleh asap kendaraan bermotor serta asap industri pabrik. Sekarang ini jumlah kendaraan bermotor makin meningkat serta terus-terusan meningkat bersamaan dengan pertumbuhan jumlah masyarakat. Pasti jumlah polusi dari saldo pembakaran di mesin pun akan meningkat di udara.

Pencemaran udara ini ketika ini telah jadi ancaman global yang menyebabkan penambahan suhu bumi atau pemanasan global. Pastinya pemanasan global ini pun akan meneror seluruh kehidupan makhluk hidup di bumi karna pemanasan global tidak cuma pun akan mengencerkan semua rangkaian es di kutub unsur utara serta kutub unsur selatan tetapi akan menyebabkan terjadinya evolusi iklim.

Perubahan iklim ini tentu akan begitu punya pengaruh di sejumlah bagian terlebih di unsur pertanian serta peternakan. Diluar itu, perusakan udara ini sudah terang pun akan mengganggu kesehatan.

Tentunya radikal bebas yang mengotori udara pun akan turut tercium masuk dalam badan. Pada batas spesifik, tumpukan radikal bebas didalam badan ini pun akan mengakibatkan penyakit serius contohnya kanker.

4. Pencemaran Suara
Pencemaran nada meski dapat dinamakan jadi perusakan kelompok ringan tetapi begitu mengganggu ketenangan. Pencemaran nada ialah timbulnya pelbagai nada bising dari pelbagai sumber laksana nada mesin, klakson, serta lain sebagainya yang hasilkan nada bising serta tidak menentramkan.

Pernyataan Ulang Pendapat

Bertambahnya jumlah masyarakat memiliki konsekwensi menambahnya jumlah perusakan lingkungan bilamana hal semacam ini tidak jadi kesadaran anda bersama. Lingkungan ialah masa depan dengan yang sama perlunya dengan keperluan pribadi. Lingkungan yang bobrok kronis pun akan menyebabkan sulitnya bertahan hidup, demikian sebaliknya, lingkungan bersih mempermudah kehidupan manusia.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan

Lingkungan bersih yaknni lingkungan yang selalu dimurnikan disetiap harinya. Lingungan yag bersih bakal menjadikan anda sehat dan mempunyai fikiran yang sealu positif serta tenang. Namun sedangkan andai kotor, maka bakal mempengaruhi kegiatan kita  seperti gampang marah, jenuh, berantakan, dan lainnya.

Pendapat orang lain tentang ini setuju, sebab memnag benar andai bersih akan mengalirkan aura positif begitupun sebaliknya.

Lingkungan bersih akan menciptakan kita seht dan lingkungan kotor, bakal menjadikan anda sakit-sakitan laksana banyaknya tumpukan baju kotor, sekitar seminggu akhirnya tidak sedikit nyamuk an nyamuk menggiit anda menjadi sakit demam berddarah. Maka jagaah kebersihan, sebab keberihan beberapa dari iman.

Contoh Teks Eksposisi Banjir dan Penyebabnya

Sudah tidak asing lagi, ketika di dekat kita melemparkan sampah sembarangan. Bahkan dari kalangan muda hingga tua. Jika berada pada lingkungan terbuka, seringkali sampah masih terbelakang di lokasi yang sudah dikerumuni atau di lokasi yang sudah ditempati suatu acara atau pekerjaan sebelumnya. Padahal telah terlihat jelas pada akhir-akhir ini, musim hujan dan tidak jarang terjadi banjir.

Beberapa orang menyimpulkan andai belum menikmati efeknya maka orang-orang tidak akan mengerjakan hal yakni melemparkan sampah pada tempatnya. Maka dari tersebut perlu adanya penyuluhan akibat bahaya melemparkan sampah sembarangan.

Sebaiknya andai orang-orang sudah menikmati efek sampingnya yakni menyebabkan banjir, maka adanya kesadaran guna tidak melemparkan sampajh sembarangan khususnya di sungai, drainase air yang bisa menyumbat jalannya air.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Hukum Di Indonesia

Tesis :
Semestinya hukum di Indonesia laksana yang telah ditetapkan pada Undang-undang telah dengan tegas memungut keputusan hukuman guna tiap-tiap aktor tindak kriminil. Walau demikian, kenyataannya biasanya seringkali terealisasikan ketidakadilan hukum yang bisa merugikan tidak sedikit pihak. Hukum dapat saja barangkali tegas, namun berpindah sekejab jadi tumpul ketika digarap pada sejumlah koruptor, itu yang dilangsungkan waktu ketika ini.

Argumentasi :
Tidak termasuk pun rahasia umum sekali lagi saat sejumlah koruptor di Indonesia mendapat vonis hukuman yang levelnya tergolong tidak berat, serta nyatanya ada pun koruptor yang terima pelbagai tunjangan sarana mewah walau sudah dinilai menyebabkan kerugian pada negara.

seringkali kita menyaksikan berita tentang seseorang pencopet, maling serta penjambret dikeroyok massa sampai wafat. namun, belum pun sempat kita menikmati berita sejumlah koruptor di Indonesia dihajar masa sampai sungguh-sungguh tewas.

Penegasan Ulang :

Dapat dilafalkan kalau hukum di Indonesia jadi tegas ketika ditempatkan rakyat kecil. umpamanya problem masalah yang terlebih dulu dihadapi Nenek Asyani. Kasusnya meski sebenarnya sekedar dikarenakan dituduh memungut kayu, pada kesudahannya ia jadi tertuduh dengan masa hukuman dalam kurun 5 th. penjara. Selalu jelas sungguh-sungguh ironi serta tidak bijak, diperbanyak sekali lagi diserupakan dengan hukuman yang pun akan didapatkan oleh sejumlah koruptor.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Ekonomi

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Semua orang-orang indonesia bakal tidak santap bila tak ada kegiatan pertanian. Tetapi ironisnya, sejumlah besar petani, terutama sejumlah buruh tani, kesusahan dalam penuhi kebutuhan ekonomi.

Hal semacam ini semestinya tidak dapat berlangsung, namun sebenarnya lain; malah sejumlah tengkulak serta saudagar yang memperoleh tidak sedikit keuntungan dari semua kegiatan pertanian.

Argumentasi

Satu diantara penyebabnya keterpurukan ekonomi sejumlah buruh tani yakni hadirnya sejumlah tengkulak yang lebih menguasai serta mempermainkan harga hasil tani. Hal semacam ini yaitu gejala yang sudah dilangsungkan mulai semenjak jaman dulu serta masih tetap berlanjut sampai kini ini sampai seakan-akan nasib sejumlah petani berhenti di satu titik.

Penyebabnya ke-2 dari keterpurukan ekonomi sejumlah buruh tani yakni minimnya perhatian pemerintah pada kesejahteraan petani. Andaikata pemerintah lebih intens dalam memerhatikan kesejahteraan sejumlah petani, barangkali saja motivasi serta skala hidup petani pun akan makin meningkat hingga urusan semacam ini pun akan mengakibatkan perkembangan pertumbuhan di unsur pertanian dalam soal ekonomi, inovasi, serta lain sebagainya.

Tidak hanya itu, jadi petani barangkali saja ialah alternatif kerja yang mulai dilirik karna jadi petani bisa hidup makmur. Sayangnya urusan tersebut belum pun terwujud serta oleh karna hidup petani masih tetap jauh dari makmur, jadi tidak sedikit generasi muda yang tidak menginginkan memiliki harapan jadi petani ; jadi petani di anggap jadi kerja yg tidak bergengsi.

Beda perihal dengan pertanian di negara-negara maju yang mana jadi petani ialah hal yang mengagumkan serta tidak sembarang orang bisa mengerjakannya. Walau sebenarnya, walau pertumbuhan masyarakat kian cepat, ruang atau lahan pertanian di indonesia masih tetap begitu luas serta tambah lebih luas bila dibanding dengan ruang pertanian di negara beda.

Akan tetapi, buatan pertanian di indonesia dapat masih tetap kalah dengan negara-negara dengan tempat lebih sempit contohnya Thailand, India, China, Vietnam, atau bahkan pun negara-negara maju di Amerika serta Australia.

Mengapa urusan tersebut dapat berlangsung? Sudah tentu satu diantara penyebabnya yakni keterpurukan hidup sejumlah petani sampai inovasi kreatif guna tingkatkan buatan pertanian terhalang. Yang ada sejumlah petani belum pun meningkatkan semua format kesempatan pertanian yang terdapat karna lebih repot guna bertahan hidup.

Penegasan Ulang

Kalau Pemerintah Indonesia memprioritaskan pertanian jadi basis ekonomi negara, jadi sudah harusnya nasib sejumlah petani pun akan lebih baik. Tetapi sayangnya pemerintah lebih memprioritaskan industri serta bidang usaha lain yang justeru bukanlah akar dari kekayaan tanah air Indonesia sampai negara ini senantiasa terdapat di lokasi terombang-ambing karna tidak berdasar pada basis ekonomi yang mestinya, yakni pertanian.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Narkoba

Zaman semakin modern, apapun yang kita mau dapat anda akses secara mudah, dengan mengandalkan suatu alat elektronik yang terhubung dengan data internet. Apalagi anda dapat bersangkutan dengan orang jarak jauh. Seperti halnya narkoba, maka bakal dengan gampang merek ayang mengharapkan narkoban terakses dengan cepat.

Ada yang mmeneritahukan bahwa ada anak sekolah dasar yang telah mengonsumsi narkoba. Betapa miris sekali generesi muda Bangsa ini, seharusnya anak jangan diserahkan fasilitas yang bisa mmeudahkannya mengakses sesuatu hal laksana narkoba. Kita tiadk bakal selamanya selalu memantau anak kita, tetapi paling tidak andai belum lumayan umur maka usahakan jangandiberikan fasiitas laksana handphone, gadget, dan laptop. Hal itu akan mebuat anak malas bergerak.

Narkoba telah tidak asing tersiar di telinga kita, bahakan di penjara saja kebanyakann permasalahan narkoba, baik kalangan muda hingga tua. Hal ini butuh adanya penyuluhan berhubungan bahayanya narkoba, urusan paling membahayakan andai tersebarluas tergolong usia-usai muda yang memilki rasa hendak coba-coba. Serta perlunya tindak lanjut hukum yang keras dan ketegasana, supaya masyarakat menjadi jera.

Untuk misal teks eksposisi singkat lainnya bisa dipelajari secara berdikari melalui internet. Demikianlah, sejumlah informasi berhubungan jenis jenis teks eksposisi beserta 2 misal paragraf eksposisi singkat yang bisa kamu pelajari. Dan untuk kamu yang hendak menambah keilmuan seputar pelajaran teks eksposisi, bisa kamu simak ulasannya pada tulisan sebelumnya yang telah kami tuliskan.                       

Belum ada Komentar untuk "10+ Contoh Teks Eksposisi/ Paragraf Eksposisi Singkat"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel