6 Agama di Indonesia yang Diakui dan Tempat Ibadahnya

Dunia-Pendidik.Com - Seperti yang anda ketahui bersama, Indonesia ialah sebuah negara yang memiliki tidak sedikit kekayaan. Tak melulu kaya bakal sumber daya alam dan budayanya, Indonesia pun mempunyai keberagaman agama yang dianut oleh masyarakatnya. Meskipun agama di Indonesia lumayan beragam, tak menciptakan masyarakatnya menjadi terbelah belah. Justru dengan adanya keberagaman agama di Indonesia, bisa menumbuhkan rasa toleransi antar masyarakat yang bertolak belakang agama.

6 Agama di Indonesia yang Diakui dan Tempat Ibadahnya

Di Indonesia, ada 6 jenis agama di Indonesia yang diakui, yakni agama Islam, agama Kristen protestan, agama katolik, agama hindu, agama budha, dan agama Kong Hu Cu. Ke-6 negara ini secara sah sudah diabsahkan oleh pemerintah sebagai Agama yang sah guna dipeluk masyarakat Indonesia. Berikut keterangan lebih detailnya tentang 6 agama dan lokasi ibadah agama di indonesia.

6 Agama yang dinyatakan di Indonesia dan  Tempat Ibadahnya :

1. Agama Islam

Agama Islam adalahagama di Indonesia yang paling tidak sedikit penganutnya. Sebagian besar masyarakat di Indonesia pada sekian banyak  wilayah yang tersebar adalahumat muslim. Islam mulai menyebar dan masuk ke Indonesia ialah pada abad ke-13. Agama islam bisa tersebar di semua wilayah Indonesia pastinya atas peran dari sejumlah tokoh developer agama Islam di Indonesia.

Tokoh-tokoh penyebar agama islam di Indonesia dikenal dengan sebutan Wali Songo, yakni Sunan Gresik, Sunan Ampel, Sunan Bonang, Sunan Drajat, Sunan Giri, Sunan Kudus, Sunan Kalijaga, Sunan Muria, dan Sunan Gunung Djati. Untuk lokasi ibadahnya, agama islam mempunyai tempat ibadah yang dinamakan Mesjid.

2. Agama Hindu

Agama di Indonesia lainnya yang sudah dinyatakan keberadaannya sejal lama ialah agama Hindu. Tempat ibadah agama di Indonesia guna agama hindu disebut Pura. Permulaan agama hindu di Indonesia sudah dibuka sekitar 3000 tahun yang lalu. Untuk buku sucinya, agama Hindu memiliki buku suci Weda, dan guna hari rayanya ada 3 hari raya yakni Hari Raya Nyepi, Hari Raya Pagerwesi, dan Hari raya Sagerwesi.

3. Agama Budha

Ragam agama di Indonesia berikutnya ialah agama Budha. Agama ini tergolong ke dalam di antara agama yang dinyatakan di Indonesia dan pun cukup tidak sedikit pengikutnya. Nama buku suci yang dipakai oleh umat Budha ialah Tri Pitaka. Sedangkan untuk lokasi ibadahnya disebut Vihara. Pembawa agama Budha ialah Siddharta Gautama dan permulaan dari eksistensi agama Budha sudah dibuka sejak 2500 tahun lalu. Bagi hari rayanya ada Hari Raya Waisak, Hari Kathina, dan Hari Asadha.

4. Agama Kristen Protestan

Agama Kristen Protestan pun termasuk ke dalam agama yang dinyatakan di Indonesia dan mempunyai jumlah pengikut yang lumayan banyak. Nama buku suci yang dipakai oleh umat Kristen protestan ialah Alkitab. Untuk lokasi ibadahnya, umat Kristen protestan memakai Gereja. Agama Kristen protestan mempunyai hari-hari besar yakni Hari Jumat Agung, Hari Natal, Hari peringatan Yesus Kristus atau Isa Almasih, dan Hari paskah.

5. Agama Katolik

Agama Katolik pun termasuk ke dalam 6 agama di Indonesia yang dinyatakan keberadaannya. Agama Katolik menggunakan buku suci Alkitab dan mempunyai tempat ibadah yang sama dengan Kristen protestan yakni Gereja. Hari besar keagamaan agama katolik pun sama serupa seperti pada hari besar keagamaan dalam agama Kristen protestan.

6. Agama Kong Hu Cu

Agama Kong Hu cu pun termasuk ke dalam agama yang dinyatakan di Indonesia. Nama buku suci yang dipakai oleh agama ini ialah Si Shu Wu Ching. Untuk lokasi ibadahnya disebut Li Tang atau biasa dikenal dengan sebutan Klenteng. Terdapat sejumlah hari besar keagamaannya yakni Cap Go Meh, dan Tahun Baru Imlek.

Penyebaran agama di Indonesia memang sudah semenjak lama dilakukan. Hasil penyebaran di Indonesia tersebut ialah adanya 6 agama yang dinyatakan di Indonesia dengan jumlah pengekor yang beragam. Namun nyaris 80% warga di Indonesia menganut agama Islam.                       

Belum ada Komentar untuk "6 Agama di Indonesia yang Diakui dan Tempat Ibadahnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel