6 Contoh Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris yang Benar

Dunia-Pendidik.Com - Di dalam kehidupan keseharian, pasti tanggal tidak bakal pernah dapat dilepaskan. Fungsi dari tanggal yang utama pasti sebagai penunjuk hari, bulan sampai tahun. Di Indonesia sendiri penulisan tanggal umumnya memakai satu bentuk yakni tanggal, bulan lalu dibuntuti tahun, contohnya saja 17 Agustus 1945. Namun, butuh diketahui andai penulisan tanggal dalam bahasa Inggris mempunyai formatnya sendiri. Format ini juga ternyata juga tidak saja satu.

6 Contoh Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris yang Benar

Format Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris yang Benar

Bahasa Inggris adalahbahasa internasional yang dipakai di ratusan negara dunia. Tidak heran andai pembelajaran bahasa Inggris di Indonesia sendiri sudah dibuka sejak tingkatan mula sekolah. Tak melulu belajar teknik berbicara, tapi teknik menulis tergolong juga teknik penulisan tanggal dalam bahasa Inggris pun harus diketahui.

Contoh Format    Britis: Day – Month – Year    American: Month – Day – Year

Format 1    the Sixteenh of July, 2020    July the Sixteenth, 2020
Format 2    21th July 2020    21th July 2020
Format 3    21 July 2020    July 21, 2020
Format 4    21/7/2020    7/21/2020
Format 5    21/7/20    7/21/20
Format 6    21/07/20    07/21/20

Dalam bahasa Inggris, sebenarnya ada dua bentuk utama guna penulisan tanggal yakni bentuk Bristish dan American. Namun, kedua bentuk itu juga terbagi lagi menjadi sejumlah format dimana dicocokkan dengan destinasi penulisan tanggal itu yaitu:

Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris
  • Format penulisan untuk keperluan formal
Format penulisan tanggal dalam bahasa Inggris yang kesatu ini biasa ditujukan untuk digunakan di sekian banyak  surat resmi contohnya surat undangan, surat dinas dan masih tidak sedikit lagi. Contohnya:

British: The Eleven of November, 2018

American: November the Eleven, 2018
  • Format penulisan secara umum lengkap
Cara mencatat tanggal dalam bahasa Inggris yang satu ini ialah yang sangat sering dipakai untuk kehidupan keseharian. Berikut ini contoh teknik penulisan tanggal dalam bahasa Inggris guna keseharian:

British: 15th February, 2018

American: February 15th, 2018
  • Format penulisan secara umum biasa
Selanjutnya ialah cara penulisan tanggal dalam bahasa Inggris dengan bentuk keseharian biasa. Cara ini serupa dengan teknik kedua tadi, tetapi tidak begitu lengkap sebab tanpa imbuhan st, nd dan th. Format ini pun serupa yang tidak sedikit digunakan di Indonesia. Penulisan tanggal bermunculan dalam bahasa Inggris juga dapat dilakukan dengan bentuk ini. Contohnya:

British: 10 April 2018

American: April 10, 2018
  • Format penulisan guna surat tidak formal dan dokumen tertentu
Berbeda dengan penulisan tanggal dalam bahasa Inggris pada surat formal undangan, seringkali penulisan ini digunakan untuk memo sampai surat yang bersangkutan dengan surat individu dan surat pengumuman yang sifatnya tidak begitu formal. Di samping itu bentuk yang satu ini juga tidak sedikit digunakan guna penulisan tanggal di suatu dokumen baik dokumen sah ataupun tidak. Berikut ini contohnya:

British: 10/5/2018

American: 5/10/2018
  • Format penulisan guna dokumen khusus
Selanjutnya ialah format guna penulisan tanggal dalam bahasa Inggris yang biasa digunakan untuk dokumen secara khusus. Banyak pun yang menggunakan bentuk ini guna penulisan tanggal di surat undangan pernikahan, rapat dan lainnya. Bisa dibilang bentuk ini ialah format pelengkap sampai-sampai memang agak jarang guna digunakan. Contohnya:

British: Monday, Sep 10th 2018

American: Monday, September 10th 2018
  • Format khusus
Ada pun penulisan tanggal dalam bahasa Inggris yang khusus dipakai dalam momen tertentu. Di masing-masing tahun, pasti ada tanggal urgen dan hari khusus. Misalnya ketika hari Natal dan Tahun Baru. Format terakhir ialah dengan langsung melafalkan pada nama harinya saja contohnya Valentine Day, Christmas Day, Eid Mubarak Day dan hari spesial lainnya.

Itulah sejumlah cara penulisan tanggal dalam bahasa Inggris yang butuh Anda ketahui. Kini kita sudah dapat menulis tanggal dalam bahasa Inggris cocok dengan tujuannya secara tepat. Semoga dengan adanya tulisan mengenai penulisan tanggal dalam bahasa inggris diatas dapat memberikan nilai positif untuk rekan teman semuanya. Selamat belajar!

Belum ada Komentar untuk "6 Contoh Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris yang Benar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel