Arti Syafakillah Syafakallah (Lafadz Arab dan Latin) + Jawabannya

Dunia-Pendidik.Com - Mayoritas warga Indonesia mendekap agama Islam. Agama Islam sendiri menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa utamanya menilik agama ini kesatu bermunculan di Jazirah Arab. Tidak heran bila sejumlah kalimat Islami Bahasa Arab pun sering sekali dipergunakan di kehidupan sehari-hari contohnya saja Alhamdulillah, Innalillah dan beda sebagainya. Tak melulu itu, ada pun kalimat syafakillah yang pun sering digunakan. Ternyata, tak tidak sedikit yang mengetahui makna dari kalimat tersebut.

Arti Syafakillah Syafakallah (Lafadz Arab dan Latin) + Jawabannya

Jika terdapat seseorang yang lumayan dekat dengan kita sedang sakit, apa yang biasa kita lakukan? Tentu menjenguk orang tersebut. Biasanya ketika menjenguk orang sakit, maka bakal ada perkataan semoga cepat sembuh atau get well soon dalam bahasa Inggris. Syafakillah dan syafakallah sendiri adalahungkapan ataupun perkataan yang biasa dikatakan orang muslim ketika menjenguk orang yang sakit. Orang tersebut dapat kerabat, tetangga, saudara dan lainnya.

Arti syafakillah dan makna syafakallah sebenarnya sama saja yaitu “Semoga Allah memberi kesembuhan padamu”. Meski artinya sama, namun kedua kalimatnya berbeda, mengapa? Hal ini lantaran kedua kalimat tersebut memang ditujukan untuk destinasi yang berbeda. Dalam bahasa Arab, berkata kepada perempuan dan lelaki mempunyai aturan dan tata bahasa yang berbeda.

Arti dan Penggunaan Syafakillah / Syafakallah yang Benar

    1. شفاك الله (Syafakallah)
    Semoga Allah menyerahkan kesembuhan kepadamu (laki-laki).

    2. شفاك الله (Syafakillah)
    Semoga Allah menyerahkan kesembuhan kepadamu (perempuan).

    3. شفاكم الله (Syafakumullah)
    Semoga Allah menyerahkan kesembuhan untuk kalian (laki-laki).

    4. شفاه الله (Syafahullah)
    Semoga Allah menyerahkan kesembuhan kepadanya (laki-laki).

    5. شفاها الله (Syafahallah)
    Semoga Allah menyerahkan kesembuhan kepadanya (perempuan).

    6. شفاهم الله (Syafahumullah)
    Semoga Allah menyerahkan kesembuhan untuk mereka (laki-laki).

    7. شفاهن الله (Syafahunnallah) Semoga Allah menyerahkan kesembuhan untuk mereka (perempuan)

Hal  ini bertolak belakang dengan bahasa Indonesia yang menyamakan bahasanya sampai-sampai kadang tidak sedikit penutur yang sering bingung untuk memakai kedua kalimat tersebut. Syafakillah digunakan untuk menyerahkan ucapan semoga sembuh andai yang sedang sakit ketika itu ialah wanita. Namun, pada perkataan yang satu lagi ialah ucapan semoga sembuh andai yang saat tersebut sedang sakit ialah laki-laki.

Tentu kita bingung bila diserahkan ucapan demikian. Tapi sebab kini Anda telah tahu makna syafakillah, maka Anda dapat langsung membalas dengan terima kasih atau mengaminkan doa tersebut. Jika hendak menjawabnya dengan bahasa Arab, maka jawaban syafakillah yaitu dengan menyampaikan Syukran yang artinya ialah terima kasih. Anda dapat juga menjawabnya dengan menuliskan Jazakallahu Khairan yang bermakna Semoga Allah membalas anda dengan kebaikan.

Syafakillah ialah ucapan mendoakan antar sesama saat seseorang sedang dalam situasi sakit dan tentunya sedih. Dengan doa tersebut, maka diinginkan jika orang itu akan segera sembuh dan sehat kembali laksana sedia kala. Selain makna syafakillah, tidak sedikit juga publik yang menggali makna dari kalimat syafahullah. Maknanya sebenarnya sama saja yaitu mendoakan kesembuhan. Bedanya andai dua perkataan sebelumnya ialah ditujukan guna orang kedua atau lawan bicara. Namun, andai syafahullah ialah ditujukan guna orang ketiga.

Syafahullah bermakna Semoga Allah memberi kesembuhan untuk dia (laki-laki). Sedangkan andai ucapan tersebut ditujukan guna orang ketiga perempuan, maka menjadi Syafahallah yaitu Semoga Allah memberi kesembuhan untuk dia (perempuan). Dengan mengetahui makna syafakillah dan perkataan kesembuhan lainnya beserta pemakaiannya, maka diinginkan Anda tidak salah lagi saat memberikan perkataan tersebut untuk orang yang sakit cocok dengan tata bahasanya.

Ketika menjenguk orang sakit, Anda pun harus tahu adab dan tata kramanya. Jika menjenguk orang sakit, terdapat baiknya diniatkan yang benar seraya silaturahmi. Di samping itu, andai sudah terdapat kabar bahwa terdapat orang sakit, usahakan disegerakan dalam menjenguk.

Pemilihan waktunya juga harus tepat, tidak boleh sampai saat orang sakit tersebut sedang istirahat, menjalani penyembuhan atau masa-masa sibuknya sebab justru dapat mengganggu. Tanyakanlah kabar dan situasi terkininya saat bertemu. Sebelum pulang, ucapkanlah syafakillah sebagai doa guna kesembuhan pada orang sakit tersebut. Demikian sajian informasi mengenai makna kata syafakillah / syafakallah beserta pemakaian dan jawaban yang benar. Semoga bermanfaat.                       

Belum ada Komentar untuk "Arti Syafakillah Syafakallah (Lafadz Arab dan Latin) + Jawabannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel