Assalamualaikum WR WB : Arti, Makna dan Tulisan Arab Yang Benar

Dunia-Pendidik.Com - Umat islam tidak jarang menyapa saudara, teman, atau keluarga memakai kalimat assalamualaikum. Kebiasaan itu bahkan terbit dengan sendirinya karena dilaksanakan terus masing-masing harinya. Tidak melulu sebagai sapaan saja, ada arti baik yang terdapat didalamnya, yakni saling mendoakan. Dengan begitu, maka friksi dan perasaan tidak senang bisa dihindari. Namun sayangnya, tidak sedikit yang melulu mengucapkan secara lisan dan tidak mengenal betul makna atau maknanya.

Assalamualaikum WR WB : Arti, Makna dan Tulisan Arab Yang Benar

Itulah kenapa, umat islam ketika ini mudah terpecah belah karena rasa persaudaraan yang tidak kokoh. Sudah ketika nya generasi muda dapat semakin menambah ketaqwaan untuk Allah dan pun menjaga kestuan ukhuwah umat islam. Berikut kami kemukakan tulisan assalamualaikum bahasa arab beserta makna dan arti lafadz assalamualaikum.

Tulisan Assalamualaikum (Arab)

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ    
     وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ 
     وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ 

assalamualaikum arab

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Arti Assalamualaikum WR WB yang Benar

Assalamualaikum berasal dari kata alaikum salam yang berarti kedamaian atau kesejahteraan. Sesama muslim mesti saling mengayomi dan mendoakan supaya selalu menemukan rahmat dari Allah. Sejak dulu, umat nabi Muhammad SAW tidak jarang kali diajarkan untuk melakukan baik untuk sesama dengan tidak sedikit cara, di antara yang sangat sederhana ialah mengucapkan  assalamualaikum warrahmatullahi wanarakatuh yang kemudian dijawab dengan waalaikum salam.

Assalamualaikum mempunyai makna yang lumayan mendasar dan bisa mengajarkan seluruh orang untuk tidak jarang kali mendoakan dan tidak membenci satu sama lain. Jadi tidak melulu sekedar sapaan atau bahkan dijadikan kaligrafi artikel arab assalamualaikum yang lantas dipajang guna menguatkan sang pemilik yang patuh kepada doktrin islam. Hanya sebagai identitas saja tidak bakal berarti andai maknanya tidak diresapi dengan baik.

Arti dari kalimat assalamualaikum arab yang biasa ditulis dalam format kaligrafi ataupun latin biasa ialah semoga tidak jarang kali mendapatkan limpahan rahmat dan keselamatan dari Allah. Jadi secara tidak langsung andai Anda menyapa teman memakai kalimat itu dan lantas dijawab, menandakan pemberi dan yang diberi perkataan sama-sama mendoakan. Karena begitu indahnya arti dari kalimat tersebut, tidak sedikit yang menuangkan gagasan kreatifnya kedalam kaligrafi assalamualaikum supaya selalu ingat untuk melakukan baik untuk setiap orang.

Mengucapkan assalamualaikum arab sebenarnya ialah kebiasaan zaman dulu yang gampang dipraktikkan. Tidak melulu saat bertemu dengan kerabat atau rekan saja, saat masuk ke lokasi tinggal ataupun gedung, usahakan mengeja kalimat tersebut. Maksudnya baik, untuk memahami apakah terdapat orang atau tidak andai kondisinya memang sepi pada masa-masa itu.

Menyapa dengan menyampaikan assalamualaikum hukumnya sunnah, jadi bila digarap akan menemukan pahala. Sebaliknya andai tidak dilaksanakan tidak mendapat  dosa. Namun usahakan, sebagai umat muslim yang taat, biasakan urusan itu karena bisa memberikan tidak sedikit pahala untuk Anda. Selain tersebut juga paling bagus guna kehidupan sosial dan mempererat tali persaudaraan. Bukan melulu diucapkan, tidak sedikit juga yang memulai kalimat pada surat maupun undangan menggunakan tulisan assalamualaikum sebagai pendahuluan sekaligus doa.

Makna dan makna assalamualaikum mesti diresapi dalam-dalam supaya manfaatnya dapat terasa dalam kehidupan sehari-hari. Menyikapi masalah perbedaan dalam umat islam yang ketika ini tidak jarang terjadi, hendaklah berkaca pada teladan Rasul. Salah satu kelaziman yang dilaksanakan oleh Nabi Muhammad SAW dan ditularkan untuk umatnya ialah menegur memakai lafal assalamualaikum.

Dalam kalimat itu terkandung makna yang lumayan mendasar yakni berupa doa supaya senantiasa menemukan rahmat dari Allah SAW. Dengan menghayati arti serta artinya, maka dapat menjauhkan kita dari tindakan tercela untuk sesama umat manusia.

Assalamualaikum arab ataupun yang dituliskan dalam bahasa Indonesia adalahkalimat estetis yang tidak hanya bermanfaat sebagai sapaan, melainkan pun doa baik untuk pemberi maupun yang menjawab. Sangat disarankan untuk melakukan kelaziman tersebut sebab manfaatnya cukup tidak sedikit dan menyerahkan pahala untuk si penyapa dan yang disapa.                       

Belum ada Komentar untuk "Assalamualaikum WR WB : Arti, Makna dan Tulisan Arab Yang Benar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel