Barakallah Fii Umrik : Penjelasan Arti, Hukum, dan Penulisan yang Benar

Dunia-Pendidik.Com - Merayakan pesta ulang tahun sebetulnya bukan kelaziman yang diajarkan oleh islam. Boleh bergembira sebagai rasa syukur sebab sudah mencapai tidak sedikit hal di usia ketika ini. Banyak pun yang salah kaprah dengan mengaitkan barakallah fii umrik sebagai perkataan ulang tahun. Padahal andai Anda memahami artinya, kalimat itu berupa doa untuk siapapun supaya mendapatkan berkah. Merayakan pertambahan umur sejatinya bukan urusan yang menggembirakan, sebab mengingatkan kita dengan semakin dekatnya untuk kematian.

Arti dan Tulisan Barakallah Fii Umrik yang Benar adalah :

Memiliki usia yang panjang, bukanlah urusan yang istimewa. Karena sebaik-baiknya umat ialah mereka yang sekitar hidupnya dapat memanfaatkan usianya dengan bermanfaat. Barakallah fii umrik  dengan kata lain semoga diserahkan berkah oleh Allah di umur Anda ketika ini. Jadi bukannya perkataan, tetapi sebuah doa supaya Anda selalu mendapat  berkah. Generasi ketika ini tidak jarang membelokkan makna barakallah fii umrik menjadi perkataan selamat ulang tahun secara islam. Pengetahuan itu harus dibenarkan supaya tidak menyesatkan.

Barakallah Fii Umrik : Penjelasan Arti, Hukum, dan Penulisan yang Benar

Dalam islam, terdapat dua hukum yang mengaku boleh tidaknya merayakan ulang tahun untuk muslim muslimah. Dengan menyampaikan barakallah fii umrik untuk teman atau saudara yang sedang berulang tahun, menandakan bahwa kita mendoakan agar mereka senantiasa dilimpahi berkah oleh Allah. Pengucapannya, sama dengan barakallah fii umrik arab. Dua hukum itu adalah:

  • Bid’ah
Beberapa ulama mengaku bahwa makna barakallah fii umrik bukanlah selamat ulang tahun, tetapi sebuah doa. Bidah adalahsegala sesuatu yang tidak terdapat contohnya saat zaman rasul. Jadi merayakan pesta guna menyambut hari kelahiran tidak pernah dilaksanakan oleh nabi dan pun sahabatnya. Kebiasaan ini muncul sebab pengaruh dari bangsa Eropa. Banyak kyai yang menyarankan pekerjaan ini ditinggalkan sebab tidak bermanfaat.

  • Mubah
Meski makna dari barakallah fii umrik terdapat ucapan-ucapan usia didalamnya, tetapi kalimat itu tidak sesuai dipakai untuk mengindikasikan rasa gembira sebab ada rekan atau saudara yang sedang merayakan pertambahan umur. Mereka yang merayakan ulang tahun seharusnya merasa sedih karena kehidupan yang dijalani bakal berkurang. Momen ini bisa dijadikan ajang penilaian diri untuk menambah kualitas dalam beribadah. Arti barakallah fii umrik paling luas, tidak melulu untuk mereka yang berulang tahun saja.

Banyak pun ulama yang berasumsi merayakan pesta ulang tahun ialah bersifat mubah, yang dengan kata lain dilakukan atau ditinggalkan tidak bakal mendapatkan dosa. Barakallah fii umrik dapat diucapkan untuk siapapun baik yang menemukan kebahagiaan sebab diterima kerja, menikah, wisuda, dan lain-lain. Sebagai muslim yang baik usahakan kita mengetahui dengan kata lain dulu sebelum berucap.

Barakallah fii umrik  guna laki laki pelafalannya sama, jadi isimnya tidak berubah. Isim berada pada unsur umrik. Jadi andai Anda hendak memberikan doa untuk teman laki-laki supaya senantiasa menemukan berkah, sampaikan saja barakallah fii umrik dengan pelafalan yang sama dengan tulisannya.

Sementara guna barakallah fii umrik  guna wanita bermukim ganti saja isimnya menjadi umriki. Jawaban untuk perkataan ini pun sangat simpel yaitu wa fiikum barakallah yang menunjukkan dua-duanya saling mendoakan dan Anda bakal mendapat pahala andai menjawabnya.

Jadi makna barakallah fii umrik bukanlah perkataan selamat ulang tahun dalam versi islam, melainkan ialah bentuk doa supaya mendapatkan berkah dari Allah. Menggelar pesta ulang tahun memang tidak dianjurkan, namun pun tidak dirasakan dosa. Sebaiknya tidak boleh terlalu mewah saat menyelenggarakan acara dan lebih konsentrasi untuk membetulkan diri ke depannya.                       

Belum ada Komentar untuk "Barakallah Fii Umrik : Penjelasan Arti, Hukum, dan Penulisan yang Benar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel