Contoh Teks Prosedur Kompleks, Sederhana dan Strukturnya

Dunia-Pendidik.Com--Ketika tidak mengetahui teknik memasak bakso malang tentunya Anda akan menggali tahu mengenai teks formalitas tentang memasak menu masakan tersebut, baik di internet, buku, majalah dan media lainnya bukan? Ya, sebab teks ini memang berisi mengenai penjelasan tentang detail sebuah proses mulai dari pembuatan, pengerjaan, pengoperasian dan beda sebagainya. Di dalam teks tersebut, ada langkah-langkah yang ditulis secara sistematis dan akurat.

Pengertian teks formalitas kompleks ialah tulisan yang di dalamnya menyatakan mengenai tahapan atau langkah untuk mengerjakan sesuatu. Maksudnya ialah untuk mempermudah orang lain mengerjakan suatu urusan yang barangkali belum pernah dilakukan. Jadi lumrah saja andai teks ini sangatlah diperlukan oleh masyarakat. Dalam bahasa Indonesia, ada tidak sedikit contoh teks formalitas mulai dari resep masakan, tahapan membuat atau mengurus sesuatu. Secara umum teks ini mempunyai sejumlah ciri yaitu informatif, objektif, rinci, akurat dan logis.

Contoh Teks Prosedur Kompleks, Sederhana dan Strukturnya

Sebelum menciptakan tulisan tentang misal teks prosedur, Anda mesti mengetahui struktur teks formalitas terlebih dahulu. Hal ini paling penting supaya Anda dapat membuat teks yang sistematis menurut strukturnya. Di bawah ini ialah struktur dari teks tulisan formalitas yang mesti kita pahami.

1. Bagian kesatu
Bagian kesatu lazimnya ditulis sebagai judul dan berisi mengenai maksud dan destinasi dari penulisan selanjutnya.

2. Bagian kedua
Bagian ini mengandung tentang keperluan alat atau bahan yang dipakai dalam proses. Bisa pun berisi mengenai persiapan barang yang dibutuhkan sebelum melanjutkan ke langkah selanjutnya.

3. Bagian Langkah atau unsur ketiga
Bagian teks formalitas kompleks selanjutnya ialah langkah-langkah yang butuh dilakukan supaya bisa menemukan hasil akhir yang diinginkan.

Untuk lebih jelasnya, di bawah ini ialah contoh teks formalitas yang di dalamnya mengandung tentang teknik membuat masker alami dari susu.
Contoh Teks Prosedur Kompleks :

Cara Membuat Masker Alami dari Susu (bagian kesatu)

Bahan yang digunakan: (bagian kedua)
  • Madu 1 sdm
  • Susu bubuk 2 sdm
  • Perasan jeruk nipis 1 sdm

Cara menciptakan (bagian langkah)
  • Campurkan seluruh bahan sampai merata
  • Oleskan pada seluruh area kulit wajah
  • Biarkan sekitar 15 menit lantas bersihkan dengan air dingin

Bagaimana? misal teks formalitas di atas sudah paling jelas bukan? Di samping berbahasa Indonesia, kita juga dapat membuat teks formalitas bahasa inggris. Tentu saja, struktur teksnya sama sebab yang bertolak belakang hanya bahasannya saja.

Contoh Teks Prosedur Sederhana :
  • Cara Membuat Paspor
Paspor yakni dokumen sah yang di keluarkan oleh petinggi yang berwenang dari satu negara yang berisi kepribadian pemegangnya serta berlaku untuk kerjakan perjalanan antar negara. Bagaimana metodenya mengatur Paspor? Di bawah ini yaitu tahapan mengatur paspor dengan baik serta benar :
  1. Pertama muncul ke kantor imigrasi. Dapat muncul ke kantor imigrasi yang tertera pada KTP anda atau muncul ke kantor imigrasi sangat dekat ;
  2. Lalu kita beli eksemplar isian permintaan, eksemplar isian permintaan sedang di loket yang sudah disiapkan, isi dengan komplit eksemplar isian itu cocok sama dokumen yang kita punyai serta bawalah dokumen yang pribumi ;
  3. Setelah tersebut serahkan eksemplar isian permintaan yang tadi ke loket pencatatan ;
  4. Semudian ambillah sinyal terima serta jadwal photo dan pemungutan sidik jari ;
  5. Jika Anda sudah berfoto serta ambil sidik jari, jadi Anda sampai pada step wawancara dengan tunjukkan dokumen pribumi ;
  6. Sesudah step wawancara telah selesai, tahapan selanjutnya yakni membayar kitab paspor serta di tandatangani kitab paspor dan minta info kapan jadwal pemungutan paspor yang sudah usai
  7. Ketika tanggal yang sudah diputuskan pada mula mulanya, kita dapat hadir sekali lagi guna ambil paspor yang telah jadi. Umumnya kurun masa-masa 1 minggu paspor baru Anda sudah usai serta bisa di ambil.

Contoh Teks Prosedur Singkat :
  • Cara Membuat Nasi Goreng
Nasi goreng yakni satu diantara menu yang paling digemari di Indonesia. Nasi goreng lazimnya dikonsumsi masa-masa sarapan atau santap malam. Nasi goreng dapat di sajikan dengan pelbagai makanan pendamping laksana timun, tomat ataupun kerupuk atau emping. Saat sebelum buat nasi goreng, sediakan dulu sejumlah bahan inilah ini.

Beberapa bahan :
  • 2 piring nasi putih
  • 2 butir telur
  • 3 siung bawang merah serta bawang putih
  • Garam secukupnya
  • Cabai rawit cocok sama selera
  • Minyak goreng
  • Merica
  • Saus tomat/sambal cocok sama selera
  • Bahan pelengkap laksana udang, daging, sosis, bakso, dll

Bagian penyajian :
  • Haluskan bumbu-bumbu utama
  • Sediakan wajan serta panasi minyak secukupnya
  • Masukan bumbu yang sudah dihaluskan serta aduk hingga harum
  • Orak arik telur hingga matang
  • Masukan bahan pelengkap cocok sama selera serta aduk rata hingga matang
  • Masukan nasi putih serta aduk hingga tercampur
  • Imbuhkan saus cocok sama selera
  • Angkat serta sediakan bila nasi goreng telah masak

Dalam menciptakan sebuah teks langkah-langkah (prosedur), Anda pun harus memerhatikan kaidah kebahasaan. Hal ini dilakukan supaya Anda dapat mencatat teks yang pantas disebut sebagai karya tulis berbahasa Indonesia. Berikut ini ialah struktur dan kaidah dalam teks prosedur.
  1. Biasanya, kata kerja yang memuat sebuah perintah akan hadir dalam teks prosedur. Kata kerja imperatif misalnya ialah siapkan, sisihkan, letakkan, sediakan dan beda sebagainya.
  2. Selanjutnya ialah kata-kata yang sifatnya konjungsi. Konjungsi ialah kata sambung ata kata penghubung. Dimana fungsinya ialah untuk menghubungkan antar kalimat dan kata. Contohnya ialah setelahnya, lalu, selanjutnya, kemudian, dan lainnya.
  3. Terdapat pula kata kerja material. Kata kerja ini memuat sebuah tindakan jasmani atau tingkah laku yang dilaksanakan oleh seseorang yang beraksi sebagai partisipan. Partisipan ini seringkali tidak diperlihatkan secara khusus.

Bagaimana? Kini Anda mengetahui apa yang dimaksud dengan teks prosedur, struktur, kaidah dan misal teks formalitas bukan? Demikianlah pembahasan kali ini, semoga dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan Anda mengenai bahasa Indonesia.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Teks Prosedur Kompleks, Sederhana dan Strukturnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel