Jumlah Provinsi di Indonesia Beserta Nama Nama Provinsi Baru

Dunia-Pendidik.Com - Ibu pertiwi tersayang adalahnegara yang amat besar dengan sumber daya alam nan melimpah. Tak heran andai Indonesia dikenal masyarakat semua dunia. Indonesia sendiri dipecah dalam sejumlah wilayah dimana jumlah provinsi di Indonesia berjumlah 34. Provinsi sendiri adalahsuatu distrik teritorial yang dipimpin pejabat dari pemerintahan. Pemimpin 34 provinsi di Indonesia dinamakan dengan Gubernur yang membawahi setiap wilayahnya sendiri.

Jumlah Provinsi di Indonesia Beserta Nama Nama Provinsi Baru

Sejarah Perkembangan Jumlah Provinsi di Indonesia :

Sebelum memahami nama provinsi di Indonesia, terdapat baiknya mengingat sejarah terlebih dulu. Saat Indonesia memproklamasikan kebebasan pada 1945, jumlah provinsi di Indonesia melulu ada 8 provinsi saja. Provinsi itu yakni Provinsi Sumatera, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Sunda Kecil, Provinsi Kalimantan, Provinsi Sulawesi dan Provinsi Maluku.

Provinsi di Indonesia

Tahun 1949 dimana Hasil Konferensi Meja Bundar ketika di Den Haag mengaku Belanda telah mengakui Indonesia dan terbagi menjadi 15 negara unsur serta 1 Republik Indonesia. Namun sejumlah bulan kemudian, 15 negara bagian tersebut akhirnya menggabungkan diri kemudian menjadi satu Republik Indonesia. Pada 17 Agustus 1950 Indonesia pulang lagi menjadi negara Kesatuan.

Para pelajar sampai ketika ini seringkali bingung mengenai berapa jumlah pribumi provinsi di Indonesia. Ada yang mengaku 33, terdapat yang mengucapkan 34 dan bahkan 36 provinsi. Informasi yang terdapat memang seringkali rancu sampai-sampai membingungkan. Sebelum mengetahui susunan provinsi di Indonesia, terdapat baiknya mengetahui pun perkembangan jumlah provinsi dari sejarahnya inilah ini:
  1. Tahun 1959 sampai 1966 di Era Demokrasi Terpimpin, total jumlah provinsi di Indonesia ketika itu ialah 24 provinsi.
  2. Tahun 1966 sampai 1998 di Era Orde Baru, total provinsi di Indonesia ketika itu ialah 27 provinsi dimana terdapat pemekaran wilayah.
  3. Tahun 1999 sampai saat ini, total jumlah provinsi di Indonesia ialah 34 provinsi. Ada sejumlah provinsi baru yang hadir sejak Era Orde Baru berakhir.
Jika menyaksikan dari perkembangannya, maka provinsi-provinsi baru di Indonesia memang berlahiran seiring dengan pemerintahannya yang pun berkembang. Jadi, andai nantinya terdapat pertanyaan mengenai jumlah dari provinsi di Indonesia, maka tidak boleh bingung lagi sebab jawabannya telah jelas yaitu 34 provinsi. Berikut ini nama nama provinsi di Indonesia yang mesti kita tahu.

Jumlah Provinsi di Indonesia Tahun 2018 :
  1. Pulau Maluku dan Papua terdapat 4 provinsi yakni Provinsi Papua Barat, Provinsi Papua, Provinsi Maluku Utara serta Provinsi Maluku.
  2. Pulau Sulawesi terdapat 6 provinsi yakni Provinsi Sulawesi Selatan, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah serta Sulawesi Utara.
  3. Pulau Kalimantan terdapat 5 provinsi yakni Provinsi Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, serta Kalimantan Selatan.
  4. Pulau Nusa Tenggara terdapat 2 provinsi yakni Provinsi NTT dan Provinsi NTB.
  5. Pulau Jawa dan Bali terdapat 7 provinsi yakni Provinsi Bali, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Provinsi Banten, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah, serta Provinsi DKI Jakarta.
  6. Pulau Sumatera terdapat 10 provinsi yakni Provinsi Lampung, Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Barat, Sumatera Utara serta NAD.

Dari semua provinsi di Indonesia, gelar provinsi termuda di Indonesia ialah Provinsi Kalimantan Utara, Provinsi Kalimantan Utara ini menjadi provinsi yang ke-34 di Indonesia dan bermunculan pada 25 Oktober 2012. Provinsi ini langsung berbatasan dengan negara Malaysia dan beribukota di Tanjung Selor. Sekian informasi tentang jumlah provinsi di Indonesia dan ibukota nya, Semoga bermanfaat!                       

Belum ada Komentar untuk "Jumlah Provinsi di Indonesia Beserta Nama Nama Provinsi Baru"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel