Lingkungan Hidup – Pengertian, Kerusakan, dan Pelestariannya

Dunia-Pendidik.Com - Secara umum, definisi lingkungan ialah semua urusan yang terdapat di sekeliling insan dan memprovokasi kehidupannya baik secara langsung maupun tidak langsung yang dipisahkan menjadi dua yaitu biotik dan abiotik. Biotik ialah makhluk hidup laksana kebun di sekolah, ibu dan bapak guru, orang tua, rekan sekolah, hewan, tanaman dan makhluk hidup lainnya. Sedangkan yang dimaksud dengan abiotik ialah meja, papa tulis, udara, tanah, batuan, mineral, kursi dan benda mati lainnya. Lantas apa yang dimaksud dengan lingkungan hidup? Inilah keterangan lengkapnya.

Kerusakan dan Pelestarian Lingkungan Hidup

Pengertian lingkungan hidup ialah akumulasi dari seluruh interaksi yang melibatkan sekian banyak  faktor biotik dan abiotik mencakup semua daya, benda, makhluk hidup, keadaan, insan sekaligus perilakunya yang memprovokasi kesejahteraan serta kehidupan manusia bareng dengan makhluk hidup lainnya.

Lingkungan alam sendiri terdiri dari sejumlah unsur yakni bagian hayati (Biotik), bagian sosial kebiasaan dan unsur jasmani (Abiotik). Seiring dengan berjalannya waktu, kehancuran lingkungan hidup telah menjadi fenomena sosial dan gejala yang paling mengkhawatirkan. Bisa disaksikan sekarang ini bahwa kehancuran terjadi dimana-mana baik di perairan, daratan hingga dengan atmosfer bumi. Kerusakan yang terjadi pada alam tentunya bakal memberikan akibat yang besar dalam kehidupan manusia.

Lingkungan Hidup – Pengertian, Kerusakan, dan Pelestariannya

Anda pun harus tahu bahwa masalah yang tidak jarang kali dan sampai ketika ini dirasakan oleh seluruh negara di dunia ialah pencemaran. Berdasarkan UU No 23 (1997), perusakan lingkungan ialah dimasukkannya atau masuknya energi, zat, makhluk hidup, dan lainnya ke dalam sebuah lingkungan oleh pekerjaan manusia. Akibatnya ialah adanya penurunan kualitas sampai pada tingkat tertentu yang menciptakan lingkungan hidup tidak dapat bermanfaat sebagaimana peruntukkannya. Ada dua hal yang dapat menyebabkan adanya kehancuran ini, yakni hal manusia dan hal alam. Berikut ini ialah penjelasannya.

Faktor Penyebab Kerusakan Alam :

1. Faktor manusia
Dalam urusan ini, insan mempunyai peranan yang paling besar atas terjadinya kehancuran Lingkungan. Memang, tidak sedikit kemajuan dan perkembangan dari sisi teknologi yang dibuat oleh manusia. Sayangnya pertumbuhan tersebut malah memberikan akibat yang buruk terhadap alam.

Beberapa format kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh insan diantaranya ialah terjadinya banjir dampak buang sampah sembarangan, sistem saluran yang buruk dan beda sebagainya. Terjadinya perusakan baik perusakan air, udara, suara dan tanah dampak banyaknya industri pun membuat alam menjadi rusak.

Hutan yang gundul, kebakaran hutan, pemburuan liar, serta pemerasan sumber daya alam dengan berlebihan pun merupakan sejumlah kerusakan yang diakibatkan karena hal manusia. Saking banyaknya kehancuran karena hal manusia, tidak mencengangkan jika tidak sedikit pula tulisan lingkungan hidup yang menjabarkan tentang gejala ini.

2. Faktor alam
Kerusakan lingkungan karena hal alam sejumlah diantaranya ialah letusan gunung berapi, tsunami, gempa bumi, tanah longsor dan beda sebagainya. Dimana kegiatan alam tersebut dapat menimbulkan kehancuran seperti merobohkan bangunan, membahayakan penerbangan, merusak areal perkebunan dan pertanian dan beda sebagainya.

Untuk menanggulangi kehancuran lingkungan tersebut, ada tidak sedikit sekali upaya pelestarian lingkungan hidup yang dapat dilakukan. Pada dasarnya, upaya ini mesti dilaksanakan dengan kerjasama yang baik antara masyarakat dengan pemerintah. Gambar lingkungan alam yang semakin bobrok dari masa-masa ke masa-masa memang memaksa insan untuk menanggulanginya sesegera mungkin.

Upaya yang dapat dilakukan diantaranya ialah pelestarian tanah seperti menyelenggarakan reboisasi (penghijauan kembali), pembangunan terasering, penanaman pohon di dekat rumah, menghindari pemakaian gas kimia, larangan penebasan hutan liar, reklamasi pantai, dan masih tidak sedikit yang lainnya. Sekian informasi tentang lingkungan hidup, semoga bermanfaat!                       

Belum ada Komentar untuk "Lingkungan Hidup – Pengertian, Kerusakan, dan Pelestariannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel