Materi Pembelahan Sel Mitosis dan Meiosis

Dunia-Pendidik.Com - Tubuh insan tersusun dari berjuta sel yang terus merasakan perkembangan. Sel yang berkembang biak dengan membelah diri, mempunyai dua macam teknik pembelahan, yakni mitosis dan meiosis. Apa sebetulnya perbedaan antara pembelahan mitosis dan meiosis tersebut? Bagi mempermudah kamu dalam mempelajari langkah dan perbedaan pada pembelahan mitosis dan pembelahan meiosis, inilah ini ialah penjelasannya.

Pengertian Pembelahan Mitosis dan Meiosis

Sel mempunyai dua teknik reproduksi, yakni pembelahan sel mitosis dan meiosis. Kedua teknik reproduksi ini terjadi pada jenis sel yang bertolak belakang di dalam tubuh. Untuk mengetahui tentang reproduksi sel ini, urusan kesatu yang mesti diketahui ialah pengertian dari kedua teknik reproduksi ini. Perbedaan pembelahan mitosis dan meiosis yang kesatu dapat dilihat dari pengertiannya.


Materi Pembelahan Sel Mitosis dan Meiosis

Pembelahan mitosis ialah pembelahan sel yang menghasilkan dua buah sel anakan yang secara genetis serupa. Artinya, rangkaian genetik kedua sel itu sama dengan rangkaian sel induknya. Sedangkan pembelahan meiosis ialah pembelahan yang dapat menghasilkan 4 sel anakan dari sel diploid sebagai induknya. Hasilnya, masing-masing sel anakan melulu mempunyai separuh kromosom dari sel induknya.


Perbedaan Pembelahan Mitosis dan Meiosis

Selain definisi yang sudah dilafalkan di atas, yang pun sudah merangkum jumlah anakan yang dihasilkan, antara pembelahan mitosis dan meiosis pun mempunyai perbedaan lain. Perbedaan tersebut antara beda sebagai berikut.



  • Tujuan Pembelahan
Hal kesatu yang memisahkan pembelahan sel mitosis dan meiosis ialah tujuan pembelahannya. Pembelahan mitosis bertujuan untuk perkembangan suatu pribadi atau makhluk hidup. Sedangkan pembelahan meiosis dilaksanakan untuk mempertahankan eksistensi diploid yang terdapat di dalam tubuh sebuah organisme.


  • Organisme yang Mengalami
Perbedaan antara pembelahan mitosis dan meiosis selanjutnya ialah tempat dimana pembelahan tersebut terjadi dan pada organisme apa saja pembelahan tersebut terjadi. Pembelahan sel mitosis terjadi di sel romantik dan di lokasi yang mempunyai jaringan meristem. Karena itu, pembelahan ini seringkali terjadi pada seluruh organisme tanpa terkecuali. Berbeda dengan pembelahan meiosis yang melulu terjadi pada manusia, hewan, tanaman dan jamur.


  • Sifat Sel Anakan
Hal selanjutnya yang memisahkan antara pembelahan mitosis dan meiosis ialah sifat sel anakan yang dihasilkan. Baik pembelahan sel mitosis maupun pembelahan meosis mempunyai perbedaan pada jumlah sel yang dihasilkan. Di samping jumlah sel anaknya, perbedaan juga dapat dilihat dari sifat sel anaknya. Pada pembelahan sel meiosis, sel anak yang didapatkan mempunyai sifat haploid (n). Hal bertolak belakang berlaku pada pembelahan mitosis yang menghasilkan sel anak mempunyai sifat diploid (2n).


  • Tahap Pembelahan
Perbedaan selanjutnya terdapat pada etape yang mesti dilalui. Tahapan pembelahan mitosis ingin lebih singkat dikomparasikan dengan etape pembelahan meiosis. Tahap-tahap pembelahannya juga lumayan berbeda, dimana pada pembelahan mitosis, terjadi fase prometaphase yang tidak terjadi di pembelahan meiosis. Sedangkan pada pembelahan meiosis, masing-masing fase terjadi sejumlah dua kali.

Proses pertumbuhan pada makhluk hidup tidak semata-mata terjadi laksana yang lazimnya dilihat. Sebelum merasakan proses perkembangan yang umum diketahui, perkembangan lebih dahulu terjadi pada unsur terkecil pada suatu pribadi atau organisme, yakni sel. Pada sel, proses pertumbuhannya dilangsungkan melalui langkah yang dinamakan dengan pembelahan.

Sistem pembelahan pada sel pun terjadi melewati dua cara, yakni pembelahan mitosis dan pembelahan meiosis. Kedua pembelahan ini memiliki ciri khas dan perbedaan yang memisahkan kedua teknik pembelahan tersebut. Beberapa poin di atas ialah perbedaan yang memisahkan antara pembelahan meiosis dan mitosis. Untuk memahami tentang perbedaan antara keduanya, Anda dapat menyimak gambar pembelahan mitosis maupun meiosis yang bakal memberikan penjelasan lebih lengkap.                       

Belum ada Komentar untuk "Materi Pembelahan Sel Mitosis dan Meiosis "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel