PENCEMARAN UDARA – Pengertian, Penyebab, Dampak Polusi Udara

Dunia-Pendidik.Com - Seperti yang anda ketahui bersama, udara adalah elemen urgen dalam kehidupan manusia. Jika tidak terdapat udara, maka hewan, insan dan tanaman tidak akan dapat hidup. Melihat alangkah besarnya peran udara guna kehidupan insan tentu mewajibkan setiap insan untuk selalu mengawal kebersihannya. Udara yang ternoda akan memberikan akibat yang buruk terhadap makhluk hidup dan lingkungan.

Pengertian Pencemaran Udara :

Pengertian perusakan udara ialah adanya satu substansi atau lebih baik kimia, biologi ataupun kimia di atmosfer pada jumlah yang dapat memberikan akibat negatif dan riskan untuk kesehatan manusia, tanaman dan fauna serta merusak properti atau mengganggu kenyamanan. Pencemaran udara dapat ditimbulkan dari pekerjaan manusia ataupun sumber alami. Bagi lebih jelasnya, inilah ini ialah informasi tentang penyebab dan akibat dari adanya polusi di udara.

Polusi udara ialah hal yang mesti diwaspadai oleh manusia. Ketika udara di dekat Anda telah tidak murni lagi sehingga mengakibatkan bau atau rasa sesak di dada, maka dapat dipastikan bahwa udara tersebut sudah tercemar.

PENCEMARAN UDARA – Pengertian, Penyebab, Dampak Polusi Udara

Hal ini pasti saja sangat riskan untuk paru-paru Anda sebab menghirup udara yang kotor. Gambar perusakan udara di bumi ketika ini memang paling mengkhawatirkan. Saking mencemaskannya, ada sejumlah negara di dunia yang bahkan memasarkan belikan udara bersih. Lantas, apa saja hal-hal yang mengakibatkan pencemaran udara? Berikut ini ialah beberapa diantaranya.

Penyebab Pencemaran Udara :
1. Kegiatan Industri
Di zaman canggih saat ini, industri telah menjelma menjadi icon yang erat kaitannya dengan kehidupan manusia. Ada tidak sedikit sekali industri di dunia yang berperan dalam mengotori atmosfer mulai dari industri obat-obatan, makanan, pakaian, perlengkapan rumah tangga dan beda sebagainya. Meskipun industri dapat menambah nilai ekonomi sebuah negara, faktanya masih tidak sedikit industri yang mempunyai cerobong asap pabrik. Asap itulah yang menyerahkan efek paling buruk terhadap udara. Zat-zat riskan yang digunakan selama proses industri bakal naik ke udara dan merusaknya.

2. Padatnya Lalu lintas
Penyebab perusakan udara selanjutnya ialah kepadatan kemudian lintas. Asap kendaraan baik motor ataupun mobil dapat mengakibatkan munculnya polusi udara. Hal ini disebabkan bahan bakar kendaraan yang bisa menghasilkan hidrokarbon dampak pembakaran yang tidak sempurna. Zat berikut yang sekitar ini mencemari udara.

3. Letusan gunung berapi
Udara juga dapat tercemar dampak letusan gunung berapi. Gas-gas yang terbit dari Gunung berapi saat meletuslah yang mengakibatkan udara menjadi kotor atau berpolusi.

4. Pembangkit listrik
Pencemaran udara juga dapat dikarenakan pemakaian listrik. Perlu diketahui bahwa pembangkit listrik yang masih konvensional menggunakan gas, minyak dan batu bara guna pengoperasiannya. Proses pembangkit listrik seringkali menghasilkan pembakaran yang tidak sempurna. Hal berikut yang menciptakan gas-gas riskan dari proses pembangkit listrik itu terbuang ke atmosfer dan merusaknya.

Dampak Pencemaran Udara :

Umumnya, polusi di angkasa memang diakibatkan oleh kegiatan manusia yang tidak memerhatikan lingkungan sehingga mengakibatkan pencemaran. Ada tidak sedikit sekali akibat pencemaran udara terhadap insan yakni memunculkan penyakit batuk, gangguan pernafasan, mengganggu kesehatan kulit, dan mengganggu pandangan. Bagi lingkungan, udara yang ternoda juga dapat menyebabkan hujan asam, mengganggu perkembangan tanaman, merangsang pemanasan global, dan beda sebagainya.

Agar dampak-dampak perusakan udara maupun polusi udara tersebut dapat diminimalisir, ada sejumlah upaya yang dapat dilakukan. Salah satunya ialah mengubah pembangkit listrik konvensional dengan pembangkit listrik teranyar yang memakai sinar matahari atau pilihan energi lain. Di samping itu, pabrik industri juga dapat memasang filter eksklusif yang bisa menyaring asap dengan maksimal sehingga ketika dikeluarkan, asap dalam situasi yang aman. Mengurangi pemakaian kendaraan baik mobil ataupun motor juga dapat membantu meminimalisir jumlah polusi udara.                       

Belum ada Komentar untuk "PENCEMARAN UDARA – Pengertian, Penyebab, Dampak Polusi Udara"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel