Pengertian Akuntansi Beserta Konsep Siklus Akuntansi Lengkap

Dunia-Pendidik.Com - Definisi atau definisi akuntansi sebenarnya dipungut dari kata Accountancy atau Accounting yang dengan kata lain Akuntansi ialah suatu proses atau kegiatan dalam mengidentifikasi, menganalisis, mencatat, mengklasifikasi, menyajikan dan mengubah data yang sehubungan dengan transaksi atau finansial supaya dapat lebih dimengerti sehingga dapat digunakan untuk memungut keputusan. Sedangkan bila disaksikan dari wikipedia, artinya ialah penjabaran, pemberian kepastian dan penjabaran berhubungan dengan informasi yang bakal sangat menolong para investor, manajer, otoritas pajak, serta pembuat keputusan lainnya untuk merangkai alokasi sumber daya di dalam organisasi, lembaga pemerintah dan perusahaan.

Memahami siklus akuntansi dan sejarah perkembangannya. Pengertian akuntansi diterangkan oleh Suparwoto L (1990) yakni suatu keterampilan atau sistem yang dipakai untuk mengukur sekaligus mengelola transaksi keuangan. Kegiatan ini pun dapat menyerahkan hasil pengelolaan dalam format data informasi yang jelas untuk pihak ekstern dan intern perusahaan. Pihak ekstern mencakup kreditur pemerintah, lembaga perpajakan, serikat buruh dan masyarakat umum. Sedangkan pihak intern ialah orang-orang yang masih menjadi unsur dalam perusahaan tersebut.

Pengertian Akuntansi Beserta Konsep Siklus Akuntansi Lengkap

Warren dkk (2005) berasumsi bahwa akuntansi ialah sistem informasi yang bermanfaat untuk menghasilkan laporan akurat untuk pihak-pihak yang memungut keputusan atau berkepentingan berhubungan dengan kegiatan ekonomi serta situasi ekonomi perusahaan. Dalam kegiatan pelaporan, Anda bakal menjumpai siklus akuntansi yaitu satu periode sebuah pendaftaran pembukuan data keuangan. Pencatatan ini dibuka dari data jurnal dan diselesaikan dengan laporan keuangan. Siklus ini pun dikenal sebagai kelompok atau langkah dalam proses pendaftaran serta pemrosesan transaksi dan finansial di sebuah perusahaan.

Perlu kita ketahui bahwa siklus akuntansi adalahurutan pekerjaan yang dipakai untuk menulis dan mengidentifikasi transaksi finansial dalam sebuah bisnis. Kegiatan transaksi itu akan dirangkum dan diterangkan secara mendetail pada masing-masing akhir periode penciptaan laporan keuangan. Banyak pula yang menuliskan bahwa siklus ini ialah siklus pembukuan.

Pada dasarnya, akuntansi siklus atau siklus akuntansi ini dipisahkan menjadi 3 tahapan. Tahapan kesatu ialah proses pendaftaran serta penggolongan. Untuk dapat memulai langkah ini, pasti saja Anda memerlukan data yang akuntable dan otentik. Oleh karena itu, langkah ini mewajibkan para akuntan untuk menulis semua transaksi keuangan. Pencatatan yang apik dan detail tentunya akan mempermudah Anda untuk mengerjakan analisis arus kas perusahaan.

Tahapan pendaftaran tersebut seringkali akan diajarkan pada akuntansi dasar. Tahapan kedua ialah peringkasan laporan keuangan. Ringkasan laporan ini diciptakan setelah seluruh data di langkah kesatu tersusun dan terdaftar dengan baik. Semakin jelas dan ringkas laporan yang diciptakan maka bakal semakin gampang pula Anda dapat melakukan analisis data. Tahapan siklus pembukuan atau akuntansi yang ketiga ialah laporan keuangan. Tahapan terakhir ini mencakup laporan neraca, laporan evolusi modal, laporan rugi laba, laporan arus kas, dan laporan ekstra tentang informasi rinci keuangan. Dalam ilmu pendahuluan akuntansi, akan diterangkan lebih detail berhubungan dengan penyusunan laporan finansial dari mula hingga akhir.

Sejarah akuntansi berawal dari adanya daftar kuno mengenai transaksi yang ditemukan di Yunani Kuno, Mesie, dan Babilonia pada tahun 3600 SM. Catatan transaksi ini ditulis di atas kulit kayu, batu, daun dan lainnya. Sebab masa tersebut belum ditemukan kertas. Pencatatan transaksi jaman dulu semakin gampang dengan timbulnya angka desimal dari bahasa Arab. Kemudian, di Italia familiar Double Entry System atau sistem pembukuan ganda yang semakin mempermudah masyarakat untuk menciptakan laporan transaksi.

Sistem ini dikembangkan secara langsung oleh semua pedagang yang terdapat di Venesia. Pada tahun 1494, seorang matematikawan menulis kitab tentang pembukuan. Buku ini familiar dan menyebar sampai Eropa Barat. Mulai dari situlah Amerika mengembangkan pembukuan dengan istilah accounting. Sejak itulah akuntansi dikenal oleh tidak sedikit negara, tergolong Indonesia. Sekian informasi tentang pengertian akuntansi beserta siklus akuntansi menyeluruh yang dapat kami ulas, semoga bermanfaat.                       

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Akuntansi Beserta Konsep Siklus Akuntansi Lengkap"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel