Pengertian Analisis / Analisa Berdasarkan keterangan dari Para Ahli dan Contohnya

Dunia-Pendidik.Com - Secara umum, analisa dipungut dari kata “ana” dan “Luein” yang artinya ialah kembali dan melepas. Kedua suku kata tersebut dipungut dari bahasa Yunani Kuno. Secara umum, Analisis artinya ialah usaha yang dilaksanakan untuk meneliti benda atau sebuah hal dengan merangkai komponen pembentuknya atau menguraikan komponen tersebut supaya bisa dikaji dengan rinci. Kata analisa identik dengan ilmu sosial, ilmu alam, ilmu bahasa yang tergabung dalam bidang ilmu pengetahuan.

Pengertian Analisis / Analisa Berdasarkan keterangan dari Para Ahli dan Contohnya

Semua urusan dalam kehidupan bisa dianalisa oleh manusia. Yang memisahkan hanyalah cara dan teknik menganalisanya. Metode yang digunakan untuk menganalisa sebuah hal dikenal dengan nama cara ilmiah. Ada banyak berpengalaman yang menyerahkan penjelasan mengenai analisa. Berikut ini ialah beberapa definisi analisis menurut keterangan dari para ahli.

Pengertian Analisis Berdasarkan keterangan dari Para Ahli :
1. Gorys Keraf
Gorys berasumsi bahwa analisis ialah proses yang dilaksanakan untuk memecahkan sebuah hal ke dalam bagian-bagian urgen yang sebetulnya saling sehubungan dan terhubung satu sama lain.

2. Harahap (20014)
Harahap menyatakan bahwa analisa ialah kegiatan menguraikan atau memecahkan sebuah unit menjadi unit terkecil yang terbagi-bagi.

3. Komaruddin (2001)
Berdasarkan keterangan dari Komaruddin, analisa atau analisis ialah suatu pekerjaan atau proses berfikir guna membagi dan menguraikan sesuatu secara borongan menjadi unsur dari komponen yang bertolak belakang sehingga firasat dan ciri dari masing-masing komponen dapat dikenal, dan dihubungkan satu sama lainnya. Masing-masing komponen memiliki faedah yang bertolak belakang dan bila dibulatkan menjadi satu borongan yang saling terpadu.

4. KBBI
Jika disaksikan dari KBBI, Analisis ialah proses pengurai dan penelaahan sebuah pokok yang saling berhubungan supaya bisa menemukan pemahaman yang tepat dan definisi secara keseluruhan.

5. Hanif AL Fatta
Pengertian analisa juga ditetapkan oleh Hanif AL Fatta. Menurutnya, analisa adalahtahap mula yang dilaksanakan untuk pengembangan sistem. Tahapan ini sangat mendasar sehingga paling menilai kualitas dari pengembangan sistem informasi yang tengah dilakukan.

6. Minto Rahayu
Minto Rahayu berasumsi bahwa analisa adalahsuatu teknik untuk membagi suatu atau sebuah subjek menjadi komponen-komponen. Dalam urusan ini, analisa dengan kata lain menanggalkan, menguraikan dan mencungkil sesuatu urusan yang pada hakikatnya saling terbelenggu padu.

7. Rifka Julianty
Pengertian analisis juga diajukan oleh Rifka Julianty. Ia berasumsi bahwa analisis adalahsuatu proses penguraian pokok berhubungan dengan bagiannya. Bagian ini lantas ditelaah dan saling dihubungkan supaya mendapatkan definisi dan pemahaman yang tepat secara keseluruhan.

Dari sejumlah penjelasan yang diserahkan oleh semua ahli, diketahui bahwa definisi analisis ialah sebuah aktivitas, proses dan pekerjaan yang saling terhubung guna memecahkan sebuah komponen atau permasalahan supaya lebih detail lantas digabungkan pulang supaya dapat ditarik benang merah yang tepat.

Kegiatan analisa ini salah satunya ialah merangkum informasi atau data mentah supaya bisa diubah da diperlihatkan sebagai informasi yang bisa dipertanggungjawabkan dan layak dikatakan kepada orang banyak. Dalam menganalisis, cerminan pola-pola yang terdapat di dalam data mesti konsisten. Dengan begitu, hasil analisa bisa diterjemahkan dan dipelajari dengan mudah, bermakna dan singkat.

Dalam dunia akuntansi, Analisis ialah suatu pekerjaan yang dilaksanakan untuk mengevaluasi situasi dari hal-hal yang sehubungan dengan pembukuan atau akuntansi serta perbedaan yang hadir di dalamnya. Analisa juga ditafsirkan sebagai proses investigasi yang dilaksanakan pada sebuah peristiwa. Tujuannya ialah khalayak dapat memahami dan memahami suasana atau masalah yang terjadi. Demikianlah ulasan tentang pengertian analisis menurut pendapat semua ahli, semoga bermanfaat.                       

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Analisis / Analisa Berdasarkan keterangan dari Para Ahli dan Contohnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel