Pengertian Bahasa Beserta Fungsi Bahasa Indonesia

Dunia-Pendidik.Com - Sebagai makhluk sosial, insan harus mengerjakan interaksi dengan sesama insan lainnya. Hal ini dilakukan supaya eksistensinya dapat diakui. Untuk dapat melakukan interaksi, insan memerlukan sarana, media atau perangkat berupa Bahasa. Secara umum bahasa ialah suatu perangkat komunikasi berbentuk sistem emblem bunyi atau suara yang dikeluarkan oleh perangkat ucap manusia. Alat komunikasi ini terdiri dari kelompok kata atau kata-kata.

Pengertian Bahasa Beserta Fungsi Bahasa Indonesia

Setiap katanya berisi makna yakni hubungan antara kata yang menjadi emblem konsep atau objek lantas diwakilkan oleh kosakata atau kumpulan tersebut sendiri. Ahli bahasa lantas menyusun ucapan-ucapan tersebut menurut keterangan dari huruf atau alfabetis dengan disertai keterangan dan artinya. Kumpulan ucapan-ucapan kemudian dibukukan menjadi kamus. Lalu apa sebenarnya definisi bahasa ?

Pengertian  Bahasa Hakikat dan Fungsi Bahasa Indonesia

Ada tidak sedikit pengertian bahasa menurut keterangan dari para ahli. Salah satunya definisi bahasa ialah  sistem bunyi yang mempunyai makna dan dipakai oleh kumpulan manusia guna berkomunikasi Harimurti Kridalaksana (1985). Kemudian, definisi bahasa lainnya juga diterangkan oleh Carol (1961) yaitu bahas ialah urutan bunyi atau sistem bunyi vokal yang diubah secara struktur sehingga dapat digunakan oleh kumpulan manusia guna berkomunikasi dalam komunikasi internasional secara lengkap. Sistem bunyi ini juga dapat dipakai guna mengungkapkan sebuah proses dan peristiwa yang terjadi di dekat manusia.

Finoechiaro (1964) pun mengemukakan pendapatnya tentang definisi bahasa indonesia yakni sistem dari simbol vokal yang memungkinkan seluruh orang yang terdapat di dalam sebuah kebudayaan mempelajari kebudayaan itu sekaligus berinteraksi dan berkomunikasi. Sementara H.G. Brown (1987) mengaku bahwa definisi bahasa ialah sistem komunikasi dengan memanfaatkan bunyi yang dikeluarkan atau dibacakan melalui perangkat pengucap lantas didengar oleh anggota-anggota dalam masyarakat. Sistem komunikasi ini menggunakan pemrosesan simbol-simbol vokal yang mempunyai makna konvensional arbitrer.

Hakikat dari definisi bahasa pada dasarnya mempunyai sifat yang hakiki yaitu adalahsebuah sistem, berwujud lambang, berupa bunyi, bermakna, dan mempunyai sifat arbitrer. Hakikat bahasa pun harus mempunyai sifat konvensional, unik, produktif, universal, dinamis, bervariasi dan pastinya manusiawi.

Jika disaksikan secara umum, Bahasa memiliki sejumlah fungsi. Salah satu fungsinya ialah sebagai perangkat komunikasi yang dapat mencetuskan sebuah perasaan sampai-sampai sesama manusia dapat melakukan kerjasama. Seperti yang diketahui bahwa komunikasi ialah akibat dari ekspresi diri manusia. Saat komunikasi tersebut diajukan dengan ucapan-ucapan yang sistematis dan gampang dimengerti, maka pendengar dapat mengetahui maksud dari tujuan percakapan tersebut.

Fungsi lainnya ialah untuk mengungkapkan perasaan. Daftar kata yang dibacakan dapat mengindikasikan maksud, gambaran, perasaan dan usulan pembicaranya. Fungsi selanjutnya ialah sebagai perangkat kontrol Sosial. Rangkaian kata dalam bahasa biasanya diterapkan pada pekerjaan sosial insan mulai dari ceramah agama, buku-buku pelajaran, diskusi, orasi ilmiah, dan beda sebagainya.

Di Indonesia sendiri, masyarakatnya memakai bahasa Indonesia. Kedudukan bahasa Indonesia ini tercantum dalam Sumpah Pemuda yang diajukan pada tanggal 28 Oktober 1928. Isi dari Sumpah Pemuda menyatakan dan menegaskan bahwa Bahasa Indonesia adalahBahasa Persatuan Bangsa. Pada dasarnya, faedah bahasa indonesia ialah sebagai bahasa nasional yang menjadi kehormatan hati dan identitas nasional.

Fungsi bahasa indonesia lainnya ialah sebagai perangkat pemersatu masyarakat di Indonesia yang mempunyai latar belakang budaya, sosial dan bahasa yang berbagai macam. Bahasa Indonesia juga bermanfaat sebagai bahasa sah negara dalam menjalin hubungan tingkat nasional dan pengembangan kebudayaan serta pemanfaatan teknologi. Bahasa Indonesia juga bermanfaat untuk pemanfaatan ilmu generasi bangsa. Demikianlah ulasan tentang pengertian bahasa dan faedah bahasa indonesia, semoga bermanfaat.                       

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Bahasa Beserta Fungsi Bahasa Indonesia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel