Pengertian Belajar, Moltivasi Belajar, Teori Belajar, dan Hasil Belajar

Dunia-Pendidik.Com - Pengertian belajar ialah kegiatan yang dilaksanakan oleh seluruh orang. Kegiatan ini lebih tidak jarang dikaitkan dengan interaksi antara guru dengan siswanya. Banyak berpengalaman yang menyatakan tentang teori pendidikan. Di bawah ini ialah penjelasan tentang teori edukasi dan contohnya. Berikut pengertian belajar menurut keterangan dari para ahli, beserta macam-macam belajar dan contohnya.

Pengertian Belajar Berdasarkan keterangan dari Para Ahli :

Gerow (1989:168) menyerahkan pendapat berhubungan dengan definisi belajar ialah proses yang dilaksanakan untuk menghasilkan evolusi terhadap perilaku sebab pengalaman dan latihan. Di samping Gerow, Morgan (1988: 5) pun memberikan pendapatnya bahwa belajar ialah adalah proses guna mendapatkan empiris serta latihan supaya bisa mempunyai pengetahuan dan keterampilan baru. Bower (1987: 150) pun menjelaskan bahwa pekerjaan pembelajaran sebenarnya ialah proses kognitif yang dilaksanakan untuk memunculkan perubahan secara sengaja.

Pengertian belajar menurut keterangan dari Ernest R. Hilgard (1984:252) ialah proses yang dilaksanakan secara sengaja dan sadar. Proses ini menyerahkan perubahan yang membuat suasana menjadi bertolak belakang dengan sebelumnya. Dari definisi ini, diketahui bahwa evolusi diri tanpa paksakanlah yang akan diperoleh dalam proses pembelajaran. Pengertian hasil belajar tentu dapat terlihat jelas dari pengertiannya. Dimana hasil dari pekerjaan pembelajaran ialah perubahan dan empiris yang semakin bertambah.

Pengertian Belajar, Moltivasi Belajar, Teori Belajar, dan Hasil Belajar

Pengertian prestasi belajar sendiri ialah suatu pencapaian yang diperoleh setelah mengemban proses pembelajaran. Prestasi ini dapat dilihat dari nilai akademik atau keberhasilan seseorang untuk dapat memahami atau membuat suatu karya atau hasil yang bermanfaat untuk diri sendiri maupun orang lain.

Motivasi Belajar Anak :

Tentunya guna mendapatkan hasil belajar yang maksimal, saya dan anda butuh mendapatkan semangat belajar. Beberapa pakar menafsirkan motivasi belajar ialah Kemampuan dalam diri yang terbentuk secara alami yang dapat anda tingkatkan kemampuannya melalui pekerjaan kegiatan positif yang dapat meningkatkan dukungan. Ada pun yang menafsirkan bahwa semangat belajar ialah rasa motivasi dalam diri seseorang yang bisa memberikan desakan semangat baru didalam gairah belajarnya.

Kata Kata Motivasi Belajar Biar Lebih Semangat :
  • Tantangan ialah hal yang menciptakan hidup menarik. Mengatasinya tersebut yang menciptakan hidup lebih bermakna (Joshua J. Marine)
  • Cara termudah guna jadi pandai ialah belajar dari urusan terbodoh yang pernah kau lakukan (Wilson Kanadi)
  • Tujuanku bukanlah jadi lebih baik dari yang lain. Tapi jadi lebih baik dari diriku yang sebelumnya (Dr Wayne W. Dyer)
  • Jangan menyerah. Menderitalah kini dan hiduplah sebagai juara nantinya (Muhammad Ali)
  • Kalau mau menantikan sampai siap, anda akan menguras sisa hidup kita melulu untuk menunggu (Lemony Snicket)
  • Semakin mula kau mengawali pekerjaan, semakin mula pula kau akan menyaksikan hasilnya (Anonim)
  • Orang arif belajar saat mereka bisa. Orang bebal belajar saat mereka terpaksa (Arthur Wellesley)
  • Kau tak dapat mempelajari kegelapan bila kau membanjirinya dengan cahaya (Edward Abbey)

Secara filosofis, teori dalam pekerjaan Belajar dipisahkan menjadi 3 yaitu teori kognitivisme, konstruktivisme dan behaviorisme. Masing-masing teori pasti memiliki konsentrasi aspek yang berbeda-beda. Perbedaan ini juga dominan  pada proses pelajar dan melatih saling berinteraksi untuk menjangkau tujuan dari diadakannya pekerjaan pembelajaran tersebut sendiri. Di bawah ini ialah teori mengenai pembelajaran yang mesti kita pahami dengan baik.

Macam Macam Teori Belajar :

1. Teori Konstruktivisme
Jika disaksikan dari namanya, kontruksi mempunyai pengertian membangun. Dalam konteks pendidikan, konstruktivisme adalahsuatu upaya yang dilaksanakan untuk membina kehidupan yang modern. Pada dasarnya, konstruktivisme ialah landasan berfikir pembelajaran konstektual. Dimana pekerjaan ini melibatkan pengetahuan insan dan diperluas dengan konteks yang tidak mempunyai batas. Secara filsafah, insan harus dapat mengkontruksi pengetahuan yang didapatkan dan menyalurkannya ke dalam kehidupan nyata. Adanya teori konstruktivisme pastinya akan menyuruh dan menunjukkan siswa untuk menggali ide, menciptakan keputusan dan menuntaskan masalah. Contoh dari teori ini ialah kegiatan pembelajaran dengan menambahkan praktik dan pengalaman untuk peserta didiknya.

2. Teori Behaviorisme
Teori belajar selanjutnya ialah teori behavioristik yang adalahsebuah konsep yang sehubungan dengan evolusi tingkah laku peserta didik dari empiris yang dimiliki. Teori ini semakin berkembang karena bersangkutan langsung dengan situasi psikologi pelajar. Psikologi memang sangat memprovokasi teori edukasi dan praktiknya. Teori edukasi ini menekankan untuk para pelajar mengenai perilaku yang baik. Contoh dari teori ini ialah membangun keterampilan siswa dengan menyerahkan latihan-latihan yang dapat menambah stimulus serta respon peserta didik.

3. Teori kognitivisme
Teori Belajar lebih konsentrasi terhadap proses peserta didik menyerap latihan dan informasi dengan teknik menyimpan, mengorganisir dan menghubungkannya dengan pengetahuan atau ilmu yang telah dimiliki. Teori ini lebih konsentrasi dengan bagaimana metodenya informasi yang didapatkan kemudian di proses dengan baik oleh peserta didik. Banyak peneliti yang menyerahkan pendapatnya mengenai teori kognitif. Misalnya saja Bruner yang memandang bahwa teori kognitif lebih ditekankan pada pekerjaan pengelolaan atau organizer supaya kegiatan pembelajaran lebih efektif. Contoh teori ini ialah mengarahkan siswanya supaya bisa memproses informasi yang didapat sekaligus mengorganisirnya dengan baik.

Sekian informasi menyeluruh mengenai apa tersebut pengertian belajar menurut keterangan dari para ahli. Di samping itu, kamu juga dapat mengulas apa tersebut pengertian teori belajar dan juga sejumlah teori belajar yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!                       

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Belajar, Moltivasi Belajar, Teori Belajar, dan Hasil Belajar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel