Pengertian Data dan Jenis Data Penelitian (Primer / Sekunder )

Dunia-Pendidik.Com--Data paling erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Anda tidak jarang menggunakannya tanpa sadar secara langsung. Bahkan barangkali sebagian dari kita belum memahami pengertiannya. Apabila akan mengerjakan penelitian, pasti harus mengetahui materi ini dengan baik.

Pengertian data ialah fakta atau cerminan yang nantinya akan dikoleksi oleh semua peneliti guna diolah. Setelah diubah sedemikian rupa dengan sekian banyak fakta-fakta kemudian dijadikan informasi. Selanjutnya informasi akan dipakai untuk pemungutan keputusan.

Pengertian Data dan Jenis Data Penelitian (Primer / Sekunder )

Pengertian dan jenis data yang mesti dipahami. Untuk mengetahui pengertiannya lebih lanjut Anda butuh menyimak sejumlah definisi data menurut keterangan dari para ahli. Pada dasarnya pendapat para berpengalaman hampir sama sampai-sampai dapat dipungut kesimpulan yang gampang dipahami. Berikut ini pendapat para berpengalaman yang dapat Anda jadikan acuan.

Pengertian Data Berdasarkan keterangan dari Para Ahli :

1. Gordon B. Davis
Suatu bahan mentah guna informasi yang bakal dirumuskan sebagai emblem yang tidak random yang akan mengindikasikan tindakan.

2. Arikunto
Semua kenyataan atau angka yang dapat dijadikan guna penyusunan informasi.

3. Anhar
Kenyataan yang dapat menggambarkan kejadian dan menjadi kesatuan nyata yang bermanfaat untuk bahan dasar pada sebuah informasi.

4. Haer Thalib
Pengertian data ialah sekumpulan kenyataan atau kejadian yang nyata.

5. Zulfikri A.M
Keterangan, fakta, dan bukti mengenai fakta yang mentah dan belum diolah.

6. The Liang Gie
Peristiwa apapun yang mempunyai pengetahuan yang dapat dijadikan dasar untuk merangkai keterangan, kesimpulan, dan keputusan.

7. Supriyanto dan Ahmad Muhsin
Bahan baku dari informasi yang dapat mewakili sebuah fakta, tindakan, kuantitas, dan lainnya.

8. Kristanto
Fakta tentang sebuah objek yang dapat mengurangi ketidakpastian tentang suatu keadaan.

9. Kuswadi dan E. Mutiara
Informasi yang diapatkan melewati pengamatan, yang dapat berupa lambang, angka, dan sifat.

Jenis Jenis Data Penelitian :

Data terdiri dari sejumlah jenis, kesatu menurut keterangan dari sumbernya yakni data primer dan data sekunder. Pengertian data primer ialah diperoleh dan dikoleksi secara langsung oleh peneliti yang ditemukan langsung dari sumbernya. Bisa disebutkan masih pribumi atau baru. Bagi mendapatkannya, peneliti seringkali terjun langsung ke lapangan. Teknik yang dipakai untuk mengoleksi diantaranya yakni wawancara, observasi, menyebarkan kuesioner, dan diskusi terfokus.

Baca Juga : Pengertian Sistem Informasi dan Contoh Komponen Sisfo

Pengertian data sekunder ialah diperoleh oleh peneliti melalui tidak sedikit sumber yang sebelumnya telah ada. Artinya peneliti berperan sebagai pihak kedua sebab tidak diperoleh secara langsung. Biasanya dapat didapatkan dari buku, jurnal, laporan, dan sebagainya.

Jenis data yang lain ialah menurut sifatnya yakni data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif yakni dengan format suatu ucapan-ucapan tidak diulas sebagai format angka. Cara memperolehnya terdapat beragam, mulai dari wawancara, diskusi terfokus, wawancara, dan observasi yang dituliskan ke dalam catatan. Gambar atau video pun termasuk ke dalam ranah kualitatif.

Jenis data riset kuantitatif yakni berbentuk angka. Cara mengolahnya yaitu memakai perhitungan matematika. Ada dua teknik mendapatkannya, yaitu melewati diskrit dan kontinum. Diskrit merupakan emblem yang bentuknya angka dengan membilang. Misalnya jumlah murid di sekolah A sejumlah 600 siswa. Sedangkan format kontinum teknik memperolehnya dari hasil pengukuran. Misalnya Berat badan A yakni 40 kg.

Setelah mengetahui tentang data ialah fakta-fakta yang akan diubah kemudian dijadikan informasi, maka kita pun butuh mengetahui teknik mendapatkannya. Pertama yakni angket adalah teknik pendataan yang dilaksanakan melalui pertanyaan atau berupa pernyataan untuk koresponden. Kemudian koresponden akan membalas angkat tersebut.

Berikutnya yakni observasi adalah teknik meneliti suatu situasi tertentu. Selanjutnya ialah wawancara adalah teknik pengumpulan melewati tatap muka yang memakai tanya jawab secara langsung antara peneliti dan koresponden. Itulah definisi data dan sejumlah jenisnya yang mesti kita pahami. Dan untuk meningkatkan pengetahuan anda, tidak boleh lupa untuk menyimak ulasan tentang pengertian sistem informasi.                       

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Data dan Jenis Data Penelitian (Primer / Sekunder )"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel