Pengertian Demokrasi dan Demokrasi Liberal di Indonesia

Dunia-Pendidik.Com--Indonesia ialah salah satu dari sekian tidak sedikit negara yang mengangkat sistem demokrasi sebagai format pemerintahannya. Bentuk pemerintahan ini memungkinkan semua warga berpartisipasi dalam pemerintahan. Di samping Indonesia, tidak sedikit juga negara-negara beda yang mengangkat mekanisme pemerintahan ini. Meskipun Indonesia memakai format pemerintahan ini, tetapi masih tidak sedikit warganya yang belum paham sepenuhnya mengenai apa definisi demokrasi tersebut sendiri. Maka, urgen kiranya guna memahami urusan itu supaya masyarakat Indonesia lebih bisa memanfaatkan format pemerintahan yang diangkat negaranya.

Pengertian Demokrasi dan Demokrasi Liberal di Indonesia

Pengertian Demokrasi ialah bentuk atau mekanisme pemerintahan di mana seluruh warga negara mempunyai hak yang sama dalam pemerintahan. Hak ini pun berlaku dalam pemungutan suara yang mencantol keputusan-keputusan dalam bernegara. Pada sistem ini status semua penduduk negara ialah sama, dan suara dari masing-masing warga negara dihargai setara. Akar katanya sendiri ialah dari bahasa yunani, yakni demokratia yang berarti dominasi rakyat. Mekanisme ini merangkum ke dalam seluruh sendi bernegara, baik tersebut politik, sosial, budaya, sampai ekonomi, yang bebas dan setara antar semua warga negara.

Pengertian Demokrasi dan Demokrasi Liberal di Indonesia

Prinsip demokrasi sebagaimana tertera pada konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia terdapat 11 jumlahnya. Karena prinsip ini ada pada konstitusi NKRI, maka prinsip ini ialah prinsip yang berlaku guna pelaksanaan demokrasi di Indonesia. Prinsip yang kesatu ialah kedaulatan rakyat, yang berarti kewenangan guna menilai segala sesuatu urusan yang sehubungan dengan kepandaian negara terdapat di tangan rakyat.

Prinsip selanjutnya ialah kekuasaan beberapa besar dan hak-hak minoritas, yang berarti adanya ekuilibrium antara suara beberapa besar dan minoritas. Berlaku pun prinsip persamaan di depan hukum yang berarti penindakan hukum tidak pandang bulu. Prinsip pembatasan pemerintah secara konstitusional pun berlaku, untuk mengawal supaya pemerintahan berjalan cocok konstitusi dan tidak sewenang-wenang.

Mekanisme pemerintahan itu memiliki tidak sedikit jenis, namun melulu mempunyai dua format dasar yakni langsung dan perwakilan. Pengertian demokrasi langsung ialah ketika pemungutan keputusan atau kepandaian langsung melibatkan rakyat. Ciri-cirinya masing-masing orang mewakili dirinya sendiri untuk menyerahkan pendapat atas kepandaian yang bakal diambil. Sedangkan untuk format perwakilan, ciri-cirinya ialah rakyat mesti memilih perwakilannya di parlemen untuk berasumsi dan mengucapkan keputusan. Dalam sejarah Indonesia, pernah terdapat dua jenis, yakni liberal laksana pada kabinet Natsir, Wilopo, sampai Djuanda, dan terpimpin laksana pemerintahan sesudah keluarnya dekrit presiden pada 5 Juli 1959.

Seperti sebelumnya, Indonesia juga pernah merasakan masa di mana pemerintahan berlangsung dengan sistem demokrasi liberal. Sistem yang di Indonesia pernah dijalankan laksana pada masa kabinet Sukiman itu memiliki makna di mana masing-masing warga negara memiliki kemerdekaan konstitusional dari dominasi pemerintah. Ciri-cirinya ialah keputusan dan kepandaian pemerintah sepenuhnya diberi batas oleh konstitusi yang berlaku dalam suatu negara. Pada mekanisme pemerintahan ini, keputusan dan kepandaian haruslah tidak melanggar hak-hak pribadi dan kebebasan seperti yang ditata pada konstitusi negara.

Demokrasi ialah bentuk pemerintahan yang sedang berlangsung di Indonesia ketika ini, dan sebagai penduduk negara yang baik, anda harus menjaga jalannya sistem pemerintahan ini dengan baik. Sesudah memahami tentang definisi demokrasi, maka selanjutnya ialah meyakinkan sistem ini berlangsung dengan baik. Tidak boleh terdapat hal-hal yang melanggar prinsip pelaksanaan, menjaga supaya tetap di bentuknya, dan mewaspadai andai ada ciri-ciri yang mengarah ke format lain. Tidak ada format pemerintahan yang 100% benar, sampai-sampai yang diperlukan ialah memanfaatkan sistem ini dengan baik sehingga membawa manfaat untuk semua penduduk negara.   

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Demokrasi dan Demokrasi Liberal di Indonesia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel