Pengertian Eksplorasi Secara Umum Berdasarkan keterangan dari Para Ahli dan KBBI

Dunia-Pendidik.Com--Jika anda membahas pengertian eksplorasi, maka akan anda temukan sejumlah literatur bertolak belakang yang menjelaskan makna ekplorasi. Dan di peluang ini akan diberikan apa tersebut eksplorasi menurut keterangan dari para ahli, KBBI dan secara umum. Secara umum eksplorasi merupakan pekerjaan pencarian terhadap sebuah hal yang baru.

Eksplorasi, disebut pun penjelajahan, penelitian, investigasi atau pencarian, ialah tindakan menggali atau mengerjakan penjelajahan dengan tujuan mengejar sesuatu urusan yang besar bisa jadi belum pernah terdapat dengan sasaran objek sumber daya alam sampai-sampai pengetahuan menjadi meningkat dan dapat memenuhi informasi yang dibutuhkan.

Pengertian Eksplorasi Secara Umum

Contoh kegiatan dan pekerjaan eksplorasi diantaranya ialah eksplorasi wilayah tak dikenal, tergolong antariksa (penjelajahan angkasa), Kemudian wilayah pertambangan contohnya ekplorasi minyak bumi, gas alam (migas), batubara, mineral, gua, air, emas ataupun informasi.

Pengertian Eksplorasi Secara Umum Berdasarkan keterangan dari Para Ahli dan KBBI

Namun situasi geologi pun harus dipertimbangkan sebelum penambangan karena sehubungan dengan topografi, tanah penutup, hidrogeologi dan bencana geologi. Biasanya pekerjaan ekplorasi khususnya pertambangan ini sering dilaksanakan oleh sekelompok orang laksana perusahaan atau institusi yang mempunyai kepentingan dalam memajukan sebuah hal yang sebelumnya tidak ada.

Baca Juga : Pengertian Arsip Berdasarkan penjelasan dari Para Ahli (Drs. The Liang Gie, KBBI, UU, LAN)

Dalam konteks penelitian ilmiah, eksplorasi ialah salah satu dari tiga format tujuan riset, sementara tujuan lainnya merupakanp enggambaran (deskripsi) dan keterangan (eksplanasi). Dalam urusan ini, eksplorasi ialah usaha untuk menyusun pengertian umum dan mula terhadap sebuah fenomena.

Eksplorasi Berdasarkan keterangan dari Para Ahli

  • Ekplorasi menurut keterangan dari Koesoemadinata, 2000
Eksplorasi ialah kegiatan teknis ilmiah untuk menggali tahu sebuah area, daerah, keadaaan, ruang yang sebelumnya tidak diketahui eksistensi akan isinya. Eksplorasi yang ilmiah akan menyerahkan sumbangan terhadap khazanah ilmu pengetahuan. Eksplorasi tidak hanya dilaksanakan disuatu daerah, bisa pula di kedalaman laut yang belum pernah dijelajah, ruang angkasa, bahkan wawasan alam benak (eksloration of the mind).


  • Pengertian Eksplorasi Berdasarkan keterangan dari* KBBI
Berdasarkan keterangan dari KBBI, eksplorasi dipecahdalam 3 definisi sebagai berikut :


  • Ekplorasi (Kata Benda)
Penjelajahan lapangan dengan tujuan mendapat  pengetahuan lebih tidak sedikit (tentang keadaan), khususnya sumber-sumber alam yang ada di lokasi itu; penyelidikan; penjajakan.


  • Eksplorasi Pendidikan
Kegiatan untuk mendapat pengalaman baru dari kondisi yang baru.


  • Ekplorasi Petrologi serta Minyak dan Gas Bumi
  1. Penyelidikan dan penjajakan wilayah yang diduga berisi mineral berharga dengan jalan survei geologi, survei geofisika, atau pengeboran untuk mengejar deposit dan memahami luas wilayahnya;
  2. investigasi terperinci guna cebakan mineral atau batu bara sesudah hasil investigasi pendahuluan mengaku bahwa cebakan tersebut ada bisa jadi mempunyai nilai ekonomis;
  3. teknik eksplorasi dengan memakai prinsip radioaktif;

Demikianlah keterangan dan definisi eksplorasi secara umum menurut keterangan dari para ahl dan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Semoga berfungsi dan dapat menjadi referensi untuk kita semua.                       

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Eksplorasi Secara Umum Berdasarkan keterangan dari Para Ahli dan KBBI"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel