Pengertian Etika, Etika Profesi dan Etika Bisnis Berdasarkan keterangan dari Ahli

Dunia-Pendidik.Com - Seperti yang anda ketahui bareng etika tidak dapat dilepaskan dari kehidupan pergaulan insan baik dalam bermasyarakat, bersosialisasi, dan bernegara. Sistem pergaulan ini dikenal dengan istilah tata krama, sopan santun, ketentuan dan sebagainya. Dengan mengekor sistem pergaulan yang ada, diinginkan antar masyarakat dapat saling memuliakan dan menghargai.

Pengertian Etika, Etika Profesi dan Etika Bisnis Berdasarkan keterangan dari Ahli

Seperti yang diketahui bahwa etika sangat memprovokasi kehidupan masing-masing manusia. Sistem berikut yang bakal membantu insan untuk memuaskan mengenai aksi laksana apa yang akan dilaksanakan dalam seluruh segi kehidupan. Ada tidak sedikit sekali berpengalaman yang berasumsi tentang urusan ini. Di bawah ini ialah pengertian etika menurut keterangan dari para berpengalaman yang mesti kita ketahui.

Pengertian Etika Berdasarkan keterangan dari Para Ahli :
  • Drs. Sidi Gajalba
Didi menyatakan bahwa etika ialah teori mengenai perilaku tindakan manusia bilamana dilihat dari segi jelek dan baik, sejauh apa yang dapat dijelaskan oleh akal.
  • Drs. O.P.SIMORANGKIR
Etik adalahpandangan insan dalam mengindikasikan perilakunya menurut nilai dan ukuran yang baik.
  • Drs. H.Burhanudin Salam
Etik adalahcabang filsafat yang di dalamnya bicara tentang etika moral dan nilai yang meyakinkan masing-masing perilaku insan dalam menjalani kehidupannya.
  • DR. James J.Spillane SJ
James berasumsi bahwa etik ialah memperhatikan dan mempertimbangkan tingkah laku manusia saat akan memungut suatu keputusan mengenai moral. Arahnya lebih pada akal budi insan untuk menyaksikan objektivitas dan menilai salah atau benarnya tingkah laku seseorang terhadap orang lain.
  • Prof. DR.Franz Magnis S
Pengertian etika ialah suatu ilmu yang di dalamnya menyerahkan acuan, pijakan dan arahan, untuk insan melakukan tindakan.
  • Soergarda Poerbakawatja
Beliau menyatakan bahwa etik ialah filsafat yang sehubungan langsung dengan nilai-nilai tentang buruk atau tidaknya sebuah kesusilaan dan tindakan.

Dalam kehidupan manusia, bisnis ialah kegiatan yang akan tidak jarang kali melekat. Tidak heran andai bisnis dan etik tidak jarang kali dikait-kaitkan. Etika bisnis dan profesi pada dasarnya ialah etik terapan. Dimana dalam urusan ini, etik tersebut ialah aplikasi pemahaman insan tentang urusan yang baik dan buruk guna diterapkan pada institusi, transaksi, teknologi, usaha dan kegiatan yang dilakukan. Ada tidak sedikit sekali berpengalaman yang menjelaskan tentang definisi dari etik dalam berbisnis.

Pengertian Etika Bisnis Berdasarkan keterangan dari Para Ahli :

Berdasarkan keterangan dari Jones dan Hill (1998), Pengertian etika bisnis ialah suatu doktrin yang dipakai untuk memisahkan antara benar dan salah supaya setiap pemimpin perusahaan mempunyai pembekalan ketika sedang mempertimbangkan sebuah hal untuk memungut keputusan yang strategis. Khususnya yang sehubungan dengan masalah moral. Velasques (2002) pun menjelaskan bahwa etik dalam bisnis ialah studi yang diutamakan tentang moral yang salah dan benar. Studi ini lebih konsentrasi pada standar moral yang diaplikasikan dalam institusi, perilaku bisnis dan kebijakan.

Di samping itu, Steade et al (1984: 701) pun menjelaskan definisi etika bisnis dalam berbisnis di bukunya. Ia menyatakan bahwa etik bisnis adalahstandar yang sehubungan cara menyerahkan keputusan bisnis dan destinasi dalam berbisnis. Tak melulu dalam lingkup bisnis, etik pun seringkali dikaitkan dengan profesi.

Pengertian Etika Profesi Berdasarkan keterangan dari Para Ahli :

Pengertian etika profesi diterangkan oleh Suhrawardi Lubis, (1994). Dimana beliau menuliskan bahwa etik profesi adalahsikap hidup untuk menyerahkan pelayanan secara professional dan adil terhadap masyarakat cocok dengan kemahiran dan tata tertib yang terdapat dalam rangka menuntaskan tanggung jawab dan kewajibannya dalam bertugas.

Definisi etika profesi juga diajukan oleh Anang Usman, SH.,MSi. yaitu sikap hidup insan untuk memenuhi keperluan dalam pelayanan profesional dengan keterlibatan serta kemahiran seseorang dalam menyerahkan pelayanan demi memenuhi keharusan masyarakat terhadap borongan anggota masyarakat yang memerlukannya. Kini, kita sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan definisi etika bisnis dan profesi bukan?                       

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Etika, Etika Profesi dan Etika Bisnis Berdasarkan keterangan dari Ahli"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel