Pengertian Filsafat, Ilmu Pengetahuan dan Filosofi Berdasarkan keterangan dari Para Ahli

Dunia-Pendidik.Com - Ilmu pengetahuan masing-masing waktu tidak jarang kali tumbuh dan berkembang dengan kokoh. Hal berikut yang lantas menimbulkan persoalan-persoalan yang barangkali terjadi di luar minat bahkan di luar cakupan dari ilmuwan tersebut sendiri. Namun, diantara semua ilmuwan tersebut ada sejumlah cendekiawan yang senantiasa berupaya untuk menggali penyelesaian atas masalah tersebut. Para cendekiawan berikut yang lantas dikenal sebagai philosopher (filsuf). Filsuf ini ialah orang-orang yang belajar dan menelaah tentang filsafat. Lantas apa tersebut filsafat dan filosofi? Apakah hubungannya dengan filsafat ilmu? Berikut keterangan ringkasnya.

Apa Itu Filsafat dan Filosofi?

Filsafat secara umum oleh para berpengalaman diartikan sebagai falsafah yang dijadikan sebagai pegangan oleh sekelompok orang maupun seseorang yang menjadi konsep dasar dalam memandang kehidupan yang diinginkan. Pengertian filasafat juga dapat didefinisikan sebagai sikap dewasa dari seseorang yang berjuang memikirkan segala urusan secara lebih dalam dan menyaksikan segala sesuatu dari sisi yang bertolak belakang dan lebih luas.

Pengertian Filsafat, Ilmu Pengetahuan dan Filosofi Berdasarkan keterangan dari Para Ahli

Dalam konteks ilmu pengetahuan, filsafat ditafsirkan tidak sama serupa dengan pengertiannya secara umum. Pengertian filsafat dalam bidang ilmu pengetahuan ialah sebuah hasil pemikiran yang dilaksanakan secara mendalam terhadap sebuah hal. Dalam konteks ini, filsafat dapat memiliki makna terbatas dan tidak terbatas. Terbatas saat filsafat hanya diberi batas pada hal-hal tertentu saja, laksana filsafat pendidikan, filsafat ilmu, dan beda sebagainya. Sedangkan tidak terbatas saat filsafat membicarakan semua yang terdapat di alam dan lantas saling dikaitkan. Di sisi beda dapat juga disebutkan jika filsafat ialah proses beranggapan untuk menggali jawaban atas hal-hal secara mendalam, tetapi jawaban yang ditemukan nantinya tidak dapat dikatakan sebagai jawaban mutlak.

Membicarakan mengenai filsafat, tidak akan dapat dilepaskan dari filsafat ilmu. Berdasarkan keterangan dari para berpengalaman pengertian filsafat ilmu ialah satu cabang dari filsafat yang mempelajari lebih fundamental tentang hakikat sebuah ilmu tertentu. Cabang ilmu ini mempelajari mengenai dasar-dasar dari filsafat serta implikasi ilmu yang merangkum baik ilmu sosial maupun ilmu alam. Filsafat ilmu ini akan menyatakan tentang bagaimana sebuah konsep dapat dilahirkan, bagaimana menyatakan satu pengakuan maupun konsep untuk dapat disebut ilmiah dan sekian banyak  hal dasar dalam ilmu pengetahuan lainnya.

Lantas bagaimana dengan filosofi? Jika di atas sudah menyatakan tentang definisi filsafat secara menyeluruh dari semua ahli, maka pertanyaan selanjutnya ialah apakah perbedaan antara filsafat dan filosofi. Pada dasarnya, keduanya ialah dua kata yang merujuk pada definisi yang sama. Namun, terkadang konteks pemakaiannya yang membedakan. Kata filsafat bisanya lebih dipakai pada konteks yang lebih formal sementara filosofi dipakai pada konteks yang lebih tidak formal.

Jika hendak mencari pengertiannya, maka definisi dari filosofi ialah sebuah kerangka beranggapan untuk mengejar solusi atas persoalan yang dihadapi. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, istilah filosofi ditafsirkan sebagai investigasi yang memakai akal dan benak guna mengejar hakikat dari apa yang terdapat di bumi ini, karena dan asal timbulnya sebuah hal dan hukum dari sebuah hal lain. Semua tersebut akan dipelajari menurut logika.

Sedangkan menurut keterangan dari Moya Davis, Filosofi ditafsirkan sebagai ungkapan sikap seseorang terhadap nilai maupun keyakinan yang ada sampai pada masa-masa lain urusan itu kemudian pulang menjadi kepercayaan atau ideologi. Dari keterangan di atas, dapat disimpulkan bahwa kedua hal, filsafat dan folosofi, ialah dua urusan yang mengacu pada satu urusan yang sama. Keduanya ialah sebuah pemikiran mendalam yang mengungkapkan tentang karena musabab sebuah hal dan pun pandangan seseorang terhadap satu urusan tertentu.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Filsafat, Ilmu Pengetahuan dan Filosofi Berdasarkan keterangan dari Para Ahli"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel