Pengertian Indikator Adalah? Berikut Arti Indikator Beserta Jenisnya

Dunia-Pendidik.Com - Ada tidak sedikit istilah yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Istilah-istilah itu dipakai untuk merujuk pada sebuah pekerjaan ataupun suatu sifat yang mana digunakan supaya pemakaian kata atau kalimatnya lebih efektif. Meskipun tidak jarang menggunakan sekian banyak  istilah yang pun merujuk pada sekian banyak  hal, tetapi terkadang pengujar yang memakai istilah tersebut tidak cukup mengerti dengan arti atau makna dari istilah yang digunakan.

Pengertian Indikator Adalah? Berikut Arti Indikator Beserta Jenisnya

Salah satu istilah yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari ialah indikator. Kata ini memang tidak terlampau sering dipakai pada pembicaraan sehari-hari, bahkan istilah ini cenderung tidak sedikit digunakan dalam konteks keilmuan atau bisnis. Pengertian indikator sendiri dapat didefinisikan pelbagai menurut konteks yang digunakan. Arti indikator juga dapat merujuk pada tidak sedikit hal sampai-sampai untuk mengartikannya mesti menyesuaikan pada konteks yang digunakan.

Pengertian Indikator dan Penggunaan Berdasarkan Konteksnya
Indikator ialah variabel yang akan menolong dalam mengukur pelbagai perubahan baik secara tidak langsung maupun secara langsung (Berdasarkan keterangan dari WHO). Indikator dalam penelitian dapat didefinisikan sebagai masing-masing variabel yang dapat mengindikasikan adanya situasi tertentu yang kemudian dipakai untuk mengukur setiap evolusi yang terjadi dalam proses riset atau studi yang dilakukan. Dalam penelitian, indikator ialah acuan yang dipakai sebagai dasar untuk menyaksikan perubahan pada objek yang diteliti.

Untuk dapat memahami istilah indikator, Anda barangkali harus menggali tahu makna indikator terlebih dahulu. Beberapa berpengalaman mendefinisikan kata ini dalam pelbagai makna. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, indikator didefinisikan sebagai segala sesuatu yang dapat menjadi atau menyerahkan petunjuk maupun keterangan. Sedangkan para berpengalaman memberikan definisi indikator yang bertolak belakang tergantung pada bidang keilmuan masing-masing.

Dalam dunia pendidikan pun dikenal adanya indikator pembelajaran. Dalam konteks ini definisi indikator pembelajaran ialah setiap variabel yang mengindikasikan karakteristik, ukuran maupun ciri yang mana dapat menunjukkan tercapainya kompetensi dasar yang diciptakan sebagai acuan dalam evaluasi pada suatu proses belajar. Dengan begitu indikator yang diobservasi dalam konteks ini ialah kemampuan yang mesti dipunyai oleh murid untuk mengindikasikan bahwa murid tersebut telah menjangkau kompetensi dasar yang sudah ditentukan.

Istilah indikator pun dikenal dalam dunia bisnis. Istilah ini dapat merujuk pada karyawan maupun produk yang dihasilkan. Pada karyawan, indikator kinerja karyawan ialah ukuran yang dipakai untuk mengukur seberapa besar keterampilan karyawan dalam menghasilkan ataupun mengerjakan tugasnya dengan baik. Pada konteks ini, indikator ialah ukuran ketercapaian dari karyawan yang juga dapat digunakan oleh perusahaan untuk dapat memberikan upah yang cocok untuk karyawannya.

Setelah memahami lebih tidak sedikit tentang indikator, sekarang Anda dapat mengetahui istilah ini lebih dalam. kita kini dapat mengetahui apa tersebut indikator, definisi yang pelbagai sesuai dengan bidang keilmuan maupun konteks yang digunakan, serta faedah adanya indikator. Secara umum, indikator berperan sangat urgen untuk mengindikasikan ukuran evolusi yang terjadi pada masing-masing hal yang diamati.

Tidak melulu dalam bidang edukasi atau riset saja, indikator juga diperlukan untuk menyerahkan informasi sebagai bahan dalam pengembangan bisnis. Dalam urusan ini bahkan ada suatu lembaga yang bekerja memakai indikator untuk pemungutan keputusan, yakni Indonesia Indicator.

Indikator ialah sebuah istilah yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Namun, sayang tak tidak sedikit yang mengetahui makna dan pemakaian dari istilah tersebut sendiri. Dengan mengetahui pelbagai pengertian dari indikator tersebut, kita kini dapat menggunakan istilah ini dengan lebih baik. Semoga informasi itu memberikan guna untuk Anda mengenai indikator serta pengertiannya menurut konteks yang digunakan.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Indikator Adalah? Berikut Arti Indikator Beserta Jenisnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel