Pengertian Informasi Berdasarkan keterangan dari Para Ahli dan Contoh Siklus Informasi

Dunia-Pendidik.Com--Pengertian Informasi ialah data yang telah diubah sedemikian rupa sampai-sampai dapat ditabung atau dikatakan kepada informan. Setelah disampaikan, kemudian dapat digunakan untuk pemungutan suatu keputusan. Di sekian banyak bidang, keberadaannya sangat urgen dan paling dibutuhkan. Mengapa demikian? Karena berperan urgen dalam mengolah ketidaktahuan. Selain tersebut juga berfungsi untuk menurunkan sebuah ketidakpastian dalam sebuah hal.


Pengertian Informasi Berdasarkan keterangan dari Para Ahli

Informasi biasanya disama artikan dengan padahal, padahal dua-duanya mempunyai pengertian yang berbeda. Oleh karena tersebut penting untuk mengetahui perbedaan data dan informasi. Data merupakan kenyataan mentah yang belum diolah. Data mesti dikoleksi terlebih dahulu guna diolah. Kemudian baru dapat digunakan untuk memungut keputusan. Sebuah data yang masih mentah paling berbahaya bilamana disampaikan untuk pemungutan keputusan. Karena dikhawatirkan akan memunculkan persepsi ganda dan keputusan yang salah.

Pengertian Informasi Berdasarkan keterangan dari Para Ahli dan Contoh Siklus Informasi

Lalu bagaimana sesudah data dikoleksi menjadi satu dan diolah? Setelah tersebut barulah kelompok data tersebut disebut informasi. Ketika telah jadi laksana ini maka dapat dikatakan ke seseorang atau tidak sedikit orang. Ketika sudah dikatakan kepada yang berwenang bakal lebih gampang dalam memungut keputusan. Karena tidak memunculkan kekhawatiran tentang persepsi-persepsi yang berbeda-beda.

Adapun definisi informasi menurut keterangan dari para berpengalaman dapat menjadi pengetahuan supaya lebih mengetahui mengenai ulasan ini. Pengertian dari para berpengalaman yaitu akan diulas sebagai berikut.

1. Gordon B. Davis
Data yang sudah diubah dalam suatu format yang memiliki makna bagi penerima dan mempunyai guna untuk memungut keputusan pada ketika ini maupun yang bakal datang.

2. Jogiyanto HM
Suatu hasil olah dari data yang telah berbentuk menjadi lebih bermanfaat untuk penerimanya dengan mencerminkan kejadian nyata yang dimanfaatkan dalam memungut keputusan.

3. Lani Sidharta
Data yang dapat disajikan ke dalam format yang bermanfaat dalam menciptakan keputusan.

4. George H. Bodnar
Data yang sudah diubah lalu dapat digunakan sebagai dasar dalam pemungutan keputusan.

5. Anton M. Meliono
Pengertian informasi ialah data yang telah diproses untuk destinasi tertentu dalam memungut keputusan.

Baca Juga : Pengertian Sistem Berdasarkan keterangan dari Para Ahli dan Contohnya

6. Raymond Mc. Leod
Data yang sudah diubah ke dalam format yang mempunyai makna untuk yang menerima dan mempunyai guna untuk memungut keputusan kini dan yang bakal datang.

7. Tata Sutabri, S.Kom
Data yang telah diklasifikasikan yang dapat dipakai ke dalam sebuah proses dalam memungut keputusan.

8. Abdul Kadir, McFadden, dkk
Informasi ialah adalah data yang telah diproses sedemikian rupa kemudian dapat digunakan untuk menambah pengetahuan yang dipunyai oleh penerima.

9. Burch & Strater
Pengumpulan serta pengolahan data lantas ditujukan dalam memberikan penjelasan tentang sebuah hal

10. Azhar Susanto
Definisi informasi menurut keterangan dari Azhar Susanto ialah hasil olahan data yang akan menyerahkan manfaat untuk penerimanya.

11. Drs. The Liang Gie
Keterangan dari susunan kata, gambar, kalimat, dan yang lainnya berisi pengertian, pengetahuan, dan buah pikir lainnya. Kemudian pemimpin sebuah organisasi dapat memanfaatkan dalam penciptaan keputusan tepat sesuatu apa yang terdapat kenyataan.

12. Robert N. Anthony & John Dearden
Sesuatu yang memiliki sifat nyata dari data sehingga dapat digunakan dalam meningkatkan  suatu pengetahuan untuk penerima.

Sebagai misal siklus informasi bisa diuraikan sebagai sebuah data yang lantas diolah. Data yang telah diubah tersebut lantas menjadi definisi informasi yang dikatakan kepada penerima. Kemudian penerima akan menciptakan suatu keputusan. Setelah tersebut keputusan bakal menghasilkan tindakan. Tindakan itu akan menghasilkan data kembali.

Data diciduk menjadi input yang bakal diproses kembali melewati model kemudian muncullah informasi. Siklus itu terus terjadi secara berulang-ulang. Itulah siklus yang terjadi yang sebetulnya kita pun mengalaminya masing-masing hari tanpa sadar. Demikian informasi menyeluruh mengenai pengertian informasi menurut keterangan dari para ahli, dan untuk meningkatkan wawasan anda, tidak boleh lupa pun untuk menyimak pengertian sistemyang telah kami ulas sebelumnya.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Informasi Berdasarkan keterangan dari Para Ahli dan Contoh Siklus Informasi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel