Pengertian Internet dan Intranet + Dampak Positif Negatifnya

Dunia-Pendidik.Com--Di zaman yang serba canggih seperti kini ini, internet telah menjelma menjadi keperluan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Ya, dapat dilihat bahwa nyaris setiap orang bersangkutan dengan jaringan internet masing-masing saat. Lantas, apa sebetulnya yang dimaksud dengan internet? Dan apa perbedaannya dengan intranet? Mengingat kedua istilah ini seringkali disinggung di kalangan masyarakat.

Pengertian Internet dan Intranet + Dampak Positif Negatifnya

Meskipun mempunyai nama yang nyaris sama, definisi internet dan pun  intranet sangatlah berbeda. Bukan melulu pada arti, tetapi juga akibat positif dan negatif yang dimunculkan oleh internet dan internet pasti saja bertolak belakang pula. Bagi lebih jelasnya, di bawah ini ialah penjelasan tentang definisi internet dan intranet yang diajukan oleh teori semua pakar/ ahli.


Pengertian Internet Berdasarkan keterangan dari Para Ahli
  1. Walaupun tidak jarang dimanfaatkan, nyatanya masih tidak sedikit orang yang tidak mengerti makna sebenarnya dari internet. Ada tidak sedikit sekali definisi internet menurut keterangan dari para berpengalaman yang dapat Anda ketahui. Salah satu figur yang menyatakan tentang internet ialah Allan (2005). Ia berasumsi bahwa internet ialah sekumpulan jaringan komputer. Dimana setiap komputer saling terhubung secara jasmani serta mempunyai keterampilan untuk menguraikan dan membaca sekian banyak  macam protokol komunikasi tertentu (IP) atau Internet Protocol dan (TCP) atau Transmission Control Protocol. Berdasarkan keterangan dari Alan, protokol adalah suatu spesifikasi simpel bersangkutan dengan bagaimana antar komputer saling bertukar informasi.
  2. Pengertian jaringan internet juga diterangkan oleh Oetomo (2002). Ia memberi keterangan bahwa internet adalah kependekan atau singkatan dari international network. Artinya ialah suatu jaringan komputer yang lumayan besar. Jaringan komputer ini terdiri dari jaringan-jaringan berukuran kecil yang saling terhubung. Ia pun menuliskan bahwa jaringan komputer yang besar ini dapat meliputi jaringan komputer yang terdapat di semua dunia. Tokoh beda yang menjelaskan pengertian tentang internet ialah Onno W. Purbo (2005). Dalam urusan ini, ia berasumsi bahwa internet ialah suatu media eksklusif yang digunakan untuk mengefisiensikan dan mempermudah sebuah proses komunikasi. Media ini lantas dihubungkan dengan sekian banyak  jenis software seperti email, VoIP, web dan lainnya.

Pengertian Intranet Berdasarkan keterangan dari Para Ahli
  1. Setelah memahami apa Pengertian internet, kemudian apa yang dimaksud dengan intranet? Berdasarkan keterangan dari Marakas dan O’Brien (2011), intranet adalah sebuah jaringan yang terdapat di dalam suatu organisasi. Jaringan ini memanfaatkan teknologi internet mulai dari IP Protokol jaringan, web browser, HTML, server dan lainnya berhubungan dengan penyediaan lingkungan internet di dalam perusahaan  supaya bisa saling berkomunikasi, berbagi informasi dan sokongan lain guna proses bisnis. Berdasarkan keterangan dari Lee, King, Liang dan Turban (2010), intranet adalah jaringan pemerintah atau perusahaan yang menggunakan tools dalam internet, mencakup internet protocol (IP) dan web browser. jaringan Internet bermanfaat sebagai media kolaborasi dan komunikasi.
  2. Sebagian dari Anda barangkali sering mendengar istilah Internet of Things bukan? definisi internet of things sendiri sebenarnya ialah benda yang dapat dipakai untuk berkomunikasi melewati jaringan internet. Benda ini tidak melulu selalu ponsel atau PC. Sebab kini ini, sudah tidak sedikit perabotan yang dapat terhubung via internet laksana smart TV, kulkas dan lainnya. Kini kita sudah mengetahui pengertian internet dan intranet bukan? Kemunculan teknologi pasti dibarengi dengan akibat positif dan negatifnya. Dibawah ini ialah dampak positif dan negatif internet serta intranet.

Dampak negatif pemakaian intranet:
  • Adanya overload saat mengirim data secara bersamaan
  • Keamanan data tidak cukup aman
  • Pengguna mesti mengerjakan training atau pelatihan terlebih dahulu.

 Baca Juga : Pengertian Indikator Berdasarkan keterangan dari Para Ahli dan KBBI

Dampak positif pemakaian intranet:

  • Meningkatkan kerjasama
  • Meningkatkan produktifitas kerja
  • Efisiensi biaya
  • Mendapatkan informasi lebih mudah
  • Memudahkan komunikasi
Dampak negatif internet ialah :
  • Cybercrime
  • Berita hoax merajalela
  • Hacking
  • Pornografi
Dampak positif internet:
  • Kemudahan menggali* informasi
  • Mendapat ide
  • Mencari uang
  • Berkomunikasi
  • Memudahkan insan menyelesaikan pekerjaannya
Demikianlah ulasan menyeluruh dari kami tentang pengertian internet ialah yang dapat kami paparkan. Semoga dengan ulasan tentang pengertian internet dan intranet diatas menciptakan kita dapat semakin cerdas dalam menyaring seluruh informasi yang terdapat didalam internet, menilik dunia maya (internet) memiliki sekian banyak macam akibat positif dan pun negatif yang mesti anda fahami baik baik.   

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Internet dan Intranet + Dampak Positif Negatifnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel