Pengertian Konflik, Penyebab dan Contoh Konflik Sosial

Dunia-Pendidik.Com - Dalam bermasyarakat, masalah sosial akan tidak jarang kali ada. Masalah seringkali muncul dampak adanya perbedaan pendapat atau pandangan terhadap sebuah hal. Konflik ialah suatu persoalan sosial yang umumnya dirangsang karena tidak adanya rasa saling memahami dan toleransi terhadap keperluan dari setiap individu. Pengertian konflik menurut keterangan dari para berpengalaman salah satunya diajukan oleh Robbins yaitu sebuah proses dimana terdapat satu pihak yang merasa dirugikan. Dimana pihak tersebut telah memberikan akibat yang negatif terhadap pihak lainnya.

Alabaness sendiri berasumsi bahwa Konflik ialah suatu situasi dimana terdapat pihak-pihak yang bermasalah lantas tidak menjangkau kesepakatan dan destinasi yang sama. Dampaknya, antar pihak saling mencampuri urusannya masing-masing. Dari keterangan para berpengalaman tersebut, dapat diketahui bahwa pada dasarnya konflik ialah suatu masalah atau suasana yang dicampuri dengan tidak sedikit kepentingan dan memerlukan penyelesaian yang konkrit guna menyamakan pandangan dan persepsi supaya tidak timbul persoalan yang lebih parah.

Pengertian Konflik, Penyebab dan Contoh Konflik Sosial

Masalah ini tentunya bakal merusak hubungan antara kedua belah pihak, sampai-sampai usahakan mesti segera ditamatkan secepat mungkin. Konflik sosial ialah permasalahan yang seringkali hadir dalam kehidupan insan dalam bermasyarakat. Di bawah ini ialah beberapa misal konflik sosial menurut bentuknya secara umum yang mesti kita pahami.

Contoh Konflik Sosial :


1. Konflik Rasial
Rasial ialah permasalahan yang sering dirasakan di sekian banyak  negara. Hal ini disebabkan adanya kebudayaan dan kepentingan kumpulan ras yang saling bertolak belakang. Biasanya, terdapat ras yang merasa jauh lebih baik dan unggul daripada ras beda sehingga merangsang pertikaian. Contoh konflik yang paling fenomenal pernah terjadi di Negara Afrika Selatan. Dimana ras kulit putih mengerjakan penguasaan terhadap ras kulit hitam.

2. Konflik Antar Agama
Pengertian konflik sosial mengindikasikan bahwa agama juga dapat menjadi sumbu timbulnya permasalahan. Dalam kehidupan sosial, agama sebenarnya ialah keyakinan yang dianut oleh setiap orang. Perbedaan antara agama satu dengan agama lainnya membawa perbedaan yang lumayan signifikan ke dalam kehidupan masyarakat keseharian mulai dari penerapan hukum, teknik bersosialisasi, teknik berpakaian, dan beda sebagainya. Masalah kecil yang tidak ditamatkan dengan baik antar umat agama dapat memicu bentrokan yang berbahaya.

3. Konflik Internasional
Dalam lingkup internasional, permasalahan sebab perbedaan pendapat dapat saja terjadi di dunia internasional dan melibatkan satu atau sejumlah kelompok negara yang mempunyai kepentingan bertolak belakang di dalamnya. Saat ini, ada tidak sedikit sekali permasalahan permasalahan yang terjadi di internasional. Contohnya ialah masalah antara Negara Indonesia dengan Malaysia berhubungan dengan perebutan perbatasan wilayah, masalah antara India dan Pakistan, Korea Utara dan Korea Selatan dan beda sebagainya.

4. Konflik Politik
Konflik sosial juga dapat meliputi masalah dalam pekerjaan politik. Dimana ada pribadi atau kumpulan yang mempunyai pandangan dan pendapat yang bertolak belakang tentang masalah ketatanegaraan dan politik. Faktanya, urusan ini dapat memicu persoalan yang lebih besar.

Selain mengetahui pengertian konflik dan contohnya, Anda pun harus mengetahui hal apa saja yang mengakibatkan permasalahan tersebut dapat terjadi. Faktor penyebab konflik diantaranya ialah masalah komunikasi, manusia, dan struktur organisasi.

Faktor yang sangat sering mengakibatkan permasalahan dalam kehidupan sosial ialah manusia yang tidak jarang kali egois, tidak mempunyai rasa toleransi dan tidak jarang kali mementingkan kepentingan individu atau golongan. Demikianlah ulasan tentang pengertian konflik sosial, misal dan hal penyebabnya. Semoga informasi di atas dapat menyerahkan wawasan dan pengetahuan baru guna Anda.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Konflik, Penyebab dan Contoh Konflik Sosial"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel