Pengertian Kurikulum Beserta Komponen K13

Dunia-Pendidik.Com - Kurikulum adalahunsur urgen dalam dunia edukasi di Indonesia. Secara harfiah, kurikulum ialah perangkat pembelajaran yang dikeluarkan oleh suatu lembaga dan mesti menjadi pedoman dalam pengamalan proses belajar-mengajar di sekolah-sekolah. Berdasarkan daftar sejarahnya, unsur urgen dalam edukasi ini telah sejumlah kali merasakan perubahan (yang terakhir ialah K13). Tentu saja kehadiran K13 ini adalahbagian dari usaha dalam mewujudkan sistem edukasi yang terbaik untuk putra-putri Indonesia. K13 memiliki sejumlah komponen dan kegunaannya tersendiri dalam dunia pendidikan. Berikut sejumlah komponen dan faedah dari K13 yang bisa dipelajari.

Komponen dan Fungi Kurikulum 2013

Sebagaimana diketahui bahwa definisi kurikulum adalahseperangkat pembelajaran yang mesti menjadi pedoman dalam seluruh proses belajar-mengajar. Sementara itu, definisi kurikulum menurut keterangan dari para ahli ialah semua perlengkapan pembelajaran yang sengaja dirancang dan dijalankan baik secara individual maupun secara berkelompok (Kerr, 1968). Perangkat pembelajaran yang dirancang itu dapat dijalankan di sekolah maupun di luar sekolah. Kemudian Beuchamp menyatakan pula bahwa perlengkapan tersebut berupa dokumen tertulis yang berisi sejumlah mata pelajaran. Mata latihan tersebut sehubungan dengan kehidupan keseharian dan bakal diajarkan untuk para peserta didik.

Pengertian Kurikulum Beserta Komponen K13

Berdasarkan sejumlah pengertian tersebut, maka dapat dicerna bahwa Kurikulum ialah seperangkat pembelajaran yang menjadi pedoman proses belajar-mengajar di Indonesia. Perkembangan kurikulum di indonesia sendiri terbilang lumayan pesat. Beberapa Indonesia merasakan perubahan, sampai yang ketika ini sedang dipakai dikenal dengan sebutan K13. K13 memiliki sejumlah komponen dan fungsi. Berikut ini 4 komponen yang dipunyai oleh K13.

Komponen Kurikulum K13 :

1. Komponen Tujuan
Jika memperhatikan kembali definisi kurikulum di atas, maka telah tentu K13 mempunyai tujuan yang sehubungan dengan upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Dengan kata lain, kehadiran K13 ini pun turut serta dalam mewujudkan destinasi dari pendidikan tersebut sendiri. Tujuan edukasi terdiri atas empat hal, yakni Tujuan Pendidikan Nasional, Tujuan Institusional, Tujuan Kurikuler, dan Tujuan Instruksional.

2. Komponen Isi
Komponen Kurikulum 2013 (K13) berikutnya ialah komponen isi. Komponen mencakup segala urusan yang bakal diterima oleh peserta didik melewati proses belajar-mengajar yang diikutinya. Mulai dari jenis mata latihan yang bakal dipelajari, sampai program dari setiap mata latihan tersebut.

3. Komponen Metode
Komponen kurikulum selanjutnya ialah komponen metode. Komponen mencakup segala bagian yang tercebur dalam suatu perencanaan guna menjangkau tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan. Pada komponen ini, semua pendidikan pun dituntut guna mempunyai kreativitas dalam memilih cara yang bakal digunakan. Sehingga peserta didik dapat mengekor proses belajar-mengajar dengan optimal.

4. Komponen Evaluasi
Komponen terakhir dari K13 ialah komponen evaluasi. Pada dasarnya komponen mempunyai peran dalam menyerahkan penilaian terhadap sebuah proses pembelajaran yang sudah dilakukan. Agar bisa melakukan penilaian secara benar, maka ada sejumlah empat urusan yang diperhatikan, yaitu penilaian harus tervaliditas, reliabilitas, efisiensi, dan mempunyai sifat praktis.

Di samping mempunyai komponen, K13 memiliki faedah dalam dunia edukasi Indonesia. Fungsi kurikulum 2013 meliputi sejumlah hal yaitu, faedah penyesuaian, integrasi, diferensiasi, persiapan, pemilahan, dan diagnostik. Misalnya faedah diferensiasi, K13 menjadi perangkat yang dapat dipakai dalam menyerahkan pelayanan untuk masing-masing peserta didik yang bertolak belakang satu sama lainnya. Kemudian peserta didik pun berhak menilai program pembelajaran cocok dengan bakat yang dimilikinya. Hal ini senada dengan definisi kurikulum sebagai diungkapkan sebelumnya.

Demikianlah sejumlah informasi seputar Pengertian kurikulum 2013, beserta komponen dan fungsinya. Semoga informasi-informasi tadi dapat bermanfaat dalam meningkatkan wawasan Anda mengenai dunia edukasi di Indonesia, terutama Kurikulum 2013 ini.            

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Kurikulum Beserta Komponen K13"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel