Pengertian Manajemen Keuangan + Fungsi dan Contohnya

Dunia-Pendidik.Com--Tidak dipungkiri bahwa manajemen finansial adalah hal yang sangat urgen dalam berbisnis. Bahkan skala lokasi tinggal* tangga pun memerlukan manajemen dalam menata keuangannya supaya setiap pemakaian uang yang terbit lebih tepat guna dan hemat. Manajemen dalam finansial pada dasarnya sehubungan dengan teknik mengalokasikan atau memakai dan mengelola aset atau harta yang dipunyai dan bagaimana metodenya mendapatkan pendanaan modal kerja.

Tujuanya ialah agar nilai yang dipunyai oleh perusahaan dapat maksimal dan dapat menyerahkan nilai tambah dari sisi finansial atau asset pada perusahaan. Ruang lingkup manajemen di bidang keuangan ialah keputusan investasi, pengelolaan aset dan keputusan pendanaan. Terkait dengan tulisan manajemen keuangan, ada tidak sedikit sekali jurnal manajemen finansial maupun kelompok judul skripsi manajemen finansial yang bertebaran di internet. Dengan demikian, kamu akan lebih terbantu mengetahui materi manajemen finansial untuk pembelajaran.

Pengertian Manajemen Keuangan + Fungsi dan Contohnya

Definisi dan Pengertian Manajemen Berdasarkan keterangan dari Para Ahli

Sekedar informasi bahwa ketika ini, terdapat cukup tidak sedikit pengertian manajemen finansial menurut keterangan dari para ahli. Para berpengalaman manajemen dan finansial tersebut memang mempunyai pandangan yang berbeda-beda berhubungan dengan manajemen di bidang keuangan. Misalnya saja Suad Husnan yang paling sederhana berasumsi bahwa definisi manajemen keuangan ialah manajemen yang dilaksanakan terhadap fungsi-fungsi keuangan. Adapula Bambang Riyanto yang berasumsi bahwa manajemen dalam bidang finansial adalah keseluruhan kegiatan perusahaan atau pekerjaan yang sehubungan dengan usaha dalam mendapatkan duit yang dibutuhkan menggunakan ongkos serta kriteria kriteria yang dirasakan paling menguntungkan.

Grestenberg juga berasumsi bahwa manajemen di bidang keuangan ialah manajemen yang sehubungan dengan bagaimana teknik perusahaan mendapat dana, pemakaian serta penyaluran dananya. Lain halnya dengan James Van Horne yang mengaku bahwa definisi manajemen finansial pada dasarnya adalah semua kegiatan yang sehubungan dengan pendanaan, pengelolaan dan peroleh aktiva secara keseluruhan.

Baca Juga : Pengertian Manajemen Berdasarkan keterangan dari Para Ahli dan Fungsinya

Dari sejumlah pendapat para berpengalaman yang sempat disebut-sebut tadi, diketahui bahwa pada dasarnya manajemen keuangan ialah suatu proses yang dilaksanakan dalam pekerjaan keuangan organisasi atau perusahaan yang sehubungan dengan usaha perusahaan dalam meminimalkan ongkos perusahaan serta menemukan dana untuk menjangkau tujuan finansial yang telah ditentukan. Selain mengetahui tentang definisi manajemen keuangan, Anda pun harus memahami prinsip dan faedah dari manajemen ini.

Prinsip manajemen finansial pada dasarnya ialah akuntabilitas, konsistensi, transparansi, integritas, kelangsungan hidup, standar akuntansi dan pengelolaannya. Di bawah ini ialah fungsi manajemen finansial yang me sti kita pahami.

Fungsi Manajemen Keuangan

1. Reporting (Pelaporan Keuangan)
Fungsi reporting ialah menyiapkan laporan informasi tentang analisa rasio dari laporan finansial dan situasi keuangan.

2. Budgeting (Anggaran)
Fungsi selanjutnya ialah budgeting yang di dalamnya ada perencanaan alokasi perkiraan dan data terima perkiraan biaya.

3. Planning (Perencanaan Keuangan)
Manajemen memang bermanfaat sebagai perencanaan. Dalam bidang keuangan, manajemen bermanfaat untuk merencanakan laporan rugi laba dan arus kas perusahaan.

4. Pencarian Keuangan
Dalam bidang ini, manajemen bermanfaat untuk mengeksploitasi dan menggali sumber dana guna operasional perusahaan.

5. Pengelolaan Keuangan
Dengan adanya manajemen, maka pengelolaan finansial perusahaan bakal lebih maksimal. Sebab manajemen bakal memaksimalkan duit yang ada dengan sekian banyak cara.

6. Auditing (Pemeriksaan Keuangan)
Manajemen pun bisa bermanfaat sebagai pemeriksa finansial atau Auditing. Hal ini paling penting supaya audit internal finansial perusahaan dilaksanakan menurut standar akuntansi yang benar dan tidak merangsang adanya penyimpangan.

7. Controlling (Pengendalian Keuangan)
Fungsi selanjutnya ialah untuk melakukan penilaian atas sistem finansial perusahaan.

Contoh Manajemen Keuangan

Sebenarnya, ada tidak sedikit sekali misal manajemen finansial yang dapat Anda pelajari. Beberapa diantaranya ialah pembuatan laporan laba rugi, laporan neraca harta, modal dan utang, laporan Arus Kas, laporan piutang dan utang, dan masih tidak sedikit yang lainnya. Sebab laporan-laporan itu adalah bagian dari manajemen dalam finansial perusahaan. Sekian ulasan tentang pengertian manajemen keuangan, semoga dapat meningkatkan wawasan anda, terutama yang sedang memerlukan info jurnal manajemen finansial maupun misal judul skripsi manajemen keuangan.
                   

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Manajemen Keuangan + Fungsi dan Contohnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel