Pengertian Media Pembelajaran, Macam Macam dan Contohnya

Dunia-Pendidik.Com - Agar pekerjaan belajar dan mengajar dapat lebih efektif, pemakaian media pembelajaran sangatlah dibutuhkan. Media dibutuhkan supaya peserta didik bisa menyerap pelajaran belajar dengan baik. Bayangkan andai peserta didik melulu mendapatkan pelajaran dari pengajar melewati penjelasan langsung tanpa media apapun. Tentunya pekerjaan belajar bakal terasa paling membosankan. Akibatnya, peserta didik akan kendala untuk mengetahui isi dari pelajaran yang dipelajari. Lantas, apa sebenarnya definisi media pembelajaran? Dan apa saja contohnya?

Pengertian Media Pembelajaran :

Media pembelajaran ialah kumpulan sekian banyak  jenis komponen yang terdapat di dalam lingkungan peserta didik sampai-sampai mereka lebih terangsang untuk mengekor pelajaran dengan baik. Salah satu definisi media ini diajukan oleh Ali (1992). Media pembelajaran cukup tidak sedikit dijelaskan oleh semua ahli. Salah satunya merupakan, Miarso (2004) pun mengutarakan pendapatnya bahwa media ialah suatu urusan yang digunakan untuk memicu pikiran, keinginan dan perhatian peserta didik guna mendorong pekerjaan belajar. Media pun dapat dijadikan sebagai teknik untuk mengalirkan pesan materi untuk peserta didik.

Pengertian Media Pembelajaran, Macam Macam dan Contohnya

media pembelajaran ialah jenis penyajian yang diserahkan atau dikatakan kepada peserta didik dengan pengurutan, pengorganisasian dan penjadwalan. Pengertian media pembelajaran yang satu ini diajukan oleh Gagne (1990). Berbeda dengan Arif S. Sadirman (1984) ,  Ia berasumsi bahwa Media adalahsegala perangkat yang dapat merangsang peserta didik guna belajar dan dapat menyajikan pesan dalam materi untuk siswa. Media dapat berupa buku, kaset, film, dan beda sebagainya. Penggunaan media memang mesti dipilih dengan baik supaya bisa menyokong suasana dan pekerjaan belajar mengajar.

Pada dasarnya faedah media ialah adalah guna memperjelas penyajian materi supaya tidak menjemukan dan dapat dicerna dengan mudah. Media pun harus dapat mengatasi keterbatasan daya indera dan ruang waktu supaya kegiatan belajar lebih kondusif. Media juga bermanfaat untuk unik perhatian murid dan memunculkan gairah serta motivasi belajar semua peserta didik. Dengan pemakaian media, diinginkan anak dapat belajar cocok dengan minat dan kemampuannya.

Memilih media pembelajaran untuk pekerjaan belajar jangan asal-asalan. Sebab media mesti mengisi kriteria khusus supaya bisa dijadikan sebagai perangkat untuk memicu daya pikir dan keingintahuan murid dalam belajar. Kriteria media guna belajar dapat menyokong isi pelajaran pelajaran, gampang dipahami, pengajar bisa mengaplikasikannya dan cocok dengan kemampuan beranggapan siswa. Setelah mengetahui pengertian media, pasti saja Anda mesti memahami apa saja misal media yang dapat dipakai untuk pekerjaan belajar. Di bawah ini ialah contoh media guna pembelajaran.

Contoh Media Pembelajaran :

1. Media Audio
Media audio memakai indera pendengaran supaya siswa dapat menerima latihan dengan baik. Pesan akan diserahkan baik secara verbal ataupun non verbal. Contoh media pembelajaran yang tidak sedikit digunakan semua pengajar ialah laboratorium bahasa. Lab bahasa ini dapat digunakan untuk mengajar peserta didik untuk berkata dan mendengar dengan menggunakan bahasa asing. Tentu saja lab ini dapat dipakai guna menyajikan materi latihan lain cocok dengan kebutuhan. Media audio beda yang dapat digunakan untuk pekerjaan belajar mengajar ialah radio, tape recorder, media proyeksi diam, dan beda sebagainya.

2. Media Grafis
Media grafis ialah salah satu media yang dapat dipakai guna belajar. Media grafis dapat dikatakan sebagai media visual. Contoh media grafis ialah gambar atau foto, bagan, sketsa, grafik, diagram, kartun, dan lainnya.

Demikianlah ulasan berhubungan dengan definisi media maupun definisi media pembelajaran beserta contohnya. Semoga informasi di atas berfungsi untuk Anda. Dan untuk meningkatkan wawasan anda, tidak boleh lupa pun untuk mengulas tulisan yang berjudul Pengertian Belajar yang sudah kami publish sebelumnya. Trimakasih!                       

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Media Pembelajaran, Macam Macam dan Contohnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel