Pengertian Motivasi Berdasarkan keterangan dari Para Ahli dan Contohnya

Dunia-Pendidik.Com - Tentunya kita sudah paling akrab dengan istilah satu ini. Sebab istilah ini bisa saja hadir dari dalam diri Anda, sehingga menciptakan Anda hendak melakukan sesuatu. Secara harfiah dapat dicerna bahwa motivasi ialah alasan yang menciptakan seseorang terdorong untuk mengerjakan sesuatu. Alasan laksana ini bisa dijumpai dalam segala bidang, salah satu misal dalam urusan belajar (pendidikan). Dalam dunia edukasi sendiri, ada sejumlah teori yang mengkaji tentang dalil seseorang guna mau belajar. Berikut ini sejumlah teorinya yang bisa Anda pelajari.

Pengertian Motivasi Berdasarkan keterangan dari Para Ahli :

Secara etimologi, pengertian semangat berasal dari kata motif yang memiliki santap sebagai daya penggerak. Sehingga dapat ditafsirkan sebagai daya penggerak untuk seseorang untuk mengerjakan sesuatu hal. Sementara itu, beberapa berpengalaman juga mengutarakan pendapatnya berhubungan dengan urusan ini.


Pengertian Motivasi Berdasarkan keterangan dari Para Ahli dan Contohnya

Pengertian motivasi ialah sebuah daya yang hadir baik dari dalam diri maupun dari luar diri seseorang yang membuatnya untuk mengerjakan suatu kegiatan (Dalyono, 2005). Kemudian andai dikaitkan dalam urusan belajar, maka definisi motivasi ialah daya (kemauan) seseorang guna mau belajar sesuatu. Slameto mempertegas bahwa pengertian semangat belajar adalahsuatu usaha yang dilaksanakan untuk mendapat  perubahan tingkah laku ke arah yang lebih dari sebelumnya.

Dengan demikian munculnya kemauan seseorang dalam belajar bisa berasa dari hal internal dan pun dari hal eksternal Terkait dalam bidang belajar ini, ada sejumlah teori yang mengkajinya, yakni sebagai berikut.

5 Teori Motivasi Belajar yang Perlu Diketahui :

1. Teori Motivasi Maslow
Pada dasarnya teori maslow adalahbagian dari teori humanistik. Berdasarkan keterangan dari teori ini seorang peserta didik dengan kondisi jasmani yang tidak stabil, maka bakal memiliki keinginan belajar yang rendah, demikian pula jika sebaliknya. Di samping hal lain laksana sikap menghargai pun dapat memprovokasi tingginya keinginan siswa guna belajar.

2. Teori Motivasi Behavioristik
Berdasarkan keterangan dari teori ini, semangat siswa dalam belajar bakal semakin tinggi bila diserahkan respon melewati sikap-sikap tertentu. Misalnya sikap yang menyerahkan penguatan untuk siswa berupa menepuk pundak. Dengan sikap demikian itu, maka bisa menimbulkan keinginan lebih dari dalam diri murid untuk belajar.

3. Teori Motivasi Kognitif
Teori kognitif ini sangat sehubungan erat dengan keterampilan kognisi yang dipunyai peserta didik. Seorang peserta didik bakal mempunyai Motivasi belajar yang kuat, andai Ia mengalami tantangan dalam belajarnya. Sehingga Ia akan berjuang untuk mengetahui materi dari proses belajar yang dilakukannya tersebut. Dengan kata beda menurut keterangan dari teori ini, kemauan siswa guna belajar akan hadir secara alami seiring dengan kebutuhannya dalam mengetahui materi pelajaran.

4. Teori Sel-Efficay
Teori ini menyatakan bahwa kemauan peserta didik dalam belajar bakal tumbuh cocok dengan kepercayaan dirinya atas keterampilan yang dipunyai (Self-Efficay). Misalnya saat seseorang yang merasa memiliki keterampilan lebih dalam bidang fisika, maka bakal lebih termotivasi untuk menuntaskan segala permasalahan yang berhubungan dengan bidang tersebut.

5. Teori Expentancy X Value
Kemudian teori semangat belajar yang terakhir ialah teori Expentancy X Value. Teori ini menyatakan bahwa seorang peserta didikan bakal lebih termotivasi dalam belajar, andai Dia dapat menyaksikan peluang keberhasilannya dalam proses belajar tersebut. Dengan kata lain, saat peserta didik berpikir Ia dapat menuntaskan proses belajar tersebut, maka akan hadir sebuah desakan dari dalam dirinya.

Itulah tadi sejumlah informasi berhubungan pengertian semangat belajar beserta 5 teorinya. Semoga informasi di atas dapat berfungsi dalam meningkatkan wawasan keilmuan Anda. Khusus untuk Anda semua Guru yang tentunya bakal berhadapan langsung dengan semua peserta didik.                       

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Motivasi Berdasarkan keterangan dari Para Ahli dan Contohnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel