Pengertian Populasi dan Sampel Beserta Contohnya

Dunia-Pendidik.Com - Untuk Anda yang pernah berkecimpung dalam dunia penelitian, maka telah tidak heran dengan istilah Populasi dan Sampel. Kedua istilah itu lazim kita dengar, bahkan pun menjadi di antara aspek riset yang mesti diperhatikan. Namun bertolak belakang halnya, saat Anda sebagai pemula dalam dunia penelitian. Tentunya butuh pemahaman tambahan terhadap dua istilah tersebut.

Pengertian Populasi dan Sampel Beserta Contohnya

Misalnya saat Anda hendak meneliti suatu populasi yang berjumlah 1000 orang, maka telah jelas Anda bakal menghabiskan tidak sedikit waktu dan tenaga untuk mengerjakan survey secara satu persatu. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui bagaimana teknik pengembalian sampel dari 1000 orang tadi. Bagi lebih jelasnya, sebagai berikut pengertian populasi dan sampel yang bisa Anda pelajari.

Pengertian Populasi dan Sampel dalam Penelitian
Populasi ialah seluruh jumlah dari subjek yang akan dianalisis oleh seorang peneliti. Misalnya berhubungan survey di atas tadi, maka jumlah 1000 orang tersebut disebutkan sebagai Populasi. Kemudian pada pendapat lain mengaku bahwa secara harviah definisi populasi ialah seluruh variabel yang berhubungan dengan topik pada penelitian.

Sugiyono pun menjelaskan bahwa populasi ialah generalisasi dari objek maupun subjek riset yang memiliki ciri khas dan ditentukan oleh peneliti guna dipelajari, lalu dipungut sebuah kesimpulan. Selanjutnya, populasi pun dapat ditafsirkan sebagai nilai yang didapatkan dari hasil pengukuran ataupun perhitungan dari sekelompok objek tertentu.

Berdasarkan sejumlah pendapat di atas, maka dapat dicerna bahwa populasi ialah keseluruhan dari subjek riset yang bakal diteliti. Subjek itu dapat pula berupa sebanyak nilai yang didapatkan dari hasil perhitungan tertentu. Selanjutnya bagaimana dengan sampel sebagaimana sempat disebut-sebut di atas tadi. Secara eksplisit sampel ialah sebagian subjek yang dipungut dari borongan subjek riset (populasi). Jumlah yang beberapa inilah yang bakal menjadi konsentrasi penelitian. Tentu saja jumlah beberapa yang dipungut tersebut (sampel) mesti mewakili semua jumlah subjek riset (populasi).

Dengan kata beda Populasi dan Sampel adalahdua urusan yang saling sehubungan atau juga tidak terpisahkan. Melalui sampel ini seseorang dapat memahami karakter dari sebanyak subjek pada sebuah tempat tertentu. Misalnya ketika hendak meneliti karakter 1000 orang murid dalam belajar, maka peneliti lumayan mengambil sebanyak sampel dari 1000 murid tadi guna diteliti. Sehingga melewati sampel yang dipungut akan diketahui karakter dari seluruh siswa (1000 orang) tersebut.

Selanjutnya, berhubungan dengan sampel dalam riset dikenal istilah sampling. Sampling sendiri dapat dicerna sebagai tata teknik pengambilan suatu sampel dari populasi (Sugiyono, 2006). Bagi lebih jelasnya, simaklah kembali misal populasi dan sampel tentang penelitian 1000 karakter murid tadi. Maka paling tidak tepat guna jika kita sebagai peneliti mesti melalukan penelitian ke setiap 1000 murid tersebut.

Oleh sebab itu, Anda mesti mengerjakan pengambilan sampel (sampling) dengan memakai perhitungan dan ketentuan-ketentuan yang berlaku. Melalui kiat sampling yang benar Anda kesudahannya mendapatkan 250 orang murid sebagai sampel penelitian. 250 murid inilah yang kita teliti untuk memahami karakter dari 1000 orang murid tadi.

Itulah tadi sejumlah informasi berhubungan Populasi dan Sampel Penelitian. Pada lazimnya baik populasi maupun sampel tidak sedikit digunakan dalam metode riset eksperimen. Sebab pada riset tersebut mewajibkan peneliti mengerjakan uji coba untuk sejumlah subjek yang berasal dari populasi tertentu. Hal urgen yang mesti dikenang bersangkutan dengan pemungutan sampel ini, terdapat tidak sedikit cara atau pun kiat pengambilannya, contohnya Teknik Sample Random dan Non-Random.

Tentunya setiap teknik itu mempunyai indikator dan ketentuannya tersendiri. Oleh karena itu, butuh kiranya sebagai peneliti pemula Anda mengetahui secara maksimal berhubungan Populasi dan Sampel ini. Demikianlah, semoga informasi tadi bisa bermanfaat untuk Anda.                       

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Populasi dan Sampel Beserta Contohnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel