Pengertian Sistem Berdasarkan keterangan dari Para Ahli dan Contohnya

Dunia-Pendidik.Com--Pengertian Sistem ialah kumpulan unsur-unsur yang bergabung menjadi satu kesatuan dan memiliki tujuan yang sama. Unsur-unsur dalam sistem itu saling bersangkutan satu sama beda untuk mempermudah arus informasi supaya dicapai sebuah tujuan bersama. Di dalam sistem ada unsur-unsur penggeraknya sampai-sampai penggerak itu saling berinteraksi satu sama beda untuk menjangkau tujuan yang diinginkan.

Pengertian Sistem Berdasarkan keterangan dari Para Ahli dan Contohnya

Contoh sistem misalnya ialah tubuh insan yang terdiri dari panca indera, sistem pernafasan, sistem ekskresi, dan lain-lain. Tubuh mempunyai komponen dengan faedah masing-masing tetapi mempunyai tujuan yang sama. Unsur-unsur yang terdapat di dalam tubuh saling bersangkutan satu sama lain.


Pengertian Sistem Berdasarkan keterangan dari Para Ahli

Terdapat sejumlah definisi sistem yang diajukan oleh semua ahli. Diantaranya yakni sebagai berikut.

1. Indrajit
Sistem ialah suatu perkumpulan komponen yang saling mempunyai hubungan antara komponen yang satu dengan yang lainnya.

2. Jogianto
Gabungan tidak sedikit elemen yang mempunyai hubungan dan saling berinteraksi dalam menuntaskan suatu destinasi tertentu. Jogianto mengaku bahwa dapat dicerminkan sebagai sebuah kejadian yang nyata berupa manusia, benda, atau orang yang nyata.

3. Murdick, R.G
Sistem ialah suatu kelompok elemen yang di dalamnya terdapat formalitas yang dipakai dalam rangka menggali suatu tujuan bareng melalui teknik pengoperasian barang dan data pada ketika tertentu. Cara ini ditujukan guna mendapatkan data atau informasi yang diinginkan.

4. Harijono Djojodihardjo
Pengertian sistem ialah gabungan sebuah obyek yang memiliki hubungan baik dari sisi fungsi maupun hubungan tiap-tiap ciri-ciri obyek yang dengan borongan menjadi kesatuan yang memiliki fungsi.

5. Lani Sidharta
Kumpulan sejumlah unsur dimana unsur itu saling sehubungan bersama dan beroperasi dalam menjangkau suatu destinasi sama.

6. Colin Cherry
Colin Cherry melafalkan bahwa sistem ialah keseluruhan yang disusun oleh sekian banyak bagian atau assambel yang berasal dari sekian banyak sifat serta bagian-bagiannya.

7. Pamudji
Suatu borongan yang terorganisir atau sebuah kebulatan yang kompleks. Pamudji pun menyatakan bahwa sistem adalah suatu paduan himpunan dari sekian banyak hal sehingga menyusun suatu borongan yang utuh. Keseluruhan yang utuh tersebut merangkum di dalamnya yakni terdapat sekian banyak macam komponen yang tergolong sistem. Sistem itu memiliki faedah masing-masing dan sehubungan antara satu sistem bareng dengan sistem yang lainnya dalam menjangkau    tujuan.

Baca Juga : Pengertian Manajemen Pemasaran + Fungsi dan Contoh

8. Sumantri
Pengertian sistem menurut keterangan dari Sumantri yakni sekelompok unsur dimana bagian itu saling memenuhi dan berkolaborasi dalam menjalankan maksud tertentu. Apabila di antara sistem sedang terganggu atau merasakan suatu kehancuran maka akan dominan terhadap sistem yang lainnya. Sehingga borongan bagian itu tidak bisa menjalankan kegunaannya dengan maksimal.

9. Prajudl
Jaringan yang terdiri dari prosedur-prosedur yang saling terbelenggu antara formalitas yang satu dengan formalitas yang lainnya. Keterikatan itu didasarkan oleh pola yang bulat yang bisa menggerakkan faedah utama maupun urusan.

10. R. Fagen dan A. Hall
Sistem ialah kumpulan dari objek yang memiliki suatu hubungan antara setiap obyek tergolong hubungan tentang sifat-sifat yang mereka miliki

11. Arifin Rahman
Arifin Rahman menuliskan tentang apa tersebut sistem. Berdasarkan keterangan dari Arifin, sistem berarti kelompok pendapat, prinsip, dan bagian lain yang telah mempunyai format sebagai kesatuan yang berhubungan.

Itulah sejumlah pengertian sistem menurut keterangan dari para berpengalaman yang bisa dijadikan sebagai acuan. Pada dasarnya sistem terdiri dari sekian banyak komponen yang terhubung satu sama beda dengan kegunaannya masing-masing. Kemudian komponen itu menjalankan kegunaannya untuk menjangkau tujuan tertentu. Seperti komponen dalam komputer maupun komponen yang terdapat di dalam tubuh manusia.                       

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Sistem Berdasarkan keterangan dari Para Ahli dan Contohnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel