Pengertian Sistem Informasi Manajemen dan Contohnya

Dunia-Pendidik.Com--Sistem informasi manajemen adalah hal yang tengah dirundingkan hangat-hangatnya oleh masyarakat. Sistem ini berlaku dalam skala kecil sampai dalam skala besar, laksana perusahaan maupun perkantoran. Sistem ini dikenal pula dengan istilah SIM yang secara harfiah dapat dicerna sebagai upaya pengendalian internal dari suatu perusahaan. Sistem laksana ini sangat bermanfaat dalam membalas permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan. Lalu bagaimana definisi sistem informasi manajemen menurut keterangan dari para ahli?

Pengertian Sistem Informasi Manajemen dan Contohnya


Pengertian Sistem Informasi Manajemen Berdasarkan keterangan dariPara Ahli :
  1. Terkait dengan pendapat berpengalaman tentang SIM ini ada sekian banyak macam pendapat yang mencuat. Susanto menyatakan bahwa sistem informasi manajemen ialah kumpulan dari sekian banyak komponen yang mempunyai hubungan satu sama lainnya. Hubungan itu memiliki faedah penting, yakni fungsi penilaian yang berujung pada perbaikan dari penilaian tersebut.
  2. Selanjutnya Hartono menyatakan bahwa SIM ini ialah interaksi dari sistem-sistem yang bertugas dalam memproses sebanyak data. Data itu nantinya akan dipakai untuk kebutuhan pada tingkat manajemen tertentu.
  3. Kemudian definisi sistem informasi manajemen menurut keterangan dari J.D Aron ialah sebuah sistem yang paling berguna untuk seorang pimpinan (manajer) dalam menyerahkan keputusan terhadap sebuah persoalan. Dengan kata beda sistem itu menjadi landasannya dikeluarkannya keputusan dari seorang manajer.
  4. Lalu O’brien pun menambahkan bahwa dari sistem ini nantinya akan didapatkan output yang bersumber dari input. Sehingga ha itu akan menghasilkan suatu transformasi yang baik dari sebelumnya.
  5. Selanjutnya J.A.F Stoner menyatakan bahwa SIM adalah sebuah cara manajemen yang bermanfaat untuk menyajikan informasi yang akurat dan mempunyai sifat up to date. Kemudian informasi ini pun akan bermanfaat sebagai dasar dalam menciptakan keputusan untuk seorang pimpinan.
  6. Dalam pendapat lain, M. Scott menyatakan bahwa SIM ini ialah kumpulan sistem yang terkoordinasi dan mempunyai sifat rasional. Sistem itu bekerja untuk mengubah data menjadi suatu informasi yang berharga.
 
Baca Juga : Pengertian Sistem Operasi Komputer dan Fungsi OS
 
Berdasarkan sejumlah pendapat di atas, maka definisi sistem informasi manajemen menurut keterangan dari ahli ialah sebuah sistem yang terdiri atas komponen-komponen yang saling berinteraksi. Sistem itu bekerja mengubah data menjadi suatu informasi yang akurat, up to date, dan rasional. Kemudian informasi itu akan sangat bermanfaat dalam pemungutan keputusan oleh seorang pimpinan. Dalam penerapannya, sistem mempunyai keberagaman. Berikut ini sejumlah contoh sistem informasi manajemen yang terdapat di lapangan.


1. Sistem Informasi Manajemen ERP

ERP atau enterprise resource planning adalah sebuah sistem manajemen yang bermanfaat dalam pengelolaan suatu bisnis. ERP ini diketahui sebagai sistem yang mempunyai sifat terintegrasi, sampai-sampai akan mempermudah pengelolaan bisnis (perusahaan). Sistem ERP ini bekerja mulai dari etape perencanaan sampai tahap pengelolaan sumber daya yang terdapat pada perusahaan tersebut.

2. Sistem Informasi Manajemen DSS
DSS atau decision support system ialah sebuah sistem informasi manajemen yang berbasis data komputer. Sistem DSS ini akan menolong pimpinan perusahaan dalam memungut sebuah keputusan. Salah satu penerapan sistem ini merupakan pada proses penilaian pengusulan proposal kredit suatu Bank.

3. Sistem Informasi Manajemen IMS
Contoh sistem informasi manajemen berikutnya ialah IMS (informatic management system). IMS ini pun dapat dipakai untuk mendapat informasi sebagai landasan pemungutan keputusan. Sama dengan sistem sebelumnya, IMS pun bekerja dengan pertolongan komputerisasi.

Itulah tadi sejumlah contoh dari SIM yang bisa Anda ketahui. Di samping sistem-sistem di atas, masih terdapat contoh-contoh dari SIM ini. Misalnya sistem EIS, sistem TPS, maupun sistem IRS. Secara umum seluruh sistem itu berperan dalam menyajikan suatu informasi akurat untuk perusahaan. Demikianlah, semoga informasi seputar definisi sistem informasi manajemen dan misalnya ini bisa bermanfaat untuk Anda.         

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Sistem Informasi Manajemen dan Contohnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel