Pengertian Teks Eksposisi, Kaidah & Struktur Teks Eksposisi

Dunia-Pendidik.Com--Teks eksposisi, pernahkah kita mendengar istilah ini? Istilah teks satu ini paling erat kaitannya dengan keilmuan Bahasa Indonesia. Secara harfiah, definisi teks eksposisi ialah sebuah paragraf yang memuat sebanyak informasi penting. Paragraf itu ditulis secara jelas, singkat, padat, dan pun mudah dicerna oleh masing-masing orang yang membacanya. Sehingga dengan menyimak teks tersebut, seseorang dapat memperoleh informasi bersangkutan sebuah persoalan. Di samping itu, teks jenis ini pun mempunyai struktur tersendiri yang membedakannya dari teks-teks jenis lainnya. Lalu apa saja struktur yang dipunyai teks ini?

Pengertian Teks Eksposisi

Secara umum teks eksposisi ditulis dengan destinasi untuk menyatakan suatu topik pembahasan melewati paragraf yang singkat dan padat. Sehingga andai seseorang menyimak paragraf tersebut, maka Ia bakal mendapatkan sebanyak informasi berhubungan topik tersebut sendiri. Kemudian teks ini diketahui pula mempunyai kalimat-kalimat yang sifatnya menyuruh atau unik perhatian dari pembacanya. Dengan kata lain, seorang pembaca dapat tertarik untuk mengekor atau mengerjakan sesuatu yang diterangkan melalui teks tersebut.

Pengertian Teks Eksposisi, Kaidah & Struktur Teks Eksposisi

Di samping mempunyai sifat mengajak, teks eksposisi juga mempunyai sifat tidak memihak untuk suatu kelompok atau kumpulan tertentu. Kalimatnya terdiri atas bahasa yang baku, serta cocok dengan ejaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Teks laksana ini memiliki sejumlah struktur dalam penulisannya, sampai-sampai dapat dipisahkan dengan jenis teks lainnya. Adapun struktur teks eksposisi yang dimaksud merupakan sebagai berikut.

Struktur Teks Eksposisi :

1. Tesis
Tesis adalah bagian mula dari penulisan paragraf eksposisi. Tesis berisikan pendapat pengarang secara individu bersangkutan topik yang akan dibicarakan pada paragraf tersebut. Bagian tesis tidak jarang pula dinamakan sebagai bagian pendahuluan dari teks tersebut.

2. Argumentasi
Struktur teks eksposisi berikutnya dikenal dengan istilah argumentasi. Struktur ini berisikan sekian banyak macam pendapat yang bisa memperkuat pengakuan dari pengarang sebelumnya. Pada bagian pengarang dapat menggunakan sekian banyak sumber guna memperkuat pernyataannya tersebut. Bisa dari hasil penelitian semua peneliti, maupun dari pendapat semua pakar di bidangnya. Sehingga sumber-sumber itu dapat memperkuat pendapat individu dari pengarang sendiri.

3. Penegasan Kembali
Setelah ditetapkan rgumentasi berhubungan topik tersebut, maka butuh adanya penegas pulang penyataan sebelumnya. Sehingga dengan penegasan tersebut, pembaca benar-benar dapat mengetahui sepenuhnya isi/ informasi dari teks tersebut. Struktur ini tidak jarang pula di sebut dengan benang merah dan seringkali terletak di akhir dari teks tersebut.
Kaidah Teks Eksposisi :

Berikut ini sejumlah kaidahnya yang butuh Anda ketahui.

1. Konjungsi
Konjungsi merupakan format kata penghubung yang biasa dipakai pada teks jenis eksposisi. Kata penghubung ini sendiri begitu banyak, terdapat yang mengindikasikan waktu, gabungan, penjelasan, komparasi, dan sejumlah jenis kata lainnya. Misalnya kata penghubung masa-masa berupa “Setelah, Kemudian, Lalu”, serta kata penghubung perbandingan, laksana“Bagai, Serupa”.

2. Pronomina
Kaidah kedua dari teks jenis eksposisi ini ialah pronomina. Pronomina sendiri adalah kata ganti. Pronomina terdiri atas dua jenis, yakni Kata ganti untuk mengindikasikan orang (Persona) dan kata ganti yang mengindikasikan bukan orang (non-persona). Kata Persona bisa berupa “Kamu, Dia, Ia, Saya”, sedangkan kata non-Persona bisa berupa “Di sana, Di sani, Di situ”.

3. Leksikal
Leksikal sendiri adalah jenis kata yang mengindikasikan Kata Kerja, Kata Benda, Kata Sifat dan pun Kata Keterangan. Kata kerja adalah kata yang mengindikasikan suatu proses ataupun suasana yang sedang berlangsung, contohnya membaca, menulis, berlari, dan sebagainya. Kata benda merupakan kaya yang mengindikasikan suatu objek tertentu laksana Meja, Kasur, Rumah, dan sebagainya. Sementara kata sifat bisa berupa Cantik, Menawan, Buruk, Baik, dan kata penjelasan dapat berupa Malam, Siang, Di sana, Di situ.

Jenis – Jenis Teks Eksposisi
Secara umum, teks eksposisi memiliki sejumlah jenis, diantaranya yakni teks Ilustrasi, Berita, Perbandingan, Definisi, dan pun teks analisis. Teks ilustrasi adalah jenis teks yang mendeskripsikan sebuah pokok kupasan untuk dapat dicerna oleh pembaca. Kemudian teks berita merupakan jenis eksposisi yang menyuguhkan informasi mengenai suatu gejala yang terjadi. Sementara itu, teks perbandingan merupakan paragraf eksposisi yang berisikan sebuah pokok kupasan yang membandingkan sejumlah hal tertentu.

Baca Juga : Pengertian Ekonomi Beserta Prinsip dan Kegiatan Ekonomi

Selanjutnya teks pengertian ialah teks yang memuat informasi tentang definisi dari sebuah objek. Contoh teks eksposisi pengertian tentang definisi manajemen. Teks tersebut menyatakan bahwa manajemen adalah salah satu upaya yang dilaksanakan oleh seseorang dalam mengelola suatu lembaga/ instansi tertentu. Kemudian teks analisis merupakan teks yang berisikan penganalisaan sebuah pokok kupasan yang diciptakan ke dalam sejumlah sub pokok bahasan. Di samping mempunyai jenis, teks jenis eksposisi ini pun mempunyai kaidah tersendiri.

Demikianlah sejumlah informasi berhubungan Teks eksposisi, kaidah, dan pun struktur teks eksposisi. Semoga informasi tadi terdapat manfaatnya untuk Anda, guna meningkatkan wawasan seputar keilmuan Bahasa Indonesia Anda terutama yang sedang memerlukan materi teks eksposisi di sekolahnya. Terimakasih!                       

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Teks Eksposisi, Kaidah & Struktur Teks Eksposisi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel