Penjelasan Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif + Contohnya

Dunia-Pendidik.Com - Penelitian ialah suatu proses yang dilaksanakan secara sistematis guna menggali kebenaran terhadap suatu gejala ataupun sebuah kenyataan dalam permasalahan yang diinvestigasi. Dalam urusan ini, sejumlah penelitian juga dilaksanakan untuk menghubungkan adanya fakta empirik dengan teori yang telah dikemukakan. Untuk menjangkau tujuan-tujuan tersebut, metode riset yang dipakai pun beragam. Sebelum kita menjabarkan apa saja macam macam cara penelitian, terdapat baiknya anda kupas secara tuntas definisi dari apa tersebut metode penelitian.

Pengertian Metode Penelitian :

Metode penelitian ialah Rangkaian teknik terstruktur atau sistematis yang dipakai oleh semua peneliti dengan destinasi mendapatkan jawaban yang tepat atas apa yang menjadi pertanyaan pada objek penelitian. Atau secara mudahnya makna metode penelitian ialah upaya untuk memahami sesuatu dengan susunan sistematis.

Dua cara metode riset yang paling tidak sedikit digunakan oleh peneliti dalam menjalankan penelitiannya ialah metode riset kuantitatif dan metode riset kualitatif. Kedua cara ini sering dipakai karena kelebihan yang diserahkan masing-masing.

Penjelasan Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif + Contohnya

Setiap riset yang dilaksanakan pasti memerlukan metode yang bertolak belakang tergantung jenis riset yang dilaksanakan serta hasil yang diharapkan. Ada dua metode riset yang dapat digunakan dalam mengerjakan penelitian, yakni metode riset kuantitatif dan metode riset kualitatif. Kedua cara ini dipakai tergantung hasil yang diharapkan dan pun jenis riset yang dilakukan. Selain tersebut keduanya pun memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Lantas apa saja perbedaan diantara keduanya?

Metode Penelitian
 
Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif :
  • Penelitian kualitatif ialah metode riset yang berfokus pada pemahaman terhadap gejala sosial yang terjadi di masyarakat. Pada metode riset ini, peneliti memakai perspektif dari partisipan sebagai cerminan yang dikhususkan dalam mendapat  hasil penelitian.
  • Penelitian kuantitatif ialah metode riset yang mempunyai sifat sistematis dan memakai model-model yang mempunyai sifat matematis. Teori-teori yang dipakai serta hipotesa yang dikemukakan juga biasanya sehubungan dengan gejala alam. Berikut ini ialah beberapa perbedaan riset kualitatif dan kuantitatif.

Perbedaan Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Hal kesatu yang memisahkan kedua jenis riset ini ialah dari segi desain penelitiannya. Jika memakai metode riset kualitatif, maka desain yang dipakai lebih mempunyai sifat umum dan fleksibel. Sedangkan pada riset kuantitatif, desain riset yang dipakai lebih jelas sebab lebih terperinci dan spesifik. Desainnya pun sudah ditentukan semenjak awal, tidak laksana pada cara kualitatif yang lebih fleksibel.

Dari desain riset ini kemudian dapat ditentukan teknik riset serta instrumen yang digunakan. Pada cara kualitatif, teknik riset yang digunakan ialah berupa observasi, percobaan atau pun dengan wawancara terbuka. Berbeda dengan mode kuantitatif yang mengerjakan penelitian dengan tes, pengujian dan pun wawancara terstruktur.

Perbedaan antara metode riset kualitatif dan kuantitatif juga dapat dilihat dari data hasil riset yang didapatkan. Jika cara kualitatif, maka data yang diperoleh berupa pemaparan pendapat dari narasumber ataupun hasil daftar lapangan. Sedangkan pada cara kuantitatif data yang diperoleh berupa angka, skala maupun grafik yang dapat dihitung. Berdasarkan perbedaan dari kedua metode riset ini dapat diambil misal sederhana dari keduanya. Baik misal penelitian kuantitatif maupun kuantitatif kini dapat Anda temukan dengan mudah.

Contoh Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Salah satu misal penelitian kualitatif contohnya ‘Metode Belajar Bahasa Inggris yang Efektif guna Siswa Sekolah Dasar’. Dalam riset ini, peneliti memakai lingkungan sekolah dasar sebagai sumber data utama. Teknik pemantauan yang dipakai juga berupa observasi terhadap cara pengajaran yang dipakai pada suatu sekolah tertentu untuk menilai cara belajar Bahasa Inggris yang efektif guna diterapkan pada murid sekolah dasar.

Sedangkan misal penelitian yang memakai metode riset kuantitatif misalnya ialah ‘Pengaruh Metode Pembelajaran yang Digunakan dalam Menentukan Hasil Belajar pada Siswa’. Pada misal penelitian ini, desain riset sudah ditentukan sejak mula secara jelas, yaitu menghubungkan antara pengaruh media belajar yang dipakai dengan hasil belajar yang diraih.

Berdasarkan penjelasan, perbedaan serta misal dari kedua metode riset kualitatif dan kuantitatif di atas, sekarang Anda dapat memahami dan memisahkan keduanya. Baik riset kualitatif maupun kuantitatif setiap memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Tergantung jenis riset yang Anda pakai dan hasil yang hendak dicapai.

Belum ada Komentar untuk "Penjelasan Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif + Contohnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel