Penjelasan Teknik Sampling dan Purposive Sampling dalam Penelitian

Dunia-Pendidik.Com - Penelitian ialah sebuah tahapan dalam menggali atau memperlihatkan suatu urusan secara sistematis. Karena mempunyai sifat sistematis, maka sudah tentu ada sistem yang menata serta tahapan kerja yang mesti dilakukan. Dalam tahapan penelitian, terdapat yang dinamakan sebagai teknik pemungutan sampel atau sampling. Sampel dalam penelitian dapat didefinisikan sebagai misal atau unsur dari suatu populasi yang bermanfaat untuk mewakili borongan dari populasi tersebut.

Penjelasan Teknik Sampling dan Purposive Sampling dalam Penelitian

Sampel ini dibutuhkan dalam riset sebagai misal atau perwakilan dari satu kesatuan objek yang bakal diteliti. Karena kegunaannya yang begitu urgen dalam penelitian, maka teknik memungut sampel pun harus diacuhkan oleh peneliti. Ada sejumlah teknik sampling yang dapat Anda jadikan cara untuk memungut sampel dalam satu populasi yang bakal diteliti.

Apa Itu Sampling dan Purposive Sampling?

Sebelum membicarakan lebih jauh tentang kiat sampling, bakal lebih baik andai Anda memahami terlebih dahulu apa tersebut teknik pemungutan sampel atau sampling. Teknik pemungutan sampel ialah sebuah cara atau teknik yang dipakai untuk menilai jumlah dari sampel atau misal yang akan dipakai sebagai bahan penelitian. Dalam pemungutan sampel dipilih satu dari anggota populasi yang dapat mewakili populasi itu yang mana dapat dilihat dari persamaan karakter yang dimiliki.

Dalam pemungutan sampel mesti dicocokkan dengan tujuan riset tersebut. Ada tidak sedikit jenis kiat dalam pemungutan sampel yang dapat digunakan semua peneliti. Salah satu kiat atau cara itu ialah purposive sampling. Purposive sampling ialah sebuah cara dalam pemungutan sampel yang mana pengambilannya dilaksanakan secara sengaja oleh peneliti dan tidak dilaksanakan secara acak.

Maksudnya dalam pemungutan sampel ini ada sejumlah pertimbangan yang menciptakan peneliti memilih satu dari anggota populasi guna dijadikan sebagai sampel. Pemilihan ini pun didasarkan pada persyaratan sampel yang diperlukan serta mesti mewakili populasi yang diteliti.

Peneliti pasti saja tidak sembarangan dalam memilih cara sampling yang bakal digunakan. Ada beberapa dalil yang melatarbelakangi pemilihan purposive sampling ini dalam penelitian. Salah satunya ialah agar kriteria atau kriteria sampel yang dibutuhkan dapat benar-benar terpenuhi dan cocok dengan kriteria dari sampel yang diperlukan dalam mengerjakan penelitian tersebut. Menentukan sampel dalam metode pemungutan sampel satu ini pun dibutuhkan tidak sedikit kriteria.

Seperti yang sudah dilafalkan sebelumnya, sampel yang dipungut harus menurut ciri khas atau ciri-ciri yang mencerminkan populasi yang diteliti. Di samping itu, peneliti pun harus meyakinkan andai sampel yang digunakan ialah subjek atau sampel yang memiliki ciri khas paling tidak sedikit dari ciri khas yang terdapat pada populasi.

Purposive sampling ialah salah satu cara pengambilan misal atau sampel yang sangat sering digunakan. Selain sebab tidak adanya batasan yang akan merintangi peneliti dalam memungut sampel laksana pada pemungutan sampel acak, cara ini pun memungkinkan peneliti guna mendapatkan sampel yang sangat sesuai. Banyaknya peneliti yang memakai metode ini dapat dilihat dari banyaknya misal purposive sampling yang diterapkan pada sejumlah kasus atau masalah yang diteliti.

Penelitian ialah sebuah tahapan kerja untuk memperlihatkan atau menguji kebenaran sebuah permasalahan melalui cara dan tahapan yang sistematis. Pemilihan kiat sampling yang tepat bakal turut memprovokasi hasil riset yang didapatkan. Tidak melulu itu saja, dalam pemungutan sampel, langkah-langkah sampling yang tepat yang dipakai oleh peneliti guna memilih atau memungut sampel pun akan dominan pada sampel yang didapat. Hal tersebut tentu saja bakal turut memprovokasi hasil riset yang diperoleh oleh peneliti.             

Belum ada Komentar untuk "Penjelasan Teknik Sampling dan Purposive Sampling dalam Penelitian"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel