Sejarah Perkembangan Internet di Indonesia dan Dunia

Dunia-Pendidik.Com--Anda tergolong orang yang sering memakai internet? Jika ya, penasarankah kita dengan sejarah pertumbuhan internet di Indonesia dan lingkup dunia hingga dapat booming dan tidak sedikit digunakan oleh masyarakat ketika ini? Mulanya, internet adalah jaringan komputer yang sengaja di format pada tahun 1969 oleh pihak Departemen Pertahanan Amerika dalam proyek lembaga ARPA.

Proyek itu mengembangkan jaringan ARPANET yakni singkatan dari Advanced Research Project Agency Network untuk kebutuhan militer. Sistem jaringan ini mempunyai peranan yang sangat urgen untuk menanggulangi serangan nuklir. Pada masa itu, jaringan internet pun dimanfaatkan guna menghindari adanya informasi terpusat sekitar peperangan. Sebab informasi terpusat bisa hancur dalam sekali serangan. Bagi lebih jelasnya, di bawah ini ialah sejarah singkat internet yang dapat Anda pelajari.

Sejarah Perkembangan Internet di Indonesia dan Dunia

 
Materi Sejarah Perkembangan Internet di Dunia dan Indonesia Hingga Saat Ini

Sejarah pertumbuhan internet mulai pada tahun 1960-an. Dimana Robert W. Taylor dan Levi C. Finch yang sedang menganalisis jaringan global melakukan sekian banyak program riset untuk menyaksikan adanya mekanisme koneksi antar masing-masing jaringan yang secara jasmani berbeda. Dalam riset ini, terciptalah kiat pemotongan (packet switching) file besar supaya lebih kecil dan dapat dikirim melewati jaringan komputer. Pada tahun 1969, diketahui bahwa Robert Taylor mendapatkan eskalasi jabatan menjadi kepala kantor di DARPA atau badan penelitian di angkatan darat AS. Mulai semenjak itulah hadir proyek ARPANET atau Advanced Research Project Agency Network.

sejarah internet

Sejarah internet berlanjut ketika proyek ARPANET semakin berhasil dan meningkat luas. ARPANET yang telah kewalahan berhubungan pengaturannya kemudian dipecah dua menjadi ARPANET dan MILNET. Tak hanya dipakai untuk militer, sekarang ARPANET dapat dipakai untuk kebutuhan non-militer. Sedangkan eksklusif untuk kebutuhan militer, pihak pemerintah AS memakai proyek MILNET. Kedua jaringan ini dikenal dengan nama DARPA Internet. Pada tahun 1972, proyek ARPANET semakin berkembang sebab mendapat penyempurnaan program e-mail dari Roy Tomlinson. Icon @ atau “at” sekarang semakin populer dan mengirim email juga semakin mudah. Berdasarkan sejarah internet di dunia, jaringan ARPANET mulai dipakai di luar AS pada tahun 1973.

Baca Juga : Pengertian Internet dan Intranet + Dampak Positif Negatifnya
Pada tahun 1979, Steve Bellovin, Jim Ellis dan Tom Truscott, menciptakan newsgroup mempunyai nama USENET. France Telecom pun membuat gebrakan baru dengan merilis telepon televisi pada tahun 1981. Dengan adanya teknologi ini, maka masyarakat dapat berkomunikasi menggunakan video link. Jaringan internet semaki fasih setelah dibentuknya TCP atau transmisson control protocol dan IP atau Internet Protokol. Alamat yang terdapat di jaringan komputer lantas semakin berkembang pada tahun 1984 dengan dihadirkannya DNS atau Domain Name System. Sejarah pertumbuhan internet semakin pesat semenjak terbentuk World Wide Web atau WWW. Sejak kemunculannya tersebutlah sejarah pertumbuhan internet semakin familiar dan berkembang pesat sampai saat ini.

Sejarah pertumbuhan internet di indonesia dibuka pada tahun 1990-an. Dimana jaringan internet di tanah air populer dengan istilah paguyuban network sebab pemakainya masih berasaskan kekeluargaan, gotong royong, dan kerjasama. Berbeda dengan sekarang, ketika jaringan internet lebih condong berbau komersial serta individualisme. Sejak tahun 1988, Indonesia memakai Compuserve (AS) dan CIX (Inggris) guna mengakses internet. Internet Protocol dari Indonesia kesatu kali didaftarkan pada tahun 1988 oleh Universitas Indonesia.

Sejarah internet di indonesia tidak sedikit diperkenalkan oleh mahasiswa ITB. Karena pada tahun 1989, tidak sedikit mahasiswa dan media cetak yang membicarakan tentang internet di Indonesia. IndoNet beroperasi pada tahun 1994 dan dipimpin oleh Sanjaya. Sekedar informasi, IndoNet ialah ISP komersial di Indonesia yang kesatu. Demikianlah informasi tentang sejarah internet di dunia dan Indonesia, dan untuk meningkatkan wawasan keilmuan anda, tidak boleh lupa baca pun informasi dari kami tentang Pengertian Internet menyeluruh beserta akibat positif dan negatifnya. Semoga bermanfaat.   

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Perkembangan Internet di Indonesia dan Dunia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel