Struktur Cerpen Beserta Unsur Intrinsik & Ekstrinsik Cerpen

Dunia-Pendidik.Com--Struktur dan bagian intrinsik ekstrinsik cerpen. Karya sastra ialah refleksi dari kehidupan nyata. Inilah yang membuat tidak sedikit karya sastra dibuat tidak jauh dari kehidupan di dunia nyata. Ada sekian banyak jenis karya sastra yang telah umum dikenal, mulai dari prosa, puisi dan drama. Prosa sendiri juga dapat dikategorikan ke dalam sejumlah jenis laksana novel dan kisah pendek (cerpen). Masing-masing karya sastra tersebut tentu memiliki format atau struktur yang berbeda-beda. Nah, inilah ini akan dibicarakan lebih dalam mengenai struktur cerpen dan apa saja unsur-unsur yang membentuknya.

Struktur Cerpen Beserta Unsur Intrinsik & Ekstrinsik Cerpen

Cerpen adalah sebuah karya sastra yang bisa mempunyai sifat fiktif yang dikisahkan dengan lebih ringkas dan seringkali hanya menekankan pada satu figur saja. Ciri-ciri cerpen yang utama ialah panjangnya yang seringkali tidak lebih dari 10.000 kata dan seringkali kisah yang dikisahkan hanya berfokus pada satu figur saja. Karena perbedaannya dengan jenis karya sastra beda inilah yang menciptakan cerpen pun mempunyai struktur yang berbeda. Struktur cerpen mempunyai sedikit perbedaan bila dikomparasikan dengan karya prosa lainnya.

Struktur Cerpen :

Struktur cerpen kesatu yang memisahkan cerpen dengan karya sastra lainnya ialah mempunyai abstrak. Abstrak ini ialah ringkasan kisah yang nantinya dikembangkan menjadi cerita di dalam kisah tersebut. Bisa dibilang abstrak ialah gambaran mula dari kisah yang dikisahkan. Struktur ini sebenarnya mempunyai sifat opsional, yang mana dapat ada atau tidak. Di samping itu, struktur teks cerpen pun terdiri dari orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi dan koda. Semua ini ialah struktur yang akan menyusun sebuah cerpen.

Di samping terdiri dari struktur-struktur, terdapat pula unsur-unsur yang menyusun cerpen. Unsur-unsur berikut yang akan menyusun sebuah kisah di dalam cerpen. Unsur-unsur pembentuk cerpen sama dengan bagian pembentuk karya prosa lainnya. Yang mana suatu cerpen tersusun dari bagian intrinsik (unsur dari dalam) dan bagian ekstrinsik (unsur pembentuk dari luar). Unsur intrinsik dari cerpen terdiri dari tema, yang merupakan usulan yang menjadi dasar pembentukan cerita. Ada pun plot (alur) yang adalah runtutan atau langkah dalam suatu cerita.

Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Cerpen :

Unsur intrinsik pembentuk cerpen selanjutnya ialah setting atau latar peristiwa yang dipecah ke dalam setting waktu, lokasi dan suasana. Setiap kisah pasti mempunyai tokoh yang bakal membuat kisah semakin hidup. Tokoh dan penokohan adalah unsur intrinsik cerpen yang selanjutnya. Dilanjutkan lantas ada point of view atau sudut pandang penceritaan. Sudut pandang ini ialah cara atau bagaimana penulis mencerminkan kisahnya. Ada sudut pandang orang kesatu, sudut pandang orang kedua dan sudut pandang orang ketiga. Sudut pandang orang kesatu pun dapat diambil dari sudut pandang orang kesatu pelaku utama dan sudut pandang orang kesatu pelaku sampingan. Keduanya sama-sama memakai kata ‘Aku’ dalam mencerminkan kisahnya. Sedangkan sudut pandang orang ketiga selalu memakai kata ganti ‘Dia’.

 
Sebagai sebuah format karya sastra, cerpen ialah suatu karya yang terstruktur. Ada struktur pembentuk cerpen tersebut dan terdapat pula bagian yang membentuk kisah itu sendiri. Keduanya mesti ada supaya bisa terbuat karya yang baik. Sedangkan unsur-unsur pembentuk kisah dalam cerpen pun terdiri dari dua hal, yaitu bagian instrinsik dan ekstrinsik. Kedua bagian inilah yang nantinya akan menyusun sebuah kesinambungan kisah dalam cerpen. Tanpa kedua bagian tersebut, kisah yang diciptakan tidak akan mengejar kesinambungan dan tidak akan terbuat harmoni yang baik. Jika telah begitu, pembaca pun tidak akan dapat mengerti dan merasakan apa yang akan dikatakan oleh kisah tersebut.        

Belum ada Komentar untuk "Struktur Cerpen Beserta Unsur Intrinsik & Ekstrinsik Cerpen"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel