Struktur Teks Anekdot Beserta Pengertian dan Kaidahnya

Dunia-Pendidik.Com--Saat belajar bahasa Indonesia, Anda pasti akan diperkenalkan dengan struktur teks anekdot. Teks ini paling unik sebab mengandung tentang kisah singkat yang berisi bagian lucu. Tak jarang pula teks anekdot singkat yang isinya berisi unsur edukasi dan kehidupan. Dalam teks ini, seluruh kritikan tersebut dibalut dengan model, bahasa dan ulasan yang menyerahkan kesan lucu dan menarik.

Teks ini juga dapat berupa kisah yang mencerminkan suatu kejadian yang nyata atau fiksi. Tergantung dari bagaimana gagasan dan paparan orang yang menceritakannya.  Teks Anekdot dikisahkan dengan cerita yang sesingkat-singkatnya. Dengan kisah singkat tersebut, orang yang mendengarnya tidak bakal merasa bosan. Pengertian teks anekdot ialah sebuah kisah singkat lucu dan unik yang dapat jadi mencerminkan tentang seseorang atau sebuah kejadian tertentu.

Struktur Teks Anekdot Beserta Pengertian dan Kaidahnya

Teks Anekdot tidak saja sekedar lelucon. Karena seringkali anekdot familiar sebagai sindiran alami untuk suatu hal. Contoh anekdot lumayan beragam. Ada yang kisahnya bertemakan mengenai kehidupan, sekolah, teks anekdot pendidikan, dan masih tidak sedikit yang lainnya. Kritik pun menjadi tema yang seringkali diceritakan dalam anekdot. Kritik tersebut dapat ditujukan guna dunia politik, layanan publik, sosial dan lingkungan.

Pada dasarnya, kisah anekdot tidak butuh panjang. Karena yang terpenting ialah singkat dan cocok dengan struktur serta kaidah anekdot. Tujuan kisah anekdot sendiri ialah agar pembaca atau pendengarnya tertawa dan terhibur.

Baca Juga : 10 Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya
Dalam menciptakan teks anekdot, kita tidak dapat sembarangan. Karena meskipu tujuannya hanyalah guna menghibur pembaca, anekdot mempunyai ciri-ciri khusus. Apa saja ciri-ciri dari kisah anekdot? Inilah sejumlah diantaranya.

Ciri Ciri Teks Anekdot :
  • Ceritanya mempunyai sifat menggelitik dan dapat membuat semua pembaca terhibur
  • Ada bagian lucu dan humor dalam cerita
  • Cerita dapat jadi merundingkan tentang orang penting
  • Mengandung bagian sindiran
  • Kisahnya nyaris serupa dengan dongeng, meskipun terkadang dipungut dari cerita nyata
  • Diceritakan dengan destinasi tertentu.
  • Mencerita mengenai karakter insan dan fauna yang tampak nyata dan terhubung secara umum.
Di samping mempunyai ciri-ciri khusus, anekdot pun mempunyai struktur eksklusif yang mesti dapat dibangun. Di bawah ini adalahstruktur teks anekdot yang butuh Anda ketahui.

Struktur Teks Anekdot :
  • Orientasi
 Struktur teks anekdot yang kesatu ialah orientasi yaitu bagian isi yang didalamnya berisi mengenai latar belakang atau mula mula peristiwa itu terjadi/
  • Abstraksi
Abstraksi berada di mula paragraf anekdot. Isinya ialah gambaran mula mengenai isi teks yang bakal diceritakan.
  • Krisis
Krisis ialah struktur teks anekdot yang berisi mengenai inti masalah yang dikisahkan dalam teks
  • Re-orientasi
    Re-orientasi adalahbagian akhir teks atau penutup teks
  • Event
    Event dalam urusan ini mengandung tentang susunan peristiwa atau kisah yang terjadi
  • Koda
    Koda ialah perubahan yang terjadi dan dirasakan oleh tokoh
  • Reaksi
Reaksi ialah langkah solusi masalah berhubungan dengan inti masalah yang hadir pada unsur krisis.

Untuk menciptakan teks anekdot lucu, Anda pun harus mengetahui kaidah kebahasaan yang dipakai dalam teks yang dibuat. Karena sama laksana teks-teks bahasa Indonesia lainnya, kaidah bahasa benar-benar mesti diperhatikan supaya Anda dapat membuat anekdot yang benar.

Kaidah kebahasaan teks anekdot seringkali meliputi kalimat perintah, pertanyaan retorik, kalimat penghubung, kata kerja, penjelasan waktu lampau, urutan kejadian, dan beda sebagainya. Demikianlah ulasan tentang ciri, struktur teks anekdot dan kaidah teks anekdot. Semoga informasi di atas dapat meningkatkan wawasan Anda tentang teks anekdot dalam bahasa Indonesia.

Belum ada Komentar untuk "Struktur Teks Anekdot Beserta Pengertian dan Kaidahnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel