Supervisor Adalah ? Pengertian,Tugas dan Tanggung Jawab SPV

Dunia-Pendidik.Com--Supervisor Adalah ? Pertanyaan tersebut barangkali seringkali anda dengar, tetapi sampai ketika ini sudahkah kamu mengetahui apa sih definisi supervisor dan tugas nya ? Sebelum anda ulas secara rinci pengertian supervisor, kita kupas dahulu peran supervisor dalam struktural organisasi/ bisnis. Supervisor adalah salah satu elemen urgen dalam keberlangsungan sebuah sistem organisasi perusahaan. Hal ini sebab dalam sebuah struktur organisasi perusahaan tersebut tentu posisi ini tertulis di dalamnya.

Posisi ini seringkali berada pada titik yang lumayan signifikan yakni di bawah posisi manajer tetapi di atas posisi karyawan penyelenggara umum. Dengan posisi yang signifikan ini tidak sedikit pekerja yang mengharapkan posisi ini. Apakah Anda ialah salah satunya? Apakah kita sudah mengetahui apa tersebut supervisor, tugas dan tanggung jawab seorang spv?


Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Supervisor


Menurut sejumlah sumber, posisi spv suatu jabatan dalam struktur organisasi perusahaan yang mempunyai wewenang dan dominasi untuk menyerahkan perintah untuk bawahannya yang pasti saja sebelumnya telah diserahkan arahan oleh pihak di atasnya (dalam urusan ini manajer). Pengertian supervisor dalam bahasa dipungut dari bahasa inggris “supervise” yang memiliki makna mengawasi atau mengarahkan.

Supervisor Adalah ? Pengertian,Tugas dan Tanggung Jawab SPV

Jadi bilamana dideskripsikan menurut makna bahasa inggrisnya, supervisor  ialah seseorang yang diserahkan wewenang atau seseorang yang memiliki jabatan tertentu untuk beraksi mengarahkan, memantau suatu tata teknik yang mengendalikan sebuah tata teknik yang lainnya.

Tugas supervisor masing-masing perusahaan bertolak belakang tergantung dari job desk yang diserahkan oleh sang manajer perusahaan. Posisi spv ini pun seperti perwira menengah dalam suatu struktur TNI (Tentara Nasional Indonesia). Posisi spv juga dapat disejajarkan dengan tingkat madya dalam organisasi TNI. Supervisor ialah seseorang yang diserahkan kewenangan oleh pejabat di atasnya untuk menyerahkan perintah, memantau pekerjaan anak buahnya serta memantau dan memerintah pelaksana kegiatan produksi dan niaga suatu perusahaan. Secara umum ada sejumlah fungsi dan tugas dari eksistensi posisi spv.

1. Fungsi Supervisor
Ada sejumlah fungsi dari supervisor secara umum yang dipakai sebagai dasar pekerjaannya:
  1. Menyelesaikan masalah yang terjadi di perusahaan semaksimal barangkali tanpa mesti terlebih dahulu sang manajer atau atasannya turun tangan
  2. Menghubungkan komunikasi antara Manajer dengan Staff atau sebaliknya
  3. Membantu tugas-tugas semua Staff di bawahnya
  4. Menampung segala kritik, saran, dan keluhan dari tamu dan customer yang dikatakan kepada staff guna selanjutnya dikatakan kembali untuk manajer atau atasannya.

2. Tugas Supervisor

Tugas spv bermacam-macam, ada sejumlah tugas mesti seorang spv. Seperti yang diajukan sebelumnya bahwa tugas spv memang bertolak belakang setiap perusahaan. Beberapa tugas secara umum seorang supervisor ialah sebagai berikut:
  1. Menyampaikan kebijakan-kebijakan yang sebelumnya sudah dirancang dan diamini oleh pejabat di atasnya untuk seluruh staff-staff di bawahnya
  2. Mengatur kumpulan kerja pada divisi yang sedang di bawah wewenangnya
  3. Melaksanakan tugas, proyek dan kegiatan lain secara langsung
  4. Memberikan training dan menyerahkan tugas untuk subordinatnya
  5. Menegakkan semua aturan perusahaan, dll.
Selain faedah dan tugas seorang supervisor, spv pun mempunyai tanggung jawab yang mesti dipegang dengan paling baik. Pengertian tanggung jawab ialah kesadaran atau keharusan manusia atas segala tindakan yang sudah dilakukan. Berikut tanggung jawab seorang spv.

Tanggung Jawab Supervisor :

1. Planning (merencanakan kegiatan)
2. Organizing (mengkoordinasi kegiatan)
3. Staffing (meyakinkan tugas dan kegiatan bawahannya)
4. Directing (mengarahkan pekerjaan supaya berjalan lancar)
5. Controlling (mengkontrol kegiatan)

Setelah mengetahui bahwa definisi supervisor ialah bagian urgen dari suatu perusahaan maka Anda barangkali mulai dapat menilai apakah posisi ini sesuai dengan jati diri Anda. Sebagai seorang spv, Anda diharuskan untuk dapat memberikan yang terbaik dalam setiap peluang kerja. Hal ini sebab spv ialah salah satu tombak perusahaan.                       

Belum ada Komentar untuk "Supervisor Adalah ? Pengertian,Tugas dan Tanggung Jawab SPV"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel