Afiliasi Adalah? Berikut Arti Apa Itu Afiliasi dan Contoh Bisnis Afiliasi

Dunia-Pendidik.Com - Tren kerja sama bisnis dalam bentuk afiliasi sepanjang satu dekade belakangan berkembang sangat pesat. Dibarengi dengan semakin canggihnya dunia pemasaran online berbekal gadget dan kemampuan pemasaran yang baik, Anda bisa melakukan kerja sama sebagai affiliate marketing dari perusahaan-perusahaan besar dalam dunia e-commerce. Apa itu afiliasi? Berdasarkan pengertian dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, secara singkat afiliasi adalah pertalian sebagai anggota atau cabang. Dalam hal bisnis, arti afiliasi mengacu pada terjadinya kerja sama antara dua pihak secara tidak terikat dengan keuntungan berupa komisi.

Afiliasi Adalah? Berikut Arti Apa Itu Afiliasi dan Contoh Bisnis Afiliasi

Kemudahan bisnis online semakin ditunjang dengan maraknya jenis kerja sama afiliasi yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan besar. Berbagai keuntungan dan kemudahan dalam jenis kerja sama ini membuat banyak orang mulai tertarik untuk mencobanya. Bagaimana tidak, sebab salah satu kemudahan dan keuntungan afiliasi adalah Anda tidak perlu terikat secara formal dengan perusahaan-perusahaan tersebut.

Cukup dengan rajin melakukan share dan rekomendasi, Anda sudah bisa meraup keuntungan yang menggiurkan. Sebab dalam afiliasi artinya Anda tetap berposisi sebagai marketing yang harus melalukan manuver penjualan yang jitu.

Apa Itu Afiliasi ?

Jika dilihat dari definisinya, arti afiliasi yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan pertalian kerja dengan perusahaan besar namun juga tetap berposisi bebas dan tidak terikat. Dari sini Anda sudah bisa melihat bahwa model kerja sama afiliasi adalah bentuk yang paling mudah dan menguntungkan untuk dilakukan dalam era ini. Anda tinggal mencari list perusahaan yang membuka bisnis afiliasi menarik sesuai dengan minat Anda, dan memulai bisnis Anda. Apa sajakah jenis program afiliasi tersebut? Mari kita ikuti ulasannya!

Jenis Jenis Bisnis Afiliasi
  • Program Afiliasi Pay Per Sale (PPS)
Program yang satu ini memungkinkan Anda melakukan pemasaran secara online dan mendapatkan komisi dari tiap penjualan yang Anda lakukan. Komisi yang bisa Anda dapatkan dari bisnis afiliasi ini adalah 30-70% dari hasil penjualan. Anda harus memasang target pribadi agar penjualan dapat maksimal. Pengertian afiliasi dalam jenis program ini dapat dimaknai sebagai reseller, yang mana Anda harus mengerahkan kemampuan-kemampuan komunikasi dan menguasai product knowledge untuk meraih minat pelanggan. Afiliasi Lazada ialah salah satu contoh dari PPS yang direkomendasikan. Dalam afiliasi Lazada, selain keuntungan dan komisi skill marketing Anda juga akan terasah dengan baik.
  • Program Afiliasi Cost Per Action (CPA)
Jenis kerja sama CPA sedikit lebih mudah dari PPS. Dalam program ini, Anda tetap harus melakukan pemasaran dengan metode berbagi tautan. Misalnya saja ketika Anda tergabung sebagai affliate marketing dari sebuah situs penyedia jasa pariwisata, maka Anda harus membagikan tautan dari akun Anda agar orang lain dapat melakukan pemesanan dari tautan Anda. Sesuai dengan pengertian afiliasi, maka dari tiap pemesanan yang dilakukan, Anda akan mendapatkan komisi dari perusahaan tersebut. Mudah bukan?
  • Program Afiliasi Pay Per Click (PPC)

Program ini menjadi favorit para blogger untuk mendapatkan keuntungan dari google adsense. Bisnis afiliasi yang satu ini sangat sederhana. Sebagai blogger Anda tinggal menautkan link halaman dari perusahaan tempat Anda berafiliasi pada laman blog Anda. Setiap klik yang dilakukan oleh pengunjung blog Anda akan mendatangkan komisi untuk Anda. Hal ini membuktikan bahwa kerja sama afiliasi adalah model bisnis termudah yang bisa Anda lakukan dan benar-benar mendatangkan keuntungan yang menarik.
  • Program Paid To Click (PTC)
Program afiliasi yang satu ini semakin memperkuat arti afiliasi sebagai model bisnis termudah yang bisa dilakukan siapapun. Bagaimana tidak, program ini dapat memberikan komisi atas tiap klik yang Anda lakukan sendiri pada blog atau tautan yang Anda bagi. Memang komisi yang ditawarkan pada program ini terbilang paling kecil dibanding yang lain. Namun, jika Anda rajin melakukannya, keuntungan yang menarik dari hal ini juga bisa Anda nikmati.

Pada dasarnya keberhasilan afiliasi adalah tanggung jawab Anda pribadi sebagai marketing independen. Jadi, kembali pada pengertian apa itu afiliasi dan arti afiliasi, pada dasarnya Anda adalah bagian pemasaran dari perusahaan-perusahaan besar tersebut. Maka itu, dalam afiliasi artinya usaha yang besar tentu akan mendapatkan keuntungan yang besar pula.

Belum ada Komentar untuk "Afiliasi Adalah? Berikut Arti Apa Itu Afiliasi dan Contoh Bisnis Afiliasi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel