Ayah Bunda Ayo Ajari Anak Berpuasa

Dunia-Pendidik.Com - Bagi anak-anak (yang belum baligh) tidak diperintahkan guna berpuasa. Namun demikian orang tua sangat disarankan untuk mendorong anak-anak untuk mengupayakan berpuasa semampunya supaya mereka terbiasa melakukannya saat mereka tumbuh dewasa, dan memahami bahwa ibadah puasa Ramadhan adalahsalah satu keharusan yang diperintahkan langsung Allah SWT melewati firman-Nya :

Ayah Bunda Ayo Ajari Anak Berpuasa

“Hai orang-orang yang beriman, diharuskan atas anda berpuasa sebagaimana diharuskan atas orang-orang sebelum kamu supaya kamu bertakwa,” (Q.S Al Baqarah, 2:183)

Sementara itu, di antara hadits yang mendukung supaya anak-anak diajarkan guna puasa Ramadhan diantaranya :

Ayah Bunda Ayo Ajari Anak Berpuasa

“Barangsiapa yang tidak berpuasa di pagi hari, maka hendaklah ia menyempurnakan saldo hari ini dengan berpuasa. Dan kami menyuruh anak-anak kami guna berpuasa. Kami membuatkan pada mereka mainan dari bulu. Jika ketika puasa mereka hendak makan, maka kami berikan pada mereka mainan tersebut.

Ada tidak sedikit cara guna mengajarkan anak-anak Anda mengenai puasa Ramadhan, tetapi yang terbaik dan yang terpenting ialah memberi misal yang baik dengan berpuasa dengan benar dan berperilaku cocok dengan doktrin Al Qur’an. Bila Anda mengisi hal ini, Anda bisa dengan gampang (dan mereka akan gampang pula dalam menerimanya) mengajari mereka apa yang kita inginkan.

Berikut ialah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk anak-anak kita :
  1. Doronglah mereka guna berpuasa dalam sejumlah hari bahkan sampai setiap hari, tergantung pada umur mereka. Untuk anak-anak yang masih berusia 5-6 tahun barangkali belajar puasa separuh hari sudah lumayan baik. Jangan lupa, pujilah mereka di depan teman-teman dan family atas keinginan mereka berpuasa.
  2. Biarkan anak-anak kita pergi dengan ayahnya ke Mesjid, guna berbuka puasa bareng untuk menciptakan mereka merasakan kehormatan puasa Ramadhan dan kesatuan umat Islam dalam menyembah Allah.
  3. Jika anak kita belum dapat berpuasa sehari penuh, libatkan mereka berbuka bareng keluarga guna mengajarkan mereka bahwa kita sedang berbuka puasa, walaupun barangkali mereka baru saja santap sebelumnya.
  4. Ajarkan anak-anak kita berdo’a saat sahur maupun berbuka puasa
  5. Ajaklah anak Anda guna sholat Tarawih sampai-sampai mereka terbiasa dan tahu tentang urusan tersebut sejak umur dini. Mereka dapat dibiarkan saja duduk atau berbaring saat mereka merasa lelah.
  6. Ajarkan mereka guna shodaqoh. Melakukannya di depan mereka dan memberitahu mereka bahwa kita melakukannya sebab shodaqoh dan amal lainnya di bulan Ramadhan lebih banyak pahalanya dari hari-hari biasa.
  7. Ajarkan mereka guna bertadarus menyimak Al Quran dan memberitahu mereka bahwa Nabi (shallallahu 'alaihi wa sallam) tidak jarang kali melakukan tersebut di masing-masing bulan Ramadhan.
  8. Luruskan mereka andai mereka berperilaku salah atau mengucapkan ucapan-ucapan kurang baik dan mengingatkan mereka bahwa mereka sedang berpuasa, beritahukan mereka bahwa urusan itu dapat mengurangi pahala puasa Ramadhan mereka.
  9. Bangunkan mereka untuk santap sahur (walaupun andai mereka tidak berpuasa) dan shalat Subuh.
  10. Ajarkan mereka memberi makanan guna berbuka untuk orang berpuasa, dan memberitahu mereka pahala mengerjakan hal itu.

Saat mendarat Idul Fitri, tolong mereka mandi, berilah mereka pakaian terbaik, dan ajaklah mereka guna sholat Idul Fitri. Ajarkan untuk mereka bahwa berikut perayaan pesta kita, umat Islam, yang bertolak belakang dengan perayaan-perayaan lainnya. Khusus bagi kamu yang mempunyai anak perempuan, ingatlah sabda Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam : "Orang yang diberi tanggung jawab untuk memperbanyak anak wanita dan memperlakukan mereka dengan baik, bakal menjadi perisai baginya dari neraka. (H.R Bukhari dan Muslim).

Demikian Artikel mengenai " Cara mengajari anak Berpuasa " Semoga bermanfaat untuk kita semua, Aamiin.

Belum ada Komentar untuk "Ayah Bunda Ayo Ajari Anak Berpuasa"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel