Contoh Cerita Fiksi / Non Fiksi Beserta Struktur, Jenis, dan Unsurnya

Dunia-Pendidik.Com - Jenis prosa yang ada di dalam karya sastra paling bermacam-macam. Beberapa diantaranya ialah cerita rekaan dan non fiksi. Pengertian kisah fiksi adalahprosa naratif yang mempunyai sifat imajinasi atau isi ceritanya tentang imajinasi dan tidak terjadi dalam kehidupan nyata. Meskipun mempunyai sifat khayalan, kisah fiksi tetap mesti logis sebab di dalamnya terdapat kebenaran yang bisa mendramatisasi manusia.

 Contoh Cerita Fiksi / Non Fiksi Beserta Struktur, Jenis, dan Unsurnya

Jenis kisah ini seringkali dibuat menurut khayalan di pengarangnya, dan dikaitkan dengan pengalaman, wawasan, tafsiran, evaluasi pada sekian banyak  kejadian. Sedangkan pengertian kisah non fiksi ialah prosa yang diciptakan menurut kejadian sebenarnya, dan mempunyai sifat informatif untuk pembacanya.


Perbedaan Cerita Fiksi dan Non Fiksi

Cerita rekaan dan non rekaan tentunya mempunyai perbedaan yang paling jelas. Terutama dalam isi ceritanya. Isi kisah di dalam kisah fiksi tidak membutuhkan pengamatan dan data-data yang cocok dengan fakta saat ini. Sedangkan dalam kisah non fiksi, isi ceritanya memerlukan informasi yang tentu dan berasal dari pemantauan dan data.

Maka dari tersebut jenis kitab non rekaan sering dijadikan sebagai sumber informasi oleh pembacanya. Berikut ialah informasi tentang struktur, jenis, dan unsur-unsur kisah fiksi dan non rekaan yang bisa kamu simak.


Struktur Cerita Fiksi dan Non Fiksi

Struktur dari kisah fiksi terdiri dari 6 bagian. Yang kesatu ialah abstrak, yang kedua ialah orientasi yang mengandung pengenalan tema bacaan. Yang ketiga ialah kompilasi yang adalah klimaks dari cerita.

Keempat ialah evaluasi, yang adalahbagian untuk keterangan masalah dari konflik yang dibuat. Yang kelima ialah resolusi, yang membicarakan tentang solusi masalah. Dan yang terakhir ialah koda atau reorientasi yang adalahpenyelesaian. Pada unsur ini seringkali berupa amanat atau pesan positif untuk semua pembacanya.

Sedangkan guna struktur kisah non fiksi ialah hanya terbagi kedalam unsur saja.  Yaitu orientasi dan urutan peristiwa. Dalam struktur kisah non fiksi, semua kisah dibuat menurut kejadian dan peristiwa menurut fakta. Tidak ada khayalan atau imajinasi pengarang di dalamnya, semuanya diciptakan menurut kenyataan umum yang dapat dijadikan informasi oleh semua pembacanya.


Jenis Cerita Fiksi dan Non fiksi

Jenis-jenis dari kisah fiksi ialah cerpen atau kisah pendek, novel, roman, drama, telenovela, film komedi, dan sinetron. Sedangkan jenis-jenis dari kisah non rekaan di antaranya ialah artikel, feature, essay, opini, biografi, tips, reportase, iklan, jurnalisme baru, pidato, kritik, sejarah, dan resensi.

Jenis buku-buku fiksi seringkali ditujukan guna menghibur semua pembacanya, sementara buku-buku non rekaan ditujukan untuk menyerahkan informasi atau wawasan untuk pembacanya.


Unsur Cerita Fiksi dan Non Fiksi

Ciri-ciri kisah fiksi dan non rekaan dapat pula dipisahkan dari unsur-unsurnya. Dalam cerita-cerita fiksi seringkali ada unsur-unsur laksana tema, alur atau plot, setting (latar, waktu, dan tempat), sudut pandang, amanat, tokoh, dan gaya bahasa.

Gaya bahasa yang dipakai dalam kisah fiksi seringkali bahasa keseharian yang tidak kaku. Sedangkan dalam unsur kisah non rekaan ada informasi dan pengetahuan yang disajikan dalam format diagram, table, materi, grafik, bagan, dan beda sebagainya. Gaya bahasa yang dipakai dalam kitab non fiksi seringkali denotatif atau bahasa yang sebetulnya tanpa dibuat-buat.


Contoh Cerita Fiksi dan Non Fiksi
    Cerita Fiksi Berjudul Kelinci Putih

  1. Kelinci putih itu mempunyai nama chiko,chiko hidup sebatang kara,tak ber ibu dan pun tak terdapat saudara.Chiko menginginkan seorang rekan yang dapat mendengarkan keluh kesahnya.Kemudian tanpa di sengaja di bertemu dengan se ekor ular yang besar yang siap memangsanya, ular tersebut lapar hingga matanya keliatan paling bernafsu guna dapat dan cepat melahap chiko,dalam pikirannya si ular yang mempunyai nama Brian tersebut sudah menginginkan nikmatnya daging chiko..
  2. Chiko juga ketakutan kemudian dia berlari dan bersembunyi di balik batang pohon yang telah roboh sebab di santap usia dan berlumut. Brian terus menggali tapi tak pernah mengejar Chiko.
  3. Ternyata chiko bersembunyi di balik besarnya badan Bimo yang kebetulan sedang duduk santai di pohon yang tumbang itu. Bimo ialah anak gajah yang baik hati.Brian juga urung memangsa Chiko.Merekapun berkenalan Bimo paling iba menyaksikan chiko yang selau jadi mangsa lunak para predator.Dan merekapun berteman.
  4. Kemudian chiko di perkenalkan pada orang tua Bimo,semenjak tersebut Chiko selalu mengekor kemana Bimo pergi dan mereka juga hidup bahagia.
  5. Cerita rekaan merupakan kisah yang diciptakan menurut imajinasi atau khayalan dari pengarangnya. Untuk memahami contoh-contoh kisah fiksi dan nonfiksi, kita perlu memahami jenis-jenisnya terlebih dahulu. Banyak yang mengira bahwa kisah fiksi ini melulu berupa novel dan cerpen saja.
  6. Padahal jenis-jenis kisah fiksi ini paling banyak. Beberapa  diantaranya ialah dapat berupa novel, cerpen, roman, sinetron, drama, telenovela, dan film komedi. Sedangkan guna jenis-jenis kisah non fiksi ialah berupa feature, essay, opini, reportase, iklan, kritik, sejarah, dan pidato. Untuk keterangan lebih lengkapnya simak penyampaian di bawah ini.

    Cerita Fiksi Berjudul Putri Cinderella

  1. Pada zaman dahulu kala,ada seorang gadis yang baik hati mempunyai nama Cinderella.Dia paling baik hati dan cantik.tetapi sayang,ayahnya sudah meninggal dunia.dan sepeninggal ayahnya ia tinggal bareng ibu dan saudara tirinya.
  2. Setiap hari ia disiksa,dengan teknik disuruh membasuh piring,mengepel lantai dan melayani mereka.Walaupun begitu Cinderella tetap percaya bahwa sebuah hari ia bakal hidup bahagia.Suatu hari,seorang pangeran hendak mencari permaisuri maka diadakanlah suatu pesta dansa besar di istana, namun Cinderella tidak diijinkan guna ikut.
  3. Tetapi, Ibu Peri datang dan menolongnya. Cinderella juga disulap menjadi seorang putri cantik. Di istana, sang pangeran jatuh cinta pada Cinderella, kemudian mengajaknya berdansa. Cinderella jadi lupa, bahwa ia tak boleh kembali lebih dari jam 12, sebab pada jam tersebut semua sihir Ibu Peri berakhir.
  4. Denting lonceng pukul 12 terdengar, dan Cinderella berlari. Tak terasa, sebelah sepatu kacanya terlepas dan tercecer di tangga istana. Sang pangeran memungutnya, dan memberitahukan barangsiapa kakinya pas dengan sepatu itu, siapapun dia, bakal dia jadikan isteri.
  5. Namun, sepatu tersebut tidak pas di kaki siapapun yang mencobanya, tergolong 2 kakak tiri Cinderella. Cinderella kemudian ikut mencoba, dan kakinya pas! Cinderella kesudahannya menikah dengan Pangeran dan hidup bahagia selamanya.

Contoh Cerita Fiksi dan Non Fiksi Bidang Pendidikan Bagi Anak-anak

Cerita rekaan memiliki sejumlah tipe, terdapat yang pendek ada pun yang panjang. Cerita rekaan pendek seringkali berupa cerpen, sementara yang panjang berupa novel, drama, telenovela, sinetron, dan roman. Buku-buku rekaan tentunya ditujukan untuk sekian banyak  kalangan pembaca mulai guna anak-anak, remaja, sampai dewasa. Tentunya isi kitab cerita dicocokkan dengan sasaran pembacanya. Untuk Anda yang penasaran mengenai contoh kisah fiksi dan non rekaan tentang edukasi dan guna anak-anak berikut ialah penjelasannya:

Contoh-contoh kisah fiksi pada lazimnya ada yang panjang terdapat yang pendek. Beberapa contoh kisah fiksi guna anak-anak seringkali dibuat sesimpel mungkin supaya anak-anak gampang untuk membacanya. Meskipun kisah fiksi ialah cerita yang diciptakan menurut imajinasi dan khayalan pengarangnya, namun ada juga kisah fiksi yang ditujukan guna pendidikan. Contoh kisah fiksi pendek anak-anak ialah Sangkuriang, Malin Kundang, kisah si cerdik kancil, dan beda sebagainya.

Sedangkan contoh kisah fiksi yang ditujukan guna pendidikan seringkali mengandung tentang kisah yang memuat pengalaman insan namun diciptakan menurut rekayasa pengarangnya. Cerita ini seringkali ditujukan untuk menimbulkan pesan moral tentang edukasi yang bisa memotivasi anak-anak.
 
Jika tadi sudah membicarakan tentang contoh kisah fiksi, sekarang ialah contoh dari kisah non fiksi. Contoh kisah non rekaan sangat beragam. Cerita-cerita non rekaan juga ditujukan guna pembaca anak-anak, remaja, sampai dewasa tetapi isi bobotnya dicocokkan dengan keperluan para pembacanya. Untuk kisah non rekaan anak-anak seringkali isi bacaannya tidak terlampau panjang dan memakai bahasa-bahasa yang sederhana. Sedangkan guna bacaan dewasa pemilihan bahasanya telah kompleks.

Beberapa contoh kisah non rekaan tentang edukasi biografi sekian banyak  tokoh pahlawan atau tokoh berisi inspirasi lainnya, cerita-cerita sejarah, kitab ilmu pengetahuan yang dipakai untuk belajar, resensi buku, dan beda sebagainya. Hanya saja untuk kisah non rekaan anak-anak dikemas dengan informasi-informasi yang lebih simpel sesuai dengan kebutuhannya.

Perbedaan antara kisah fiksi dan nonfiksi mengenai pendidikan ialah dalam kisah fiksi tentang edukasi untuk anak-anak diselipkan cerita-cerita yang adalahtidak menurut fakta. Atau melulu imajinasi belaka. Namun meskipun ceritanya khayalan, kisah fiksi tentang edukasi tetap bertujuan guna mendidik. Sedangkan dalam kisah non rekaan semua bacaan ialah fakta sehingga dapat dijadikan sebagai sumber informasi dan pengetahuan untuk meningkatkan wawasan.

Untuk dapat memisahkan contoh kisah fiksi dan nonfiksi tentunya dibutuhkan pengetahuan terlebih dahulu tentang pengertian, dan perbedaan dari keduanya. Dengan begitu Anda dapat lebih gampang dalam menilai mana yang tergolong ke dalam kisah fiksi mana yang tergolong ke dalam kisah non fiksi. Demikian informasi mengenai kisah fiksi, kisah non fiksi, beserta contoh-contohnya untuk edukasi dan anak-anak. Semoga bermanfaat.

Untuk bisa menilai sebuah kisah atau teks tergolong ke dalam kisah fiksi atau non rekaan tentunya kita perlu memahami hal-hal laksana jenis, unsur, serta struktur yang membedakannya. Demikian sejumlah informasi mengenai kisah fiksi dan kisah non rekaan beserta jenis, struktur dan unsur-unsurnya. Semoga bermanfaat.                       

Belum ada Komentar untuk " Contoh Cerita Fiksi / Non Fiksi Beserta Struktur, Jenis, dan Unsurnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel