Ideologi Adalah? Pengertian Ideologi Berdasarkan keterangan dari Para Ahli, Fungsi, dan Contohnya

Dunia-Pendidik.Com - Dalam kehidupan bermasyarakat maupun berbangsa dibutuhkan sebuah ideologi yang dapat menjadi pegangan untuk setiap penduduk negara dalam bertindak. Banyaknya perbuatan penyalahgunaan ideologi ketika ini menciptakan para generasi muda mesti belajar lagi mengenai ideologi khususnya dalam berbangsa dan bernegara. Nah, inilah ini ialah pengertian ideologi serta faedah atau pentingnya ideologi dalam kehidupan.

Pengertian Ideologi Berdasarkan keterangan dari Para Ahli

Mari mulai mengetahui sebuah ideologi dengan memahami makna atau definisi ideologi tersebut sendiri. Secara bahasa ideologi dapat bermakna sebagai sebuah gagasan ataupun gagasan. Secara umum, definisi ideologi ialah kumpulan ide, gagasan, pandangan atau cita-cita yang mempunyai sifat sistematis  dalam format konsep yang dapat dijadikan sebagai asas, penunjuk arah, destinasi dari kehidupan bermasyarakat maupun berbangsa dan bernegara.


Ideologi Adalah? Pengertian Ideologi Berdasarkan keterangan dari Para Ahli, Fungsi, dan Contohnya

Beberapa berpengalaman juga menyampaikan pendapatnya mengenai makna dari ideologi. Ilmuwan sosial Indonesia laksana Satrapratedja menafsirkan ideologi ialah seperangkat pemikiran atau usulan yang mempunyai orientasi perbuatan dengan sistem dan organisasi yang teratur. Pengertian ideologi menurut keterangan dari para berpengalaman lainnya datang dari Padmo Wijayono yang mendefinisikan ideologi sebagai suatu kesatuan yang utuh dan bulat dari ide-ide yang mempunyai sifat dasar.

Sebagai suatu gagasan, ideologi ialah suatu gagasan yang mesti dapat dipertanggung jawabkan. Hal tersebut sebab ideologi dapat menjadi dasar atau landasan teknik pandang untuk beberapa orang. Oleh sebab itu, suatu ideologi mesti mempunyai fungsi. Beberapa faedah ideologi itu ialah sebagai berikut.


Fungsi Ideologi dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

  • Orientasi Dasar
Fungsi kesatu ialah sebagai orientasi dasar, yakni ideologi bermanfaat untuk mengindikasikan tujuan dan menyerahkan makna dalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini sejalan dengan makna ideologi tersebut sendiri yang bermakna sebagai ide, usulan atau landasan teknik pandang.

  • Struktur Kognitif
Fungsi kedua ideologi ialah sebagai struktur kognitif, yakni pengetahuan yang menjadi landasan terhadap masing-masing kejadian di sekitarnya. Dengan adanya struktur kognitif ini, bakal menjadi pacuan untuk masyarakat guna menyikapi setiap persoalan yang dihadapi dan bagaimana menghadapi masalah tersebut.

  • Kekuatan yang Bisa Membantu Mencapai Tujuan
Fungsi selanjutnya ideologi ialah untuk memberikan desakan dan menyemangati seseorang atau satu kumpulan masyarakat supaya bisa menjangkau tujuan yang dicita-citakan. Demikian pun dalam urusan berbangsa dan bernegara, tapa adanya pandangan yang dijadikan sebagai pedoman guna kehidupan berbangsa dan bernegara, maka tidak akan barangkali cita-cita yang diharapkan oleh bangsa tersebut dapat terwujud.
Ideologi Terbuka dan Tertutup

Jika membicarakan tentang ideologi, tidak akan dapat lepas dari jenis ideologi tersebut sendiri yang terdiri dari ideologi tertutup dan terbuka. Bangsa Indonesia sendiri menganut ideologi yang mempunyai sifat terbuka, dimana definisi ideologi yang mempunyai sifat terbuka ini ialah ideologi yang tidak mempunyai sifat mutlak.

Ideologi tersingkap juga dapat diartikan sebagai cita-cita yang menjadi landasan tersebut digali dari dalam dan dari kekayaan moral, rohani serta kebiasaan masyarakat tersebut sendiri. Ideologi ini cenderung dapat mengikuti pertumbuhan jaman dan mengekor dinamika yang terjadi. Berbeda dengan ideologi tertutup yang cenderung mempunyai sifat mutlak dan tidak dinamis.

Nah, itulah tadi penjelasan menyeluruh tentang definisi ideologi dan kegunaannya dalam menilai kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dengan memahami pengertian dari ideologi, kegunaannya serta perbedaan antara definisi ideologi tersingkap dan tertutup ini Anda dapat memahami mengenai ideologi lebih baik dan tidak menyalah artikan ideologi yang seharusnya dianut.

Banyaknya pihak yang hendak mengubah destinasi didirikannya negara ini dengan mengolah ideologi masyarakatnya hanya dapat diperangi andai Anda pun memahami mengenai ideologi tersebut sendiri.                       

Belum ada Komentar untuk "Ideologi Adalah? Pengertian Ideologi Berdasarkan keterangan dari Para Ahli, Fungsi, dan Contohnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel