Obligasi Adalah? Berikut Pengertian Obligasi dan Contoh Obligasi

Dunia-Pendidik.Com - Mempelajari pengertian obligasi sangat penting bagi Anda terutama yang berkecimpung dalam dunia bisnis dan kebijakan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, obligasi adalah sebuah surat utang atau pinjaman dari pemerintah dengan bunga tertentu dimana surat tersebut dapat diperjualbelikan. Dalam kegiatan obligasi ini, masing-masing penerbit dan pemegang surat terikat janji untuk membayar pokok utang dan kupon bunganya pada tanggal jatuh tempo yang ditentukan.

Obligasi Adalah? Berikut Pengertian Obligasi dan Contoh Obligasi

Apa Itu Obligasi ?

Meski dengan definitif obligasi adalah surat utang, obligasi sebenarnya menjadi bentuk investasi yang semakin diminati. Kendati demikian, jenis investasi yang satu ini tidak bisa disamakan dengan saham.bentuk investasi dan perjanjian yang terkandung di dalamnya adalah hal yang membedakannya dengan saham. Selain itu, proses pembelian dan pencairan juga menjadi hal-hal yang membedakan keduanya.

Perbedaan Saham dan Obligasi

Perbedaan saham dengan obligasi secara dasar terletak pada fungsi, jangka waktu, besaran pajak, fluktuasi harga, asal penghasilan, hak suara atas perusahaan dan resiko jika terjadi likuidasi pada perusahaan.
  • Fungsi
Secara fungsi, saham merupakan tanda bukti kepemilikan atas aset sebuah perusahaan, sementara kembali pada apa itu obligasi, tanda bukti yang Anda miliki adalah pengakuan utang perusahaan terhadap pemilik modal dalam besaran tertentu.
  • Jangka Waktu
Saham memiliki jangka waktu yang tidak terbatas, sementara jangka waktu obligasi  sesuai dengan tanggal jatuh tempo yang ditentukan.
  • Pajak
Pajak yang berlaku untuk obligasi adalah bunga yang dikeluarkan sebagai biaya, sementara pada saham, dividen merupakan bagian dari laba perusahaan setelah dikenai pajak.
  • Fluktuasi Harga
Harga saham dikenal sangat fluktuatif terhadap pergerakan ekonomi baik mikro maupun makro, sementara obligasi adalah jenis investasi yang terkenal akan kestabilannya.
  • Asal Penghasilan
Anda akan memperoleh pendapatan dari bunga dengan besaran dan periode yang telah ditetapkan, sementara pemegang  saham mendapatkan penghasilan dari bagi hasil yang frekuensinya tidak menentu.
  • Hak Suara
Dilihat dari segi hak suara, pemegang obligasi tidak memiliki hak suara. Berbeda dengan saham, pemegang saham memiliki hak suara atas perusahaan.
  • Resiko
Jika diliaht dari segi resiko seperti likuidasi, obligasi adalah jenis investasi yang lebih aman sebab pemegang obligasi memiliki hak klaim prioritas sementara pemegang saham hanya mendapatkan sisa-sisa aset setelah obligasi terlunasi.

Jenis dan Contoh Obligasi

Setelah mengetahui perbedaan saham dengan obligasi, sekarang mari simak jenis-jenis obligasi dan contoh obligasi yang dapat menjadi referensi bagi Anda. Berikut ulasannya.
  • Obligasi Pemerintah
Obligasi pemerintah di terbitkan oleh pemerintahan suatu negara dalam denominasi mata uang negara tersebut. Beberapa contoh obligasi pemerintah adalah revenue bonds, financing bills, subsidy bonds, subscripstion bonds, contribution bonds dan demand bonds. Obligasi pemerintah dikenal bebas resiko sebab pemerintah memiliki wewenang menaikkan pajak atau mencetak uang sehingga pembayaran pada saat jatuh tempo jelas terjamin.
  • Obligasi Syariah
Obligasi syariah ialah satu dari jenis-jenis obligasi yang menerapkan sistem syariah dengan melakukan bagi hasil dan pembayaran kembali dana obligasi pada saat jatuh tempo. Akad yang digunakan dalam obligasi syariah contohnya adalah akad ijarah, musyarakah, murabahah, mudarabah, istisnadansalam.
  • Obligasi Ritel Indonesia
Obligasi Ritel di terbitkan oleh negara indonesia dan di jual kepada individu Warga Negara Indonesia. Obligasi Ritel Indonesia adalah produk obligasi yang bebas dari resiko gagal bayar oleh pemerintah terhadap pemilik obligasi. ORI memiliki berbagai jenis produk, yaitu Obligasi Tabungan Ritel, Obligasi Negara Ritel Indonesia, Sukuk Ritel dan Sukuk Negara Tabungan.

Setelah memahami obligasi, pengertian obligasi dan contoh obligasi, jelas terlihat bahwa obligasi adalah jenis investasi menguntungkan minim resiko yang bisa Anda pertimbangkan untuk memilikinya.

Belum ada Komentar untuk "Obligasi Adalah? Berikut Pengertian Obligasi dan Contoh Obligasi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel